Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Gpon ptt

850 views

Published on

Gpon ptt

Published in: Technology
  • Be the first to comment

Gpon ptt

  1. 1. GPON
  2. 2. KELOMPOK 4  ASAMTA RIA BR SITEPU  ROSY WAHYU MUSTIKA  RAUDAHTUL JANNAH  PERMATA LISIA SILITONGA  ANGGA PAMBUDI  M RIZKY UTAMA LUBIS
  3. 3. GPON ( Gigabit Capable Passive Optical Network )  Teknologi node akses yang diperlukan untuk memberikan layanan multimedia (Voice,data, Video maupun content-content yang lain) bagi pelanggan perumahan maupun bisnis.
  4. 4. GPON merupakan teknologi berbasis FTTx, yang dapat berupa :  FTTH (Fiber to the Home)  FTTB (Fiber to the Building)  FTTZ (Fiber to the Zone)  FTTT (Fiber to the Tower)  FTTC (Fiber to the Curb)
  5. 5. Arsitektur GPON  Nerwork Manajemen System (NMS)  Optical Line Termination (OLT)  Optical Distribution Network (ODN)  Optical Dicsrtibution Point (ODP)  Optical Network Unit (ONU) atau Optical Network Terminal (ONT)
  6. 6. Optical Line Termination (OLT)  Sebuah perangkat yang berada dikantor sentral atau pusat operator jaringan telekomunikasi,, yang levelnya berada dibawah server atau NMS.  menerapkan protokol PON, seperti yang didefinisikan oleh [ITU-T G.984].  menyesuaikan PDU PON untuk interface layanan kearah Service Provider. OLT ini menyediakan fungsi manajemen dan pemeliharaan untuk ODN subtended dan ONU  Kapasitas olt sendiri minimal terbagi atas 800 kanal yang selanjutnya akan diteruskan ke 4 ODN yang berbeda.
  7. 7. Optical Network Unit (ONU)  sebuah istilah umum yang menunjukkan perangkat yang mengakhiri salah satu dari endpoint atau titik akhir yang didistribusikan oleh ODN ,  menerapkan protokol PON (Passive Optical Network),  menyesuaikan PDU (Protocol Data Unit) PON untuk interface layanan kearah pelanggan.  Dalam beberapa konteks, sebuah ONU menyiratkan beberapa perangkat-pelanggan.
  8. 8. Optical Network Termination  Perangkat pelanggan tunggal sebagai titik akhir, yaitu sebagai leaf dari distribusi ODN, menerapkan protokol PON,  menyesuaikan PDU PON untuk interface layanan, kearah pelanggan.  ONT adalah sebuah kasus khusus dari suatu ONU.
  9. 9. Komponen GPON  Konfigurasi network GPON intinya dapat dibagi menjadi 5 bagian :  o Network Management System (NMS)  o Optical Line Terminal (OLT)  o Optical Distribution Cabinet (ODN)  o Optical Distribution Pack (ODP)  o Optical Network Termination/Unit (ONT).  Gambar 2.5. Konfigurasi GPON
  10. 10. Network Management System (NMS)  Merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol dan mengkonfigurasi perangkat GPON. Letak NMS ini bersamaan di dekat OLT namun beda ruangan.
  11. 11. Optical Line Terminal (OLT)  OLT menyediakan interface antara sistem PON dengan penyedia layanan (service provider) data, video, dan jaringan telepon. Bagian ini akan membuat link ke system operasi penyedia layanan melalui Network Management System (NMS).
  12. 12. Optical Distribution Cabinet (ODC)/Rumah Kabel  ODC (Optical Distribution Cabinet) adalah jaringan optik antara perangkat OLT sampai perangkat ODC. Letak dari ODC ini adalah terletak di rumah kabel . ODC menyediakan sarana transmisi optik dari OLT terhadap pengguna dan sebaliknya. Transmisi ini menggunakan komponen optik pasif.
  13. 13. Optical Distribution Point  Instalasi atau terminasi yang bagus dari fiber adalah persyaratan utama untuk menjamin kemampuan transmisi pada kabel fiber optik, pada implementasi dari suatu jaringan, beberapa jenis DP yang diperkenalkan.
  14. 14. Beberapa Keunggulan dari GPON  Mendukung aplikasi triple play (suara,data, dan video) pada layanan FTTx yang dilakukan melalui satu core fiber optik.  Dapat membagi bandwidth sampai 32 ONT.  GPON mengurangi penggunaan banyak kabel dan peralatan pada kantor pusat bila dibandingkan dengan arsitektur point to point. Hanya satu port optik di central office (menggantikan multiple port).
  15. 15. Kelemahan  Menggunakan kabel yang sensitif  Harganya yang mahal  Dibutuhkan keahlian khusus untuk mengaktifkan GPON
  16. 16. TERIMAKASIH

×