Sp membuat efek khusus matrix

349 views

Published on

Special Project Photoshop

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
349
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sp membuat efek khusus matrix

  1. 1. MEMBUAT EFEK KHUSUS MATRIX MEMBUA UAT MATRIX 11 Efek Khusus “3D Matrix SFX”Kategori efek khusus yang sangat menarik lainnya yang ada dalambeberapa film Matrix adalah efek khusus yang dikenal sebagai 3D MatrixSFX. Efek khusus ini menggabungkan kekuatan kemampuan aplikasi-aplikasi 3D dengan pembuatan animasi frame by frame dan animasimotion tween .Salah satu efek khusus 3D Matrix SFX yang Men-setting Ukuranakan dibahas adalah sebuah efek yang dina- Dimensi dan Warnamakan KriboMatrix SFX. Latar Belakang Movie Efek jenis ini menggambarkan visua- Setting ukuran Movie di dalam kotak dialoglisasi animasi melesatnya kotak-kotak balok Document Properties dengan ukuran di-yang pergerakannya dapat terlihat secara mensi lebar (width) 320 px dan tinggilambat (slow motion) sehingga sang aktor (heigh) 240 px. Setting juga warna Back-dapat menghindar dan tidak terkena kotak- ground Movie menjadi warna hitam.kotak balok tersebut. Efek Khusus KriboMatrix Ketrampilan menggunakan Output File dari Aplikasi 3DUntuk membuat KriboMatrix SFX dibu-tuhkan pengetahuan untuk membuat ka-rakter 3D dalam aplikasi-aplikasi 3 Dimensipada umumnya. Anda dapat menggunakanaplikasi 3D Studio Max, Maya atau aplikasi Document Properties: Setting dimensi dan warna Background pada sebuah movie.yang lebih sederhana seperti Ulead 3D Studioatau Swift 3D. Setelah Anda membuat ka-rakter tersebut maka hasil akhir yang digu- Mengimpor Flash Movienakan harus diekspor ke dalam format Impor sebuah file Flash Movie yang ada di*.swf. CD:/Matrix SFX/3D Matrix SFX/Kribo Dalam buku ini tidak akan dibahas Matrix SFX/Titling.swf ke dalam Stagepenggunaan dari salah satu aplikasi-aplikasi (Perhatian! Untuk kasus ini jangan meng-3 Dimensi tersebut, melainkan akan diba- gunakan perintah Import to Library...).has penggunaan hasil akhir dari aplikasi-apli-kasi tersebut yang diekspor ke dalam format*.swf. Isi file hasil akhir tersebut berupa ani-masi frame by frame yang nantinya dapatdigunakan dalam aplikasi MacromediaFlash MX 2004 dengan cara diimpor. Titing.swf: Impor Flash Movie ke dalam Stage.
  2. 2. 12 Impor sebuah file Flash Movie kedua yang berada di CD:/Matrix SFX/3D Matrix SFX/ Kribo Matrix SFX /Sunglases.swf ke dalam Stage. Ending.swf: Mengimpor Flash Movie keempat ke dalam Stage. Tes Movie, Simpan, Ekspor, dan Selesai Untuk melihat efek yang dihasilkan Anda Sunglases.swf: Mengimpor Flash Movie dapat mengetes movie sebelum menyim- kedua ke dalam Stage. pan atau mengekspornya ke dalam format akhir Flash (*.swf). Impor sebuah file Flash Movie ke tiga Tambahkan suara atau musik latar yang berada di CD:/Matrix SFX/3D Matrix belakang untuk menghidupkan Movie yang SFX/ Kribo Matrix SFX /Flying Boxes.swf ke Anda buat. dalam Stage. Flying Boxes.swf: Mengimpor Flash Movie ketiga ke dalam Stage. Impor sebuah file Flash Movie ke empat yang berada di CD:/Matrix SFX/3D Matrix SFX/ Kribo Matrix SFX /Ending.swf ke da- lam Stage. Untuk membuat efek teks dengan cepat Kribo Matrix SFX: Source Code dan Movie dapat digunakan aplikasi Flash Alternative CD:/Matrix SFX/3D Matrix SFX/Kribo Matrix SFX/... SWiSH /SWiSHMAX (versi baru).
  3. 3. MEMBUAT EFEK KHUSUS MATRIX MEMBUA UAT MATRIX 13 3D Caracter Matrix Mengisi Folder Layer & Layer “Smith” Dalam Folder Layer Smith buat dua buah Ketrampilan membuat Layer dengan nama Layer “Kepala S” dan Animasi Motion Tween “Badan S”, kemudian buat dua buah SubSalah satu efek khusus 3D Matrix SFX yang Folde r yang diberi nama “Bagian Kanan S”lainnya adalah 3D Caracter Matrix. Efek dan “Bagian Kiri S”.jenis ini dibuat dengan animasi Motion Dalam Sub Folder Bagian Kanan S buatTween 2D namun hasil yang diperoleh dapat enam buah layer di dalamnya dengan namamenggambarkan efek visualisasi animasi se- “RLenganAtas S”, “RLenganBawah S”,perti animasi 3 Dimensi. Hal ini disebabkan “RTelapakTangan S”, “RPaha S”, “RBetis S”,adanya bidang karakter 2D yang per- dan “RTelapakKaki S”.gerakannya seperti memutar di dalam ruang Sedangkan Sub Folder Bagian Kiri S3D. buat enam buah layer di dalamnya dengan nama “LLenganAtas S”, “LLenganBawah S”,Pentingnya Manajemen Layer “LTelapakTangan S”, “LPaha S”, “LBetis S” ,Jika Anda membuat animasi yang sangat dan “LTelapakKaki S”.kompleks maka diperlukan manajemenLayer yang cukup baik agar animasi yang se-dang dirancang mudah dikendalikan dantidak menjadi berantakan. Dalam hal iniAnda dapat menggunakan Folder Layer un-tuk mengelompokkan Layer-layer yangingin dijadikan satu kelompok kategori. Untuk memulai projek ini buat limabuah Folder-folder Layer dengan nama:“Smith”, “Neo”, “Senjata N”, Senjata S”, dan“Darah”. Folder Layer: Buat lima buah Folder Layer dalam panel Timeline dengan nama masing- masing Folder Layer yaitu: “Smith:, “Neo”, Smith: Mengisi Folder Layer dan membuat “Gun N”, “Gun S”, dan “ “Darah”. Layer anggota tubuh Smith.
  4. 4. 14 Mengisi Folder Layer & Layer “Neo” Mengisi Folder Layer & Layer “Gun N” Dalam Folder Layer Neo buat dua buah Dalam Folder Layer Gun N buat empat buah Layer dengan nama Layer “Kepala N” dan Layer dengan nama Layer “Pistol N”, “Peluru “Badan N”, kemudian buat dua buah Sub 3 N”, “Peluru 2 N”, dan “Peluru 1 N”. Folde r yang diberi nama “Bagian Kanan N” dan “Bagian Kiri N”. Mengisi Folder Layer & Layer “Gun S” Dalam Sub Folder Bagian Kanan S buat Dalam Folder Layer Gun S buat empat buah enam buah layer di dalamnya dengan nama Layer dengan nama Layer “Pistol S”, “Peluru “RLenganAtas N”, “RLenganBawah N”, 3 S”, “Peluru 2 S”, dan “Peluru 1 S”. “RTelapakTangan N”, “RPaha N”, “Rbetis N”, dan “RTelapakKaki N”. Mengisi Folder Layer & Layer “Darah” Sedangkan dalam Sub Folder Bagian Terakhir buat dua buah Layer dalam Folder Kiri N buat enam buah layer di dalamnya Layer Darah dengan nama Layer “Darah 1” dengan nama “LLenganAtas N”, “LLengan- dan “Darah 2”. Bawah N”, “LTelapakTangan N”, “LPaha N”, “Lbetis N”, dan “LTelapakKaki N”. Gun N, Gun S, dan Darah: Mengisi Folder Layer dan membuat Layer Gun N, Gun S, dan Darah. Neo: Mengisi Folder Layer dan membuat P istol, Peluru, Kaca Mata, dan Darah: Objek- Peluru, Kaca Mata, Darah: Layer anggota tubuh Neo. objek pelengkap animasi.
  5. 5. MEMBUAT EFEK KHUSUS MATRIX MEMBUA UAT MATRIX 15Membuat Karakter Smith dan Neo Animasi Tween pada Frame 1- Frame 9Gunakan Oval Tool (O) untuk membuat Buat animasi Tween pada panel Timelinekarakter Neo dan karakter Smith. Buat ma- dari masing-masing karakter pada posisising-masing bagian tubuh pada Frame perta- Layout yang ada di Stage dalam Frame perta-ma setiap Layer yang berbeda. ma, kemudian pada Frame 9 adakan peru- Pertama-tama buat sebuah lingkaran bahan-perubahan seperti gambar di bawahuntuk bagian kepala Smith pada Frame ini:pertama Layer Kepala S dan Layer Badan S. Dalam Sub Folder Bagian Kanan S buatenam buah elips untuk membentuk bagian-bagian tubuh menjadi satu kesatuan padalayer RLenganAtas S, RLenganBawah S,RTelapakTangan S, RPaha S, RBetis S, danRTelapakKaki S. Sedangkan dalam Sub Folder BagianKiri S buat enam buah elips untuk mem-bentuk bagian-bagian tubuh menjadi satukesatuan pada layer di dalamnya dengan F rame 1 - Fr ame 9: Membuat animasi Tween Frnama LLenganAtas S, LLenganBawah S pada karakter Neo pada Frame 1 - Frame 9.LTelapakTangan S, LPaha S, LBetis S, danLTelapakKaki S. Untuk karakter Neo lakukan dengan Animasi Tween pada Frame 21cara-cara yang mirip dengan membuat Lanjutkan pembuat animasi tween padakarakter Smith namun semua objek bagian- panel Timeline dari masing-masing karak-bagian tubuh Neo harus diletakkan pada ter secara menerus dari Frame 9 denganFolder Layer Neo. menambahkan titik-titik Keyframe pada Komposisikan bagian-bagian tubuh masing-masing Layer pada Frame 21. Ada-tersebut di dalam Stage pada posisi Frame 1 kan perubahan-perubahan seperti gambarsetiap Layer seperti gambar berikut: di bawah ini: Karakter Smith dan Neo: Posisi bagian-bagian Frame 21: Posisi objek karakter Neo terhadap tubuh masing-masing karakter pada Frame 1. karakter Smith pada Frame 21.
  6. 6. 16 Animasi Tween pada Frame 25 Animasi Tween pada Frame Lainnya Masih dalam lanjutan pebuatan animasi Untuk mempermudah pembuatan animasi Tween pada Frame 25, tambahkan Keyframe Tween ini sampai selesai, tambahkan bebera- pada masing-masing Layer. Buat sebuah ob- pa titik Keyframe dan lakukan beberapa jek kacamata dan kenakan pada objek ka- perubahan pada bagian-bagian objek karak- rakter Neo. Adakan perubahan-perubahan ter yang berkaitan sesuai dengan keterang- objek lainnya seperti gambar di bawah ini: an gambar. Animasi Tween pada Frame 21: Posisi objek Animasi Tween pada Frame 40: Memperbe- karakter Neo dan Smith pada Frame 21. sar skala objek karakter Smith lebih besar lagi hingga keluar bidang Stage. Animasi Tween pada Frame 33 Insert Keyframe pada masing-masing Layer pada Frame 33. Gerakkan kaki karakter Neo seakan-akan sedang menendang karakter Smith. Ubah skala objek karakter Smith hingga keluar bidang Stage seperti gambar di bawah ini: Animasi Tween pada Frame 45, 49, 54, 58, 59: Gerakan karakter Neo dalam Stage pada beberapa titik Keyframe. Frame 33: Posisi objek karakter Neo Animasi Tween pada Frame 62 dan 67: menendang karakter Smith. Karakter Neo sedang menggenggam pistol.
  7. 7. MEMBUAT EFEK KHUSUS MATRIXMEMBUA UAT MATRIX 17 Animasi Tween pada Frame 72: Buat gerakan karakter Neo di dalam Stage yang sedang bersiap-siap untuk berlari. Sedangkan karakter Smith baru dimunculkan kembali pada frame ini dan letakkan posisi karakter tersebut di bagian kiri luar Stage. Animasi Tween pada Frame 73: Gerakan karakter Neo dan karakter Smith mengambil ancang-ancang untuk saling berlari dan menodongkan pistol antara satu dengan yang lainnya. Animasi Tween pada Frame 75: Buat gerakan karakter Neo dan karakter Smith saling berlari selangkah ke depan. Sedangkan gerakan tangan kedua karakter yang sedang menggenggam pistol juga harus digerakkan supaya animasi nampak lebih hidup. Animasi Tween pada Frame 77: Gerakan karakter Neo dan karakter Smith yang saling berlari semakin didekatkan. Sedangkan gerakan tangan kedua karakter yang sedang menggenggam pistol tersebut kembali di posisi saling menodong. Animasi Tween pada Frame 81: Buat gerakan karakter Neo dan karakter Smith yang saling berlari dan sambil sedikit meloncat ke atas. Sedangkan gerakan tangan kedua karakter tersebut diatur seperti orang yang sedang bersiap-siap untuk melompat. Animasi Tween pada Frame 83: Gerakan karakter Neo dan karakter Smith meloncat ke atas sedikit lebih tinggi lagi. Sedangkan gerakan tangan kedua karakter diposisikan untuk saling menodongkan pistol lebih dekat. Animasi Tween pada Frame 86: Buat gerakan karakter Neo dan karakter Smith sekarang melayang di udara. Kini gerakan tangan kedua karakter diposisikan untuk saling menembak dan objek-objek butiran peluru sudah dikeluarkan dibuat juga animasi Tween-nya. Animasi Tween pada Frame 104: Animasi beberapa butiran peluru melesat melalui ke dua karakter. Sedangkan bagian-bagian tubuh kedua karakter tetap digerakkan melayang dan sedikit perlahan saling maju ke depan.
  8. 8. 18 Animasi Tween pada Frame 108: Buat gerakan kepala karakter Neo dan karakter Smith saling bertabrakan melayang di udara. Sedangkan gerakan tangan kedua karakter tersebut diposisikan seperti saling memukul. Animasi Tween pada Frame 113: Buat gerakan kedua tubuh karakter yang melayang di udara jatuh dari atas ke bawah. Angkat sedikit kedua pasang kaki karakter tersebut untuk memberikan efek gravitasi. Animasi Tween pada Frame 115: Kini buat kedua tubuh karakter yang terjatuh tersebut tergeletak di atas tanah. Luruskan kedua pasang kaki karakter sejajar dengan tubuh mereka. Animasi Tween pada Frame 116: Untuk membuat efek pantulan benda jatuh maka gerakan sedikit ke atas bagian-bagian kedua tubuh karakter tersebut. Animasi Tween pada Frame 120: Buat gerakan tubuh membungkuk yang sedang ingin bangkit berdiri pada karakter Neo. Sedangkan untuk karakter Smith gerakan sedikit kepala dan lengannya. Animasi Tween pada Frame 129: Pada karakter Neo buat gerakan tubuh yang sedang ingin bangkit berdiri kini telah berdiri sempurna. Sedangkan untuk karakter Smith hanya gerakan sedikit lengannya. Animasi Tween pada Frame 135: Pada karakter Neo buat gerakan ayunan kaki dan lengan yang sedang hendak berancang- ancang untuk menendang. Sedangkan untuk karakter Smith hanya gerakan sedikit lengannya. Animasi Tween pada Frame 137: Kini gerakan bagian kaki Karakter Neo berada pada posisi di tengah yang hendak menendang karakter Smith. Dalam hal ini tendangan kaki masih belum mengenai karakter Smith.
  9. 9. MEMBUAT EFEK KHUSUS MATRIX MEMBUA UAT MATRIX 19Animasi Tween pada Frame 139 Animasi Tween pada Frame 147Pada Frame 139 buat animasi kaki karakter Lanjutkan pembuatan animasi karakterNeo yang sedang menendang, kini gerakan Smith yang melayang terhempas terkenakaki tersebut tepat mengenai kepala karak- tendangan karakter Neo pada Frame 147ter Smith. hingga keluar area Stage. Animasi Tween pada Frame 139: Posisi kaki Animasi Tw een pada Frame 147: Tubuh Fr karakter Neo tepat mengenai kepala karakter Smith melayang terhempas kena karakter Smith. tendangan karakter Neo ke luar Stage.Animasi Tween pada Frame 144 Bagian Akhir Animasi TweenPada Frame 144 buat pergerakan kelanjutan Pada Frame 150 buat akhir cerita animasi inidari ayunan kaki yang sedang menendang dengan membuat tubuh karakter Smithtadi ke arah depan. terjatuh turun akibat gravitasi. Sedangkan Untuk karakter Smith buat animasi untuk karakter Neo posisikan letak bagiantubuh yang melayang terhempas tendangan tubuh karakter tersebut dalam keadaan ber-kaki karakter Smith. Pada Layer Darah diri tegak dan letakkan di sebelah kanantambahkan sedikit animasi darah yang Stage. Semua animasi harus berhenti padakeluar dari kepala karakter Smith. Frame ini. Animasi Tween pada Frame 144: Buat animasi Animasi Tween pada Frame 150: Posisi gerakan karakter Smith yang melayang Frame terakhir dari semua pembuatan terhempas ditendang karakter Neo. animasi Tween.
  10. 10. 20 Play Head: Untuk menelusuri atau melihat pergerakan komponen animasi dari frame ke frame lainnya secara perlahan, drag Playhead yang berada di panel Timeline ke kiri atau ke kanan. Penggunaan Onion Tes Seluruh Animasi: Skin: Untuk melihat Untuk mencoba apakah beberapa frame jalannya keseluruhan sekaligus pergerakan animasi yang telah animasi Motion Tween dibuat telah sesuai yang dibuat, Anda dapat dengan yang dikehen- menggunakan fasilitas daki, gunakan perintah Kulit Bawang (Onion Play atau tekan tombol Skin). Enter. Anda juga dapat menggunakan perintah Test Movie. Simpan Projek dan Ekspor Setelah mengetes animasi yang telah dibuat, simpanlah pekerjaan yang telah Anda buat dalam format (*.fla) agar dapat dimodifikasi di kemudian hari, lalu ekspor animasi terse- but ke dalam format akhir Flash Movie (*.swf). 3D Caracter Matrix: Source Code dan Movie CD:/Matrix SFX/3D Matrix SFX/3D Caracter Matrix...

×