Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas terstruktur (kkpi)

612 views

Published on

tugas

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas terstruktur (kkpi)

  1. 1. TUGAS TERSTRUKTUR (KKPI) Oleh: Ika Ariana XII Ak 3(04) SMK Ma’arif NU 01 Cilongok Tahun Pelajaran 2013/2014
  2. 2.  Sejarah Jaringan Komputer Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer tahun 1940 di Amerika Serikat yang digagas oleh proyek Model I dilaboratorium Bell dan grup riste Universitas Harvard di pimpin oleh Profesor Howard Aiken.
  3. 3.  Kemudian tahun 1950 berkembang komputer super komputer yang ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu Time Sharing System itu untuk pertama kalinya terbentuk jaringan komputer.
  4. 4.  Tahun 1969 terbentuklah komputer yang jaringan organik yang dikenal istilah ARPANET tahun 1970 untuk pembahasan lanjutanya silahkan baca disini tentang Pengertian Internet karena pembahasan ini berhubungan sekali dengan jaringan komputer.
  5. 5.  Dan tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menemukan Email untuk ARPANET dan kemudian berkembang pesat keluar Amerika Serikat. Komputer paling pertama sekali di luar amerika yaitu University College Di london yang menjadi anggota ARPANET tahun 1973.
  6. 6.  Pada tanggal 26 maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals And Radar Establishment di Malvern dan setahun kemudian telah terhubung seratus komputer yang tergabung dengan ARPANET yang membentuk jaringan atau network
  7. 7.  Tom Truscoot, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan grup baru diberi nama USENET atau user network tahun 1979. Tahun 1981 France Telekom meluncurkan telepon televisi pertama yang mana orang-orang bisa saling nelpon berhubungan dengan video link. Tahun 1982 dibentuk sebuah transimisi control protokol atau lebih di kenal dengan internet protocol TCP/IP hingga saat ini.
  8. 8. dengan jaringan serupa maka muncul di eropa dengan istilah EUNET atau Europe Network yang meliputi wilayah inggris, belanda dan denmark serta swedia. EUNET menyediakan jasa surat elektronik dan news grup USENET.
  9. 9. menyeragamkan jaringan tersebut maka tahun 1984 diperkenalkan sistem penanaman domain dikenal dengan istilah DNS sehingga komputer terhubung lebih dari seribu komputer.dan pada tahun 1984 sepuluh kali lipat peningkatannya dari
  10. 10. seribu komputer yang terhubung sebelumnya sehingga jaringan komputer terus berkembang hingga tahuj 1988, jarkko Oikarinen bangsa finlandia menemukan dan memperkenalkan Internet Relay chat dengan istilah IRC yang bisa saling berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya yang digunakan oleh user komputer itu sendiri.
  11. 11.  tahun 1990 tim Barner Lee merancang sebuah program penyunting dan penjelajah komputer satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan, program inilah yang disebut dengan istilah Word Wide Web.
  12. 12. Sehingga tahun 1992 lebih dari satu juta komputer terhubung setelah munculnya WWW tersebut. Tahun 1994 muncul situssitus internet menjadi tiga ribu alamat halaman website untuk layanan perbelanjaan secara online di internet.
  13. 13. Baik sahabat itulah sejarah jaringan komputer, yang mana komputer sering kita g unakan pada saat sekarang ini dan sekarang bukan hanya komputer saja yang bisa melayani akses internet bahkan banyak gadget dan seluler yang bermunculan seperti IPAD, ANDROID dan SELULAR lainnya. Semoga dengan sejarah ini kita bisa berfikir positif untuk terus mengembangkan dan mempelajari Ilmu Komputer
  14. 14. dan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi ini dan mari pergunakan sebaik dan sepositif mungkin jangan salah gunakan teknologi ini yang bisa membuat kehancuran moral dan budaya tapi mari kita filter mana yang baik dan mana yang buruknya.
  15. 15. Terimakasih telah berkunjung dihalaman blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini dan jangan lupa like fanspage facebook dan tinggalkan komentarnya ya sahabat jiak sahabat punya akun google.
  16. 16. 1 .PENGERTIAN TOPOLOGI STAR : Pada Topologi Star, masing-masing Workstation dihubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich.Hub/Swich menerima sinyal-sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semya komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Jaringan dengan Topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya .
  17. 17. Setiap komputer mempunyai kabel sendiri-sendiri sehingga lebih mudah dalam biasanya menggunakan Kabel UTP CAT5mencari kesalahan pada jaringan. Kabel yang digunakan
  18. 18. keuntungan topologi star : Paling fleksibel Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain Kontrol terpusat Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan Kemudahaan pengelolaan jaringan
  19. 19. kerugian topologi star : Boros kabel Perlu penanganan khusus Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
  20. 20. 2.PENGERTIAN TOPOLOGI BUS: Pada Topologi ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel Pusat dimana seluruh Workstation dan Server dihubungkan. Merupakan Topologi fisik yang mengunakan Kabel Coaxial dengan mengunakan TConnector dengan terminal 50 omh pada ujung Jaringan.
  21. 21. Topologi Bus mengunakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node
  22. 22. keuntungan topologi bus : Hemat kabe Layout kabel sederhana Mudah dikembangkan
  23. 23. kerugian topologi bus : Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil Kepadatan lalu lintas Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi Diperlukan repeater untuk jarak jauh
  24. 24. 3. PENGERTIAN TOPOLOGI RING : Topologi Di dalam Topologi Ring semua Workstation dan Server dihubungakn sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap Workstation atau Server akan menerima
  25. 25. dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya, bila alamat-alamat yang di maksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan di lewatkan.
  26. 26. keuntungan dan kerugian topologi ring : Keuntungan : Hemat Kabel Kerugian : Peka kesalahan Pengembangan jaringan lebih kaku
  27. 27. 4. PENGERTIAN TOPOLOGI HIRARKI : Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.
  28. 28. biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.
  29. 29. kelebihan topologi hirarki : • Data terpusat secara hirarki sehingga manajeman data lebih baik dan mudah • terkontrol; Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang lebih luas;
  30. 30. kekurangan topologi hirarki : Komputer di bawahnya tidak dapat dioprasikanapabila kabel pada komputer tingkat atasnya terputus; Dapat terjadi tabrakan file (collision)
  31. 31. 5. PENGERTIAN TOPOLOGI MESH : Jaringan dengan Topologi Mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu, Topologi Mesh yang murni, yaitu setiap peralatan dihubungkan satu dengan yang lainya.
  32. 32. kelebihan topologi mesh : • Jika ingin mengirimkan data ke komputer tujuan, tidak membutuhkan komputer lain (langsung sampai ke tujuan) • Memiliki sifat robust, yaitu : jika komputer A mengalami gangguan koneksi dengan komputer B, maka koneksi komputer A dengan komputer lain tetap baik
  33. 33. Lebih aman Memudahkan proses identifikasi kesalahan kekurangan topologi mesh : Membutuhkan banyak kabel Instalasi & konfigurasi sulit Perlunya space yang memungkinkan
  34. 34. 6. pengertian topologi tree : Topologi Tree merupakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputerkomputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.
  35. 35. • Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.
  36. 36. Kelebihan topologi tree : Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point Mengatasi keterbatasan pada topologi star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub.
  37. 37.  Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
  38. 38. Kekurangan topologi tree : Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan. Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan.
  39. 39. Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan. HUB menjadi elemen kritis.
  40. 40. 7. pengertian topologi ring (cincin) : Di dalam Topologi Ring semua Workstation dan Server dihubungakn sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap Workstation atau Server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya, bila alamatalamat yang di maksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan di lewatkan.
  41. 41. keuntungan & kerugian topologi ring : Keuntungan : Hemat Kabel Kerugian : Peka kesalahan Pengembangan jaringan lebih kaku
  42. 42. . 8. pengertian topologi peer to peer : Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer).
  43. 43. • Kelebihan topologi peer to peer :  Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagipakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer  Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
  44. 44.  Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
  45. 45.  Kekurangan topologi peer to peer :  Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
  46. 46.  Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client- server, karena setiap komputer/peer isamping harus mengelola emakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masingmasing user dengan mengatur masing- masing fasilitas yang dimiliki
  47. 47.  Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut
  48. 48.  PENGERTIAN DNS (DOMAIN NAME SISTEM) Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. .
  49. 49.  DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.
  50. 50.  FUNGSI DNS  A. Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.  B. Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server)digunakan oleh seluruh dunia.
  51. 51.  KEUNGGULAN DNS  DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP  DNS server mudah untuk di konfigurasikan(Bagi admin)  User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address
  52. 52.  Kekurangan DNS :  DNS tidak mudah untuk di implementasikan  Tidak konsisten  Tidak bias membuat banyak nama domain.
  53. 53.  SEJARAH PERKEM BANGAN INTERNET Sejarah perkembangan internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu ada sebuah jaringan internet di Indonesia, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya.
  54. 54.  Dalam sejarah perkembangan internet, berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto.
  55. 55.  Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah perkembangan internet di Indonesia. Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS yang saat itu berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio" di bulan November 1990.
  56. 56.  Sejarah Perkembangan Internet Di Dunia  Setelah tadi bagaimana dibahas tentang sejarah perkembangan internet didalam negeri kita. Kali ini yang akan kita bahas adalah sejarah perkembangan internet yang ada didunia atau mancanegara yang lebih kompleks dalam pembahasannya. Jadi, silahkan disimak dengan seksama.
  57. 57.  Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dalam sejarah perkembangan internet mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
  58. 58. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.
  59. 59.  Dalam sejarah perkembangan internet, pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
  60. 60.  Dalam sejarah perkembangan internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum.
  61. 61.  Sejarah perkembangan internet merupakan sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokolprotokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
  62. 62.  Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog
  63. 63.  Kegunaan Internet Secara Umum  Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain :
  64. 64. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll  Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.  Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk. 
  65. 65.  Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video,conferencing, internet relay chat, internet phone.  Sebagai alat untuk research dan development.  Pertukaran data
  66. 66. Internet sebagai Media Komunikasi Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang .
  67. 67.  Manfaat Internet Secara Umum Setelah membaca dan memahami tentang pengertian internet secara umum dan kegunaannya, kita mulai sedikit bisa memahami juga bagaimana pentingnya internet sehingga bisa bermanfaat ataupun dimanfaatkan demi memenuhi kepentingan sehari-hari. Kemanfaatan yang diperoleh dari Internet secara umum bisa dikategorikan dalam hal kemanfaatannya dari sisi
  68. 68.  Pendidikan Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah Melatih Siswa Supaya Mengetahui Caracara Penggunaan Komputer Sebagai Sarana Komunikasi
  69. 69.  Perdagangan / Bisnis Online Mempermudah melakukan transaksi jika antara penjual dan pembeli berada di wilayah yang berbeda. Bisa menghemat waktu ataupun biaya transportasi Bisa memasarkan produk secara luas ke berbagai wilayah yang akan dituju.
  70. 70.  Pemerintahan Akan adanya transparansi kinerja pemerintahan selama melaksanakan program kerjanya. Lebih memudahkan menjalin komunikasi dengan masyarakat secara luas Lebih mudah memberi informasi segala hal
  71. 71.  Masyarakat pada umumnya. Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan Bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet

×