Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

INDONETA : Tahap 1 pembuatan vertical garden

362 views

Published on

Jasa vertical garden indonesia/taman vertikal indonesia, vertical garden Jakarta dan vertical garden Bali. hub 0811-900-858.

Published in: Design
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

INDONETA : Tahap 1 pembuatan vertical garden

  1. 1. Tahap 1 Pembuatan Vertical Garden Menyiapkan rangka aluminium pada dinding Rangka untuk vertical garden biasanya terbuat dari aluminium atau galvanis, atau material lain yang kuat dan tahan terhadap karat untuk waktu yang tak terbatas. Struktur rangka harus dirancang agar mampu menahan beban minimal 20kg/m², yang terdiri dari beban pvc foam board, karpet geotekstil (felt) ketika basah dan tanaman. Spesifikasi ini sangat penting untuk membuat vertical garden tahan dan kuat hinga belasan tahun atau lebih. Seluruh struktur vertical garden (rangka + PVC + karpet + tanaman) berbobot maksimal 50kg/m². Tidak boleh lebih dari itu. Inilah ukuran ideal vertical garden, menurut Patrick Blanc. Spesifikasi ini ideal sehingga dari segi biaya memang terasa lebih tinggi. Namun dalam banyak kasus, banyak vertical garden yang tidak menggunakan spesifikasi ini, sehingga biayanya juga jauh lebih murah. Ketahanannya juga masih dipertanyakan. Menurut Patrick Blanc, jarak antara tembok utama dan rangka papan pvc bisa berbagai ukuran. Rangka aluminium biasanya langsung dipasang pada tembok utama. Ruang udara antara tembok utama dan lembar PVC berkisar sekitar 5 cm (di sebagian besar proyek) sampai 30 cm. Ini ukuran yang ideal untuk ruang udara antara tembok utama dengan papan pvc yang sudah terpasang. Beberapa gambar di bawah ini hanya untuk menunjukkan jarak tembok (rangka) dengan lembar pvc yang akan terpasang. Namun untuk jaran minimal dari tembok berkisar 5 cm sebagai ruang udara, dapat juga dengan rangka aluminium hollow 4,5 cm – 5 cm dengan pemasangan langsung menempel tembok dengan menggunakan breket yang bisa diatur sesuai jarak yang ideal dibutuhkan.
  2. 2. Menyiapkan pvc foam board pada rangka Papan yang digunakan untuk dinding vertical garden adalah pvc foam board dengan density antara 0,6 dan 0,7. Ketebalan pvc foam board adalah 10 mm untuk proyek vertical garden. Jadi beratnya adalah sekitar 7 kg/m2. PVC foam board ini ditempelkan pada rangka dengan menggunakan paku rivet large flange, bukan paku rivet biasa. Untuk beberapa kasus, dengan alasan efisiensi dan memangkas biaya, pvc foam board yang digunakan hanya tebal 5 mm dan dirasa cukup untuk vertical garden rumahan. Untuk proyek di luar ruangan yang sering terkena angin, ketebalan papan PVC disarankan lebih baik 12 mm. Beberapa supplier yang biasa menyediakan material ini antara lain : yantopvc, duboard, komatex, dll. Ini hanyalah contoh, ada banyak produsen lain. Membuat permukaan PVC tahan air Sealent (pelapis tahan air) dimasukkan ke dalam celah antara dua pvc foam board terpasang. Perekat tahan air juga digunakan di setiap persimpangan antara dua pvc foam board dan seluruh permukaan pvc foam board sebagai penambah pelapis. Perhatikan juga rivet large flange, bukan rivet biasa. Tujuannya adalah untuk mencegah bagian dalam pvc foam board dari basah. Pelindung Sisi (Bingkai) Untuk mencegah air agar tidak mengalir ke bingkai, maka perlu dilapisi dengan sealent (tahan air). Perbatasan antara pvc foam board dengan bingkai juga diberi sealent (tahan air).
  3. 3. Drainase Cara terbaik untuk mengumpulkan kelebihan air di bagian bawah taman vertikal adalah dengan menginstal miring talang air mulai di sekitar 50 cm dari taman vertikal dan mengarah ke pembuangan (selokan). Dengan begitu kemiringan tidak akan kentara: perbedaan 3 cm antara satu sisi dan sisi lain di sepanjang 50 cm kemiringan talang air sudah cukup. Talang air harus lebar sekitar 5 cm dan 10 cm. Kelebihan air bisa dibuang ke selokan atau dikumpulkan. Jika dikumpulkan, dapat digunakan untuk menyiram tanaman dalam pot misalnya. Talang air dan pipa pembuangan Lebar talang air pada vertical garden harus sekitar 10 cm, dengan tinggi ke arah karpet harus minimal sekitar 20 cm (atau bahkan lebih besar untuk taman vertikal tinggi atau untuk situasi di mana kelebihan tetesan tidak dapat diterima). Untuk menyembunyikan talang air dan bingkai, kita bisa mengecatnya dengan warna hijau, coklat atau warna gelap saja. Jangan menggunakan warna cat lainnya. Demikianlah cara untuk instalasi rangka aluminium dan pemasangan pvc foam board pada vertical garden yang ideal. Semoga bermanfaat. Salam INDONETA.

×