Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Rencana keperawatan gerontik

1,127 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Rencana keperawatan gerontik

  1. 1. RENCANA KEPERAWATAN N Diagnosa Tujuan & Kriteria Hasil Intervensi Rasional o Keperawatan1 Resiko Penurunan curah jantung - Anjurkan pasien - Adanya pucat, dingin, kulit penurunan tidak terjadi setelah untuk memeriksa lembab dan masa pengisian curah jantung tindakan keperawatan TD, warna kulit, kapiler lambat mungkin berkaitan b.d. dalam 4 x pertemuan. kelemahan, suhu dengan vasokontriksi atau Vasokontriksi Dengan kriteria hasil: dan masa pengisian mencerminkan dekompensasi/ pembuluh - Berpartisipasi dalam kapiler secara penurunan curah jantung darah aktivitas yang menurunkan teratur di - Membantu untuk menurunkan TD/ beban kerja jantung puskesmas rangsang simpatis, meningkatkan - Mempertahankan TD relaksasi sehingga akan dalam rentang individu yang menurunkan TD. dapat diterima - Anjurkan keluarga - Mengetahui dan untuk memberikan - Menurunkan stres dan menerapkan diet makanan lingkungan tenang ketegangan yang mempengaruhi yang baik untuk penderita terhadap pasien tekanan darah dan perjalanan hipertensi penyakit hipertensi. - Anjurkan keluarga untuk membatasi aktivitas klien, - Diet yang tepat akan membantu terutama dalam hal mencegah komplikasi-komplikasi mengurus cucu yang bisa ditimbulkan dari - Edukasikan pasien hipertensi dan menurunkan TD
  2. 2. dan keluarga terkait itu sendiri dengan hipertensi berikut diet rendah - Captropil berfungsi untuk garam dan rendah menurunkan Tekanan Darah lemak - Anjurkan klien untuk ke puskesmas untuk mendapatkan obat (Captopril)2 Resiko Bersihan jalan nafas paten - Anjurkan pasien ke - Berkeringat saat malam hari gangguan dapat dipertahankan setelah rumah sakit untuk tanpa didahului aktivitas atau bersihan jalan dilakukan tindakan memeriksakan pada saat tidur serta adanya nafas b.d. keperawatan dalm 1 x keadaan paru- dahak bercampur darah yang Peningkatan pertemuan dengan kriteria parunya dikeluarkan klien pada setiap pagi produksi hasil: merupakan salah satu tanda sputum - Klien mau - Edukasikan klien kemungkinan pasien mengidap menggunakan fasilitas pentingnya untuk TBC dan harus segera ditangani pelayanan rumah melapor ke rumah mengingat klien tinggal bersama sakit untuk sakit untuk anak-anak dan cucu-cucunya memeriksakan memeriksakan dalam satu rumah yang kondisi paru-parunya keadaan paru- memungkinkan penyebaran parunya kuman tersebut.
  3. 3. 3 Perubahan Klien mampu mengontrol - Kaji kebiasaan pola - Sebagai data dasar dalam eliminasi urin pengeluaran urin setelah berkemih dan dan perhitungan untuk toilet training (urge dilakukan tindakan gunakan catatan klien incontinence) keperawatan dalam 3x berkemih sehari, b.d. pertemuan. Dengan kriteria termasuk frekuensi melemahnya hasil: dan waktu otot pelvis dan - Klien melaporkan datangnya struktur dasar pengurangan/hilangn inkontinensia. - Program toileting diharapkan penyokongnya. ya inkontinensia - Ajarkan dan mampu mengurangi - Klien mengikuti anjurkan pasien dan inkontinensia klien. Pengawasan program pelatihan libatkan keluarga keluarga sangat diperlukan dalam toileting dengan baik dalam mengikuti latihan tersebut program toileting untuk klien - Tekhnik menarik nafas dalam juga - Ajarkan klien dapat digunakan untuk tekhnik menarik mengurangi urgensi dalam nafas dalam disaat berkemih merasakan urgensi untuk berkemih datang.

×