Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Takor horison

1,091 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Takor horison

  1. 1. RUKMAN NUGRAHA MAHASISWA S-2 ASTRONOMI ITB TATA KOORDINATTATA KOORDINAT DALAM ASTRONOMIDALAM ASTRONOMI
  2. 2. SISTEM KOORDINAT  Dalam pelajaran di sekolah kita sering menggunakan sistem koordinat Cartesius untuk menyatakan posisi suatu objek.  Dalam hal-hal tertentu, penggunaan sistem koordinat bola lebih memudahkan. Contoh: menyatakan posisi suatu tempat di permukaan Bumi, karena bumi adalah suatu bola dan bukan kotak.
  3. 3. Sistem Koordinat di Astronomi  Tata Koordinat Horison  Tata Koordinat Equator/Khatulistiwa  Tata Koordinat Ekliptika  Tata Koordinat Galaktik
  4. 4. Sistem Koordinat Geografis Here we are
  5. 5. Elemen Penting Sistem Koordinat Geografis  Kutub: Kutub Utara dan Kutub Selatan  Lingkaran besar: Khatulistiwa dan Lingkaran Bujur (Lingkaran lintang sejajar khatulistiwa bukan lingkaran besar; Semua lingkaran bujur adalah lingkran besar)  Titik Acuan: Meridian Greenwich ((λ = 0o , φ = 51 LU)
  6. 6. Poin Penting dari Sistem Koordinat Geografis Bumi Berotasi 24 jam/hari atau 360o /hari  Ada pergantian siang dan malam  Adanya pergerakan benda-benda langit secara umum dari Timur ke Barat.  Ada perbedaan jam di setiap tempat yang bujurnya berbeda.  Ada konversi dari besaran waktu ke besaran sudut 1j = 15o 4m = 1o 1m = 15’ 4s = 1’ 1s = 15” 1s /15 = 1”
  7. 7. Latihan  Jika di Jakarta (letak 106° 51' BT, 6° 9' LS) saat ini adalah pukul 09.00 WIB, pukul berapakah saat ini di Greenwich (letak: 0°, 51° LU)?  Jika waktu di Greenwich adalah 12jam 20menit 14detik dan pada saat yang sama waktu di suatu kota adalah 05jam 12menit 00detik , bujur geografis kota itu adalah …  Jika saat ini Matahari terletak di atas kepala kita (di Jakarta), bagaimana penampakan Matahari menurut pengamat di kota lain yang letaknya 106° 51' BT, 35° 41' LU)?
  8. 8. Pergerakan Benda Langit  Benda langit nampak bergerak, terutama, karena rotasi bumi. Jika bumi tidak berotasi, posisi bintang-bintang akan “tetap”.  Dahulu orang menyangka bahwa langit adalah sebuah kubah raksasa yang berputar, bintang- bintang menempel di kubah itu, dan Bumi ada di pusat kubah itu.  Untuk menentukan posisi sebuah benda langit digunakanlah sistem koordinat bola.
  9. 9. Zenith Nadir Horison Tata Koordinat Horison Arah gerak bintang S U T B
  10. 10. Gerak benda- benda langit untuk Pengamat di Kutub Utara
  11. 11. Gerak benda- benda langit untuk Pengamat di 65o LU
  12. 12. Gerak benda- benda langit untuk Pengamat di 50o LU
  13. 13. Gerak benda- benda langit untuk Pengamat di 34o LU
  14. 14. Gerak benda-benda langit untuk Pengamat di Ekuator
  15. 15. Latihan  Gambarlah bola langit dengan tata koordinat horison untuk pengamat di φ = 0o , 30o LS, 45o LS, 60o LS, dan 90o LS. Sketsalah juga arah pergerakan bintang-bintangnya untuk setiap lintang pengamat itu. Tulislah juga elemen- elemen penting di tata koordinat ini.
  16. 16. Elemen Penting Tata Koordinat Horison  Kutub: Zenit (di atas kepala pengamat) dan Nadir (di bawah kaki pengamat)  Titik-titik Kardinal yaitu titik Utara, Timur, Selatan dan Barat [sesuai arah mata angin di permukaan Bumi]  Lingkaran besar: Horison dan Meridian Pengamat (garis lingkaran dari Utara, Zenith, hingga ke Selatan)  Penamaan Bujur: Azimuth (Az). Pengukurannya dari Utara memutar ke Timur terus ke Selatan dan Barat hingga kembali ke Utara (dari 0° sampai 360°). Atau seperti penamaan untuk BB dan BT, namun titik awalnya tetap dari Utara [Perhatikan baik-baik persamaan dan perbedaannya]
  17. 17. Elemen Penting Tata Koordinat Horison (2)  Titik Acuan: Arah Utara  Lintang yang disebut tinggi (a = Altitude): jarak sudut benda langit dari lingkaran horison (satuan: besaran sudut)  Jarak Zenith (z), yaitu jarak sudut benda langit dari titik Zenit (satuan: besaran sudut) {z = 90o – a }  Penulisan posisi bintang: (Az, a) atau (Az, z)
  18. 18. Zenith Nadir Horison Posisi Bintang (Pengamat di equator) Meridian Pengamat S U T B (Az, a)
  19. 19. Latihan  Sketsalah tata koordinat horison untuk pengamat di φ = 6o LS. Sertakan pula posisi bintang (Az = 5j , z = 30o ) pada tata koordinat itu.  Pada pukul 20.00 malam seorang pengamat di equator mendapati posisi suatu bintang adalah (Az = 6j , a = 15o ). Pada saat bintang itu sampai di meridian, berapakan jarak zenit bintang itu?  Pada suatu malam, seorang pengamat di φ = 15o LU melihat terbitnya suatu bintang tepat arah Timur lintangnya. Beberapa jam kemudian, bintang itu transit di meridian. Berapakah ketinggiannya saat itu?
  20. 20. Poin Penting Tata Koordinat Horison  Penting dalam kajian serapan cahaya bintang oleh atmosfer bumi  Jika lintang pengamat berubah, garis edar bintang pun berubah.  Angka koordinat bintang selalu berubah karena bumi berotasi. Perlu tata koordinat yang memungkinkan posisi bintang relatif tidak berubah

×