Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kehutanan

1,061 views

Published on

"Forest, oh Forest"

Published in: Education
  • Be the first to comment

Kehutanan

  1. 1. Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati dan non-hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.
  2. 2. 1. Mencegah erosi dan tanah longsor 2. Menyipan, mengatur, dan menjaga persediaan dan keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau. 3. Menyuburkan tanah, karena daun-daun yang gugur akan terurai menjadi tanah humus.
  3. 3. 4. Sebagai sumber ekonomi. 5. Sebagai sumber plasma dutfah keanekaragaman ekosistem di hutan memungkinkan untuk berkembangnya keanekaragaman hayati genetika. 6. Mengurangi polusi untuk pencemaran udara. Tumbuhan mampu menterap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
  4. 4. Melakuakan Penebangan secara Konservatif.. Menerapkan Sistem Tebang – Tanam. Menerapkan Sistem Tebang Pilih. Melakukan Reboisasi
  5. 5. Indonesia memiliki hamparan hutan yang luas. Dengan luas hutan Indonesia sebesar 99,6 juta hektar atau 52,3% luas wilayah Indonesia. Selain dari luasan, hutan Indonesia juga menyimpan kekayaan hayati, yaitu berbagai flora fauna endemik indonesia. Namun hijaunya alam Indonesia kian hari kian menyusut akibat pemanfaatan hutan tak terkendali. Laju deforestasi hutan Indonesia mencapai 610.375,92 Ha per tahun (2011) dan tercatat sebagai tiga terbesar di dunia.
  6. 6. A. Non-Hayati 1. Kayu Pulau Kalimantan adalah penyumbang hasil hutan paling besar. Produksi hasil hutan utama yang dihasilkan dari hutan Indonesia adalah kayu bulat. Kayu bulat adalah semua kayu bulat yang ditebang atau di panen yang bisa dijadikan sebagai bahan baku produksi pengolahan kayu hulu (IPKH).
  7. 7. Kalimantan yang mempunyai kayu yang sangat kuat dan sering dipakai sebagai bahan bangunan yaitu kayu Ulin (Iron Wood). Masyarakat Kalimantan yang tinggal di rawa-rawa pada zaman dulu memakai kayu Ulin menjadi sarana perumahan. Selain itu, pohon jati juga menjadi sumber utama ekonomi masyarakat sekitar hutan karena pohon ini mempunyai mutu yang tinggi. Selama ini Kabupaten Blora dikenali sebagai daerah penghasil kayu jati terbaik di dunia. Selain kualitasnya bagus, produksinya juga cukup banyak.
  8. 8. 2. Non-Kayu Selain kayu, juga terdapat perdagangan hasil hutan lain seperti rotan, getah, tumbuhan obat, dan bambu yang secara umum lebih dikenal sebagai hasil hutan non- kayu. Hasil hutan non-kayu sebenarnya sangat berpotensi sebagai komoditas kehutanan. Hasil hutan non kayu dapat dikatakan menyelamatkan eksploitasi terhadap hutan ketika potensi hasil hutan non kayu ini diakui.

×