Cara membuat word press

1,063 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,063
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
22
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Cara membuat word press

  1. 1. Cara Membuat WordPress atau blog wordpress adalah proses install platform CMS WordPress yang sangat mudah untuk dilakukan bahkan oleh seorang pemula. Pada tutorial wordpress kali ini adalah Cara Membuat WordPress Pada Localhost atau Secara Offline. Untuk membuat wordpress dan install wordpress offline, sebelumnya anda harus memiliki program localhost pada computer anda. Khusus untuk anda yang belum mengetahui tentang localhost anda bisa membacanya pada post artikel pada link berikut : Localhost dan Cara Membuat Localhost. Bagi yang belum tau tentang wordpress, anda bisa membacanya pada post artikel link berikut : Apa Itu WordPress ? Cara Membuat Wordpress - Langkah 1 Download Wordpress Langkah pertama dalam membuat wordpress, yang harus anda lakukan anda adalah download aplikasi pada http://wordpress.org/. Table of Contents : [sembunyikan] Langkah 2 Tutorial WordPress – Extract File wordpress.zip Langkah 3 Tutorial WordPress – Install WordPress Offline Langkah 4 Tutorial WordPress – Buat Database Pada phpMyAdmin Langkah 5 Tutorial WordPress – WP Configuration
  2. 2. Langkah 6 Tutorial WordPress – Install Success! Langkah 2 Tutorial WordPress – Extract File wordpress.zip Pada langkah kedua dalam membuat wordpress, setelah anda download file tersebut, anda extract file wordpress.zip Langkah 3 Tutorial WordPress – Install WordPress Offline Hasil extract file wordpress.zip tsb berupa folder wordpress yang berisi file-file php untuk CMS wordpress. Anda copy folder wordpress tersebut dan paste pada folder xampphtdocts atau anda pun bisa buat folder baru pada htdocs misalkan dengan nama blog dan paste filefile yang ada pada folder wordpress. Langkah 4 Tutorial WordPress – Buat Database Pada phpMyAdmin Ketik http://localhost/phpmyadmin/ pada browser anda, kemudian anda ketik nama database pada field seperti gambar yang berada dibawah, kemudian klik “Ciptakan”. Pada contoh gambar dibawah ini saya membuat database dengan nama database “wordpress”. Setelah anda klik “Ciptakan”, maka akan keluar tulisan “Database wordpress has been created” yang berarti database sudah dibuat!
  3. 3. Langkah 5 Tutorial WordPress – WP Configuration Untuk langkah selanjutnya ketik http://localhost/wordpress/, ini karena saya menginstal wordpress pada folder “wordpress” di htdocs, apabila saya menginstal wordpress pada folder “blog” maka ketik http://localhost/blog/. Tampilan pada browser adalah seperti gambar dibawah ini, selanjutnya anda klik “Create a Configuration File”. Setelah klik “Create a Configuration File”, anda akan masuk ke halaman Setup Configuration seperti gambar dibawah ini, lanjut klik “Lets go!”.
  4. 4. Kemudian anda masuk ke halaman “Setup Config Step 1″, pada halaman ini terdapat beberapa field yang harus diisi. Anda bisa ikuti seperti gambar dibawah ini, penjelasannya sbb : Database Name : Nama Database Yang Anda Buat User Name : Root (karena localhost) Password : Kosongkan, field ini diisi apabila anda membuat database menggunakan password Database Host : localhost Table Prefix : wp_
  5. 5. Setelah klik “Submit” anda akan masuk ke halaman “Setup Config Step 2″, disini anda tinggal klik “Run the install” untuk menyelesaikan proses installasi. Selanjutnya anda masuk ke halaman “WordPress Installation” terdapat beberapa field yang harus anda isi seperti yang ada pada gambar dibawah ini dan untuk proses selanjutnya anda tinggal klik ” Install WordPress”. Untuk pengisian field pada halaman ini penjelasannya adalah sbb : Site Title : Blog WordPress (Judul Web, judul web ini akan ditampilkan pada tab browser) Username : admin (username atau id yang digunakan untuk masuk ke halaman admin) Password : ***** (sandi yang digunakan untuk masuk ke halaman admin) Your Email : eprodukindonesia@gmail.com (alamat email anda yang aktif dimana email ini akan menyimpan berbagai aktifitas blogging anda pada wordpress.)
  6. 6. Privacy : Allow search engine to index this site (blog anda akan terindex oleh search engine, jika blog baru atau offline lebih baik tidak di cek list) Klik button “Install WordPress” untuk melanjutkan proses installasi. Langkah 6 Tutorial WordPress – Install Success! Setelah klik “Install WordPress” selanjutnya anda akan masuk ke halaman “Success!” pada halaman ini tertulis “WordPress has been installed. Were you expecting more steps? Sorry to disappoint.” yang berarti aplikasi blog wordpress milik anda sudah berhasil di instal. Anda bisa masukan username dan password untuk masuk ke halaman admin.
  7. 7. Untuk melihat tampilan blog wordpress yang sudah berhasil di instal, buka browser anda ketik http://localhost/wordpress, maka akan keluar halaman depan dari blog wordpress yang sudah anda instal dengan tampilan “Default”, sedangkan untuk login ke halaman admin anda bisa ketik http://localhost/wp-admin pada browser.
  8. 8. Setelah wordpress berhasil di instal, selanjutnya anda bisa melakukan beberapa hal, seperti : Mengganti WordPress Theme, cara instalnya ada pada link berikut : Mengganti Theme WordPress Instal WordPress Plugin, cara instalnya ada pada link berikut : Cara Instal WordPress Plugin Terima kasih telah mengikuti atau membaca post artikel eProduk.Com ini, setelah anda selesai membaca atau mengikuti tutorial ini mohon di share kepada teman-teman social anda dan jangan lupa berikan komentar anda!

×