Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Gagasan Utama

970 views

Published on

Tugas presentasi waktu zaman SMK

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Gagasan Utama

  1. 1. GAGASAN UTAMA Oleh : Ulfa Khumairoh
  2. 2. Apa itu Gagasan Utama ??
  3. 3. Gagasan utama adalah gagasan yang membangun keseluruhan paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau ide pokok. Gagasan utama terletak di awal (deduktif), akhir (induktif), awal dan akhir (campuran), atau di seluruh paragraf/simpulan (naratif). Gagasan utama dalam suatu paragraf terletak dalam kalimat utama yang didukung oleh beberapa kalimat penjelas.
  4. 4. Untuk memahami gagasan utama dalam paragraf, kita harus mencermati kata-kata kunci, antara lain : (1)Jadi, (2)Ada beberapa, (3)Dengan demikian, (4)Pada dasarnya, (5)Intinya, (6)Sebagai simpulan.
  5. 5. Contoh : Dari uji praklinik maupun klinik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dapat dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya menurunkan glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal atau diabetes. Dilaporkan ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada menit normal atau diabetes yang diinduksi streptozotocin.
  6. 6. Gagasan utama yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut adalah . . . . A. Hasil uji praklinik maupun klinik tentang pare. B. Pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. C. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian. D. Pare menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji. E. Ekstrak air buah pare menurunkan kadar glukosa/darah pada orang normal.
  7. 7. Pembahasan : Dari uji praklinik maupun klinik, dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dapat dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya menurunkan glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal atau diabetes. Dilaporkan ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada menit normal atau diabetes yang diinduksi streptozotocin.
  8. 8. Selain itu, kalimat yang menjadi gagasan utama biasanya dapat dibuat pertanyaan yang jawabannya mencakup seluruh isi paragraf tersebut atau bisa juga kalimat yang menjadi gagasan utama adalah kalimat yang sering dibicarakan dalam paragraf tersebut.
  9. 9. Contoh : Masih banyak guru yang belum megetahui adanya buku pelajaran digital. Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid dan orang tua, guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dari internet sehingga mereka juga harus dibekali pengetahuan tentang internet. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah . . . . A. Empat puluh sembilan judul buku digital. B. Buku pelajaran digital di internet. C. Kemungkinan penggunaan buku digital. D. Keuntungan penggunaan buku digital. E. Pengetahuan guru tentang buku digital.
  10. 10. Pembahasan : Masih banyak guru yang belum megetahui adanya buku pelajaran digital. Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid dan orang tua, guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dari internet sehingga mereka juga harus dibekali pengetahuan tentang internet. Jadi, gagasan utama paragraf tersebut adalah “pengetahuan guru tentang buku digital”.
  11. 11. 1. Bacalah soal berikut dengan saksama! Saat melaksanakan operasi Zebra, hak kepolisian sering mengalami hambatan. Hambatan itu datang dari sebagian warga masyarakat yang belum menyadari arti penting tertib lalu lintas. Padahal dengan adanya operasi Zebra banyak manfaat yang dirasakan oleh warga masyarakat. Salah satu di antaranya adalah berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas. Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . . . A. Pelaksanaan operasi Zebra mengalami hambatan. B. Masyarakat belum menyadari pentingnya tertib lalu lintas. C. Manfaat operasi Zebra bagi masyarakat. D. Angka kecelakaan lalu-lintas berkurang. E. Hambatan operasi Zebra datang dari masyarakat.
  12. 12. . 18. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Perkembangan teknologi terus berlanjut. Komputer semakin kecil. Informasi di jaringan internet semakin besar. Berbagai inovasi terus diperkenalkan. Penemu mulai menggabungkan teknologi yang ada pada perangkat telekomunikasi dengan teknologi yang berkembang pada perangkat komputer dan jaringan internet. Hasilnya, muncul teknologi yang disebut Wireless Application Protocol (WAP). Gagasan utama paragraf tersebut . . . . A. Informasi di jaringan internet semakin besar. B. Penemu teknologi menggabungkan perangkat. C. Wireless Application Protocol penemuan baru teknologi. D. Perkembangan teknologi di bidang komputer. E. Perkembangan teknologi terus berlanjut.
  13. 13. TERIMA KASIH

×