Teknik vokal dan dinamik suara

10,628 views

Published on

Teknik vokal dan dinamik suara

1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
10,628
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
295
Actions
Shares
0
Downloads
430
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Teknik vokal dan dinamik suara

  1. 1. TEKNIK VOKAL DAN DINAMIK SUARA
  2. 2. TEKNIK VOKAL DAN DINAMIK SUARA  Teknik vokal dan dinamik suara (ton, intonasi, diksi dan artikulasi) - Pengawalan pernafasan - Kelancaran pengucapan - Postur fizikal
  3. 3. APAKAH YANG DIMAKSUDKAN DENGAN VOKAL ?. Suara yang dihasilkan dari mulut manusia, berdasarkan logik serta mengandung makna atau memiliki erti tertentu.
  4. 4. BAGAIMANA VOKAL DIOLAH ? Perhatikan artikulasi atau tata cara pengucapan kata / kalimat sehingga mampu menghilangkan cedera suara atau inaudible. Latihan senam mulut. Latihan nafas diaphragma / nafas perut.
  5. 5. BAGAIMANAKAH MELAKUKAN LATIHAN SENAM MULUT ?. Langkah pertama, goyang rahang bagian bawah, ke kiri dan ke kanan. Langkah kedua, buka mulut selebar kemampuan anda, seolah-olah sedang menyebutkan huruf “A” secara ekstrim. Jaga posisi lidah tetap sejajar dengan baris gigi depan bawah. Langkah ketiga, majukan rahang bagian bawah ke depan. Langkah keempat, lakukan bersama-sama, membuka rahang, sambil tetap menggoyang dan memajukan rahang bagian bawah.
  6. 6. BAGAIMANAKAH LATIHAN NAFAS PERUT ?. Langkah pertama, ambil nafas dari lubang hidung, masukkan seolah-olah ke dalam perut. Langkah kedua, diamkan selama sepuluh saat. Langkah ketiga, buang udara melalui mulut, seolah-olah sedang mengucapkan huruf “ef”. Langkah keempat, berhenti selama sepuluh minit, kemudian ulangi dari langkah pertama dan seterusnya. Usahakan untuk latihan, jangan lebih dari dua minit.
  7. 7.  Dalam Seni Musik terdapat 2 (dua) unsur yaitu : Vocal dan Instrument. Vocal adalah alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia. Instrument adalah nada-nada yang keluar dari alat musik yang digunakan.  TEKNIK VOCAL adalah : Cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.
  8. 8. UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL  Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.  Pernafasan, adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan. Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu : - Pernafasan Dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah. - Pernafasan Perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah. - Pernafasan Diafragma : adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.  Phrasering, adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.  Sikap Badan, adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  9. 9.  Resonansi, adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.  Vibrato, adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.  Improvisasi, adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.  Intonasi, adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat. Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik : a. Pendengaran yang baik b. Kontrol pernafasan c. Rasa musical.
  10. 10.  Nada, adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya. Sifat nada ada 4 yaitu : a. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada. b. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan c. INTENSI NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan. d. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
  11. 11.  CRESCENDO adalah suara pelan beransur-angsur keras.  DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.  STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah- patah.
  12. 12. TANDA DINAMIK  TANDA DINAMIK adalah tanda utuk menyatakan keras, lembutnya sebuah lagu yang dinyanyikan. Contoh-contoh Tanda Dinamik :  1. f : forte = keras 2. ff : fortissimo = sangat keras 3. fff : fortissimo assai = sekeras mungkin 4. mf : mezzo forte = setemgah keras 5. fp : forte piano = mulai dengan keras dan diikuti lembut 6. p : piano = lembut 7. pp : pianissimo = sangat lembut 8. ppp : pianissimo possibile = selembut mungkin 9. mp : mezzo piano = setengah lembut
  13. 13. PERUBAHAN TANDA DINAMIKA : - Diminuendo (dim) : melembut - Perdendosi : melembut sampai hilang - Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang - Calando : mengurangi keras - Poco a poco : sedikit demi sedikit / lambat laun - Cresscendo : berangsur-angsur keras - Decrsescendo : beransur-ansur lembut
  14. 14.  TANDA TEMPO adalah tanda yang diguakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan. A.TANDA TEMPO CEPAT 1. Allegro : cepat 2. Allegratto : agak cepat 3. Allegrissimo : lebih cepat 4. Presto : cepat sekali 5. Presstissimo : secepat-cepatnya 6. Vivase : cepat dan girang
  15. 15. B. TANDA TEMPO SEDANG 1. Moderato : sedang 2. Allegro moderato : cepatnya sedang 3. Andante : perlahan-lahan 4. Andantino : kurang cepat
  16. 16. C. TANDA TEMPO LAMBAT 1. Largo : lambat 2. Largissimo : lebih lambat 3. Largeto : agak lambat 4. Adagio : sangat lambat penuh perasaan 5. Grave : sangat lambat sedih 6. Lento : sangat lambat berhubung-hubungan.  PERMATA / CORONA adalah tanda untuk menambah hitungan menurut selera.

×