Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Decision making

1,067 views

Published on

Decision Making Simple Note for beginner
(in Indonesian)

Published in: Business
  • Be the first to comment

Decision making

  1. 1. Di dalam sebuah pemecahan masalah (problem solving)diperlukanlah sebuah pengambilan keputusan (decisionmaking)
  2. 2. Proses-proses dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, antara lain: Tetapkan masalahnya Temukan fakta-faktanya Identifikasikan alternatif-alternatif solusi dari masalah (dengan brainstorming) Evaluasi alternatif-alternatif solusi tersebut (pro dan kontranya) Pilihlah alternatif yang terbaik Jelaskan dan Implementasikan alternatif tersebut
  3. 3. Dalam menentukan masalah, akan lebih mudah ketikakita memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:1) Apa yang anda lihat dalam sebuah permasalahan?2) Dimana masalah itu terjadi?3) Bagaimana masalah itu bisa terjadi?4) Kapan masalah itu terjadi?5) Siapa yang harus bertanggungjawab atas masalah tersebut? (bukan berarti menyalahkan orang lain, tegas pada masalahnya, bukan pada orangnya)6) Mengapa hal ini bisa terjadi?7) Terakhir, gambarkan masalah itu dalam 5 kalimat agar mempermudah penetapan masalah.
  4. 4. Tuliskan fakta-fakta yang menjadi penyebabmasalah.Kumpulkan semua opini dari setiap orangyang terlibat dalam masalah.
  5. 5. Salah satu cara terbaik dalam mengidentifikasikan masalah adalah dengan melakukanbrainstorming. Apakah Brainstorming itu??Brainstorming adalah teknik pengumpulan ide secara berkelompok disertai konstribusipendapat dari semua anggota kelompok
  6. 6. Evaluasilah alternatif yang sudah anda temukansebelumnya, pertimbangannya antara lain:1) Apakah alternatif tersebut mampu memecahkan masalah di kemudian hari?2) Apakah alternatif tersebut dapat dilaksanakan saat ini juga? Apakah anda memiliki sumber daya untuk menjalankan alternatif itu? Apakah alternatif tersebut memakan biaya yang besar bagi perusahaan? Apakah perusahaan memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan alteratif ini?3) Apakah risiko yang dimiliki oleh alternatif tersebut?
  7. 7. Ketika anda sudah mempertimbangkanalternatif-alternatif yang muncul, kinisaatnya anda memilih alternatif terbaikuntuk diimplementasikan.
  8. 8. Dalam tahap implementasi: kitaperlu membuat perencanaansecara detail, monitoringprosesnya, dan perbaiki segalakesalahan yang terjadi
  9. 9. Berikut ini adalah suatu alat untuk membantu andadalam melakukan decision making: yaitu“Pros and Cons DecisionMaking Template”
  10. 10. Pros and Cons Decision Making Templatequestion/decision/option:pros (for - advantages) score cons (against - disadvantages) scoretotals totals
  11. 11. Apakah mungkin untuk membuatkeputusan yang baik dan efektifdalam waktu yang singkat??? Berikut ini adalah tips untuk membuat keputusan yang efektif dan efisien:
  12. 12. Buang jauh-jauh sikap perfeksionisme:sikap perfeksionisme akan menghambat anda untuk bisamembuat keputusan dalam waktu yang singkat, malahsikap seperti ini akan membuat anda tidak akanmenghasilkan keputusan apa-apa.
  13. 13. Segera cari faktanya!Identifikasikan apa yang anda harus lakukan danapa yang anda butuhkan dalam mengambilkeputusan
  14. 14. Hindari sikap menunda!Jika anda cenderung menungguhingga waktu pengambilankeputusan berakhir, andamemang akan menghasilkankeputusan yang baik, tetapi andaterlambat daripada orang lain.
  15. 15. Gunakan Intuisi andaKetika anda kurang yakin dan harusmembuat keputusan secepatnya,percayakan pada intuisi anda. Intuisi adalahsuatu kemampuan untuk menggunakanpengetahuan tanpa logika dan alasan.Berikan data yang relevan sebanyakmungkin kepada pikiran bawah sadar andadan percayalah pada suara hati anda untukmempertajam intuisi anda.
  16. 16. Beranilah mengambil risikoKetika anda menghindari risiko, anda sebenarnyamelewatkan kesempatan yang mungkin muncul. Dalambanyak situasi, ketika kita sudah mengambil keputusandan hasilnya belum tepat. Anda bisa segera memperbaikikesalahan tersebut sambil mengumpulkan data daninformasi yang anda butuhkan.
  17. 17. Segera utarakan keputusan anda!Dengan mengutarakan apa yang anda pikirkan mengenaikeputusan yang hendak diambil dengan rekan-rekan yangterpercaya, akan membantu untuk menemukan tindakan yangterbaik untuk dilakukan. Hal ini akan segera menghilangkankeraguan dari dalam diri anda.
  18. 18. “We can’t solve problems by using thesame kind of thinking we used whenwe created them”Albert Einstein
  19. 19. “Jadilah pengambil keputusan yang baik supaya andabisa memecahkan masalah di dalam bidang apapun.Ingatlah bahwa keputusan yang anda buat hari ini,akan menentukan apa yang terjadi pada anda dikemudian hari.”
  20. 20. This material is distributed by the permission from: Contact us : icslide@ymail.com

×