Laporan ttg artikel

864 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
864
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
32
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Laporan ttg artikel

  1. 1. Oleh:Isti Liescahyani091510501035Program Studi AgroteknologiFakultas PertanianUniversitas Jember2011
  2. 2. Hidroponik adalah kegiatan budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah.Penanaman dengan teknik hidroponik sederhana ini dirancang untuk rumah-rumah denganpekarangan rumah yang kecil dan ingin menanam tanaman-tanaman di rumah mereka.Teknik ini didasari oleh kemampuan tanaman untuk hidup dengan akar yang sebagianterendam di dalam air. Selama akar tidak terluka, akar tidak akan mengalami pembusukkan.AlatKorek apiGelas plastikBotol plastik besarCutter, guntingBahanObat nyamuk bakarPasirAirBenih/bibit melonCara KerjaMemotong botol air mineralmenggunakan cutter atau gunting.Jarak pemotongan dengan tutup botoldiukur menggunakan gelas plastikdengan cara menutup botol dengangelas plastik dan pemotongandilakukan pada batas mulut gelas saatgelas tersangkut pada badan botol.
  3. 3. Melubangi gelas plastik dengan jarak1/3 tinggi diukur dari dasar gelasmenggunakan obat nyamuk bakar.Melubangi botol plastik diposisi yang sama denganlubang pada botol plastikdan pada bagianbawahnya denganbeberapa lubang.Mengisi gelas plastikdengan pasirsetengah volume danmemasukkannyadalam botol airmineral.Mengisi botol dengan airhingga batas lubang.
  4. 4. Tanaman melon setelah 30 hariMenyemai benih di gelas plastik.Setelah benih tumbuh, memindahkanbenih ke tempat penanaman yang lebihbesar dan melakukan perawatan.Tanaman 1Tanaman 2Tanaman 3Tanaman 4 Tanaman 5Tanaman 6 Tanaman 7 Tanaman 8
  5. 5. Pertumbuhan tanaman dengan menggunakan media hidroponik ini cukup baik.Pada hari ke-3 tanaman sudah mulai berkecambah, ditandai dengan keluarnya calon akar.Pada hari ke-5, tanaman sudah berkecambah seluruhnya.Pada hari ke 19, tanaman mulai menunjukkan pertumbuhan daun kedua,disusul pertumbuhan daun ketiga pada hari ke 25.Pengamatan tinggi tanaman dilakukan pada hari ke-10, ke-20 dan ke-30.Pada hari ke-10, tinggi tanaman rata-rata adalah 3,17 cm.Pada hari ke-20, tinggi tanaman rata-rata adalah 4,41 cm danpada hari ke-30, tinggi rata-rata tanaman adalah 5,36 cm.Berikut ini adalah cara budidaya tanaman melon:1. Pengadaan benihBenih bisa didapat melalui beberapa teknik, misalnya dengan menggunakan bagiangeneratifnya atau melalui sumber benih yaitu produsen benih. Benih sebaiknya disimpanpada tempat yang kering sebelum digunakan.2. Persiapan benihBenih yang digunakan sebaiknya direndam dalam larutan furadan atau atonik selama 2 jam.Benih yang buruk berada di atas air dan benih yang baik akan tenggelam. Selain itu juga bisamelakukan perendaman menggunakan air hangat untuk membunuh OPT dan mematahkandormansi benih.3. Teknik penyemaianPembibitan dilakukan dengan menyebar benih pada media kemudian ditutup dengan penutupagar kelembaban terjaga. Setelah benih berkecambah (3 – 4 hari) penutup dibuka.4. Pemindahan bibitPemindahan bibit dapat dilakukan setelah bibit memiliki 4 – 5 helai daun atau telah berumur10 – 12 hari.5. Penjarangan dan penyulamanPenjarangan dan penyulaman dilakukan setelah 2 minggu apabila bibit menunjukkanpertumbuhan tidak normal dan sebaiknya dilakukan sore hari selama 3-5 hari.
  6. 6. 6. PerempelanPerempelan adalah pembuangan tunas/cabang air yang bukan merupakan cabang utama.7. PemupukanPemupukan dilakukan tiga kali, yaitu 20 HST, 40 HST (saat melakukan penjarangan buah),dan 60 HST (saat menginjak proses pematangan). Caranya dengan menaburkan pupukdisekeliling tanaman.8. Pemasangan ajirAjir dipasang setelah dilakukan pembumbunan atau dapat juga setelah bibit selesai ditanam.Pemasangan ajir yakni saat bibit telah mengeluarkan sulur dan tingginya sekitar 50 cm.9. PemanenanPanen dilakukan setelah tanaman berumur lebih kurang 3 bulan. Dilakukan pada pagi harisetelah buah mencapai ukuran normal, berwarna hijau kekuningan dan serat jala pada kulitbuah telah nyata/kasar.

×