Internet sebagai Media yang Ramah dan Bermanfaat

1,329 views

Published on

Presentasi Internet untuk keluarga dari perspektif positif, mengajak anggota keluarga, terutama orang tua, untuk menggunakannya secara positif.

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,329
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
18
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Internet sebagai Media yang Ramah dan Bermanfaat

  1. 1. Menghadirkan Internet sebagai Media yang Ramah dan Bermanfaat untuk Keluarga Ikhlasul Amal Bandung 2010
  2. 2. Media Baru http://en.wikipedia.org/wiki/Internet  Cakupan lebih luas.  Aspek dinamis.  Aspek interaktif dan kendali.  Aspek kolaboratif. Disarikan dari http://en.wikipedia.org/wiki/New_media
  3. 3. Ranah Maya yang Sudah Nyata ● http://en.wikipedia.org/wiki/Internet ● http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_ number_of_Internet_users
  4. 4. Jejaring Sosial  Layanan daring, platform, atau situs yang berfokus pada pembangunan dan pencerminan jaring sosial atau hubungan sosial antarmanusia. http://en.wikipedia.org/wiki/Social_network_service
  5. 5. Media Dakwah  Agen perubahan.  Misi perubahan.  Cara memenangkan kebaikan.
  6. 6. Aktualisasi Diri  Egaliter dan semua pihak punya peran.  Peduli potensi diri.  Berlatih lewat kuantitas menuju kualitas.  Berbagi dan berkontribusi.
  7. 7. Internet sudah Murah... Justru SDM yang tetap harus dihargai lebih mahal.  Ongkos infrastruktur – uang.  Ongkos komitmen – waktu.  Ongkos riset – ketrampilan.
  8. 8. InternetSehat.Org
  9. 9. Bagaimana dengan di Rumah?  Ruang publik baru di dalam rumah.  Etika/adab umum, akhlak sesuai keadaan.  Mulai dengan prasangka baik, jalani dengan kehati-hatian.  Konsep hijab (privasi dan juga khalawat).
  10. 10. Akhlakul Karimah  Garda depan etika sebenarnya ada pada sikap sehari-hari, di ruang publik, inilah akhlak.  Sikap reaktif diperlukan untuk menghadapi kasus, yang perlu diingat kadarnya. Hindari reaksioner.  Asumsi perbedaan keseharian ini perlu dicermati.
  11. 11. Pendidikan Sepanjang Waktu  Ongkos penyelenggaraan media baru besar, namun lebih mahal lagi membuatnya bermanfaat.  Ongkos tersebut menjadi terjangkau karena jumlah kontributor yang banyak, bagaimana dengan manfaatnya bagi kita sendiri?
  12. 12. Alhasil  Sebar asas manfaat sebanyak mungkin.  Menahan diri lebih baik dibanding memperluas kekeruhan.  Porsi pendidikan untuk khalayak lebih diutamakan dibanding aspek teknis dan legal.  Akhlak yang baik tetap perlu siasat yang rapi.
  13. 13. Terima kasih. Ayo, nikmati Internet!
  14. 14. Ikhlasul Amal IKHLASULAMAL.NAME Penulis blog, pelaku blog foto, sekaligus penikmat Web 2.0. Kontak: ikhlasulamal@gmail.com Materi ini berlisensi Attribution-Non Commercial-Share Alike, seperti tertulis di http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/3.0/

×