Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pasar e-book di masa yang akan datang

351 views

Published on

pemanfaatan electronic book dibandingkan dengan pemanfaatan buku cetak di masa yang akan datang

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pasar e-book di masa yang akan datang

  1. 1. Indri Eka Septiani 1206504 Perpustakaan dan Informasi Pasar e-book di Masa yang Akan Datang Buku adalah jendela dunia. Melalui buku orang akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru dari informasi yang ada dalam buku tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini buku pun mengalami transformasi bentuk dari tercetak ke digital. Siapa yang tak kenal e-book saat ini. Electronic book (buku elektronik) atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-book merupakan bentuk transformasi dari buku cetak. Saat ini e-book sudah merambah ke berbagai kalangan salah satunya dunia pendidikan. Dengan adanya e-book membuat orang lebih mudah dan praktis dalam mencari informasi. Mengenai konten dari e-book sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan buku cetak biasanya. Hanya bentuk penyampaiannya saja yang berbeda, sedangkan dari segi kandungan informasinya sama (itu pun selama konten e-book itu sendiri ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya). Jika buku pada umunya kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Akan tetapi ada kelebihan yang ditampilkan dari e- book itu sendiri yaitu format dari e-book bukan hanya berbentuk teks ataupun gambar tetapi ada pula bentuk lain seperti PDF, LIT, HTML, Docx, dan Open Electronic Book Package yang memudahkan pengguna dalam pencarian dan penyimpanan informasi (wordpress).
  2. 2. E-book memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan buku cetak. Menurut Gessner (1996) yang dikutip oleh Andi Murniati, terdapat beberapa keuntungan daripada publikasi dalam bentuk elektronik seperti jurnal elektronik dan buku elektronik yaitu hemat dalam biaya produksi, cepat dalam penerbitan dan penyebarannya. Jadi keuntungannya daripada publikasi elektronik online dilihat dari faktor ekonomis, kecepatan, dan akses. Secara lebih jelas berikut adalah analisis kelebihan e-book dibandingkan buku cetak: 1. Menghemat biaya produksi dan distribusi Dalam pembuatannya e-book tidak memerlukan kertas untuk proses pembuatannya. Dengan begitu ketergantungan terhadap bahan baku kertas dapat dikurangi. Dampaknya mungkin saja dapat menekan laju penggundulan dan perusakan hutan. Untuk pendistribusiannya tidak membutuhkan biaya besar seperti buku. Bisa melalui internet ataupun email. 2. E-book praktis dibawa kemana-mana Karena ruang penyimpanannya yang berupa hardisk e-book tidak berat jika dibawa kemana-kemana tidak seperti buku. 3. Mudah dan cepat dalam menemukan informasi yang dibutuhkan Dengan memasukan kata kunci dalam hitungan detik halaman-halaman yang memuat kata kunci tersebut secara cepat langsung muncul pada layar. Ini berarti mengefesienkan waktu pengguna dalam proses pencarian informasi tanpa harus membaca keseluruhan konten buku tersebut. 4. Penyimpanan dan perawatannya Untuk penyimpanannya e-book tidak memerlukan ruang yang besar. Hanya memerlukan komputer untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan buku dalam bentuk softopy. Dan untuk perawatannya, e-book tidak memerlukan biaya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan buku yang memerlukan biaya yang mahal untuk melakukan perawatan. E-book hanya perlu diprotect dengan anti virus dengan memasang software anti virus pada komputer. 5. Memungkinkan pengaksesan dalam waktu yang sama oleh banyak orang E-book memungkinkan diakses dalam waktu yang sama oleh semua orang dengan jumlah yang tidak terbatas. Sehingga hanya perlu satu dokumen untuk satu e-book tanpa perlu diperbanyak.
  3. 3. Melihat kelebihan e-book dibanding buku cetak, sepertinya diprediksi pasar e- book di masa yang akan datang masih digandrungi atau bisa saja semakin digandrungi oleh banyak orang di berbagai kalangan. Hal tersebut didukung oleh: (1) masyarakat indonesia lebih menyukai sesuatu yang praktis dan memberikan manfaat bagi dirinya, (2) saat ini dan di masa yang akan datang teknologi akan semakin berkembang pesat sehingga akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dalam bentuk e-book, termasuk orang-orang di perdesaan. (3) sebuah survei yang diselenggrakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2014 terus tumbuh menjadi 107 juta melebih tahun tahun sebelumnya, dan diperkirakan 139 juta atau 50 persen total populasi Indonesia pada tahun 2015. Dalam artikel kompasiana pun diperoleh informasi bahwa “pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional sepertinya membuat kebijakan baru guna memberikan solusi terhadap masalah perbukuan di dunia pendidikan yakni dengan meluncurkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) pada tanggal 20 Agustus 2008. Pemerintah telah membeli hak cipta buku teks pelajaran langsung dari penulis dan menyebarluaskan buku melalui internet. Tujuan diluncurkannya BSE tak lain salah satunya adalah dapat menyediakan sumber belajar alternatif bagi siswa, dapat merangsang siswa berpikir kreatif dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi” (kompasiana: 2011). Akan tetapi semua kembali lagi pada pembaca untuk memilih e-book ataupun buku cetak sebagai media pencarian informasinya. Sebagian pembaca tetap merasa nyaman dengan membaca buku cetak karena dengan terlalu lama membaca melalui komputer mata akan terasa perih dan bisa saja rusak. Dengan begitu pula tidak dapat
  4. 4. dipungkiri buku cetak masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan informasi pembaca dan menyeimbangkan dengan penyebaran e-book saat ini dan di masa yang akan datang. Sumber rujukan: Achmad, Zaini. (2013). Media Jurnalistik Masa Depan. Diakses 1 November 2014, dari m.kompasiana.com/post/read/518191/media-dan-jurnalistik-masa-depan.html Murniati, Andi. (_ _ _). Pemanfaatan E-journal dan E-book Oleh Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSK Riau. Diakses 1 November 2014, dari jurnal.upi.edu/file/Jurnal_tugas_Prof_Ishak.docx Rahmawati, Desi. (2011). Buku Sekolah Elektronik, Nasibmu Kini. Diakses 1 November 2014, dari m.kompasiana.com/post/read/359196/3/buku-sekolah-elektronik- nasibmu-kini.html (_ _ _). (_ _ _). Buku Elektronik. Diakses 1 November 2014, dari id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik

×