Tugas dimas

260 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
260
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas dimas

  1. 1. PENGERTIAN DAN PRINSIP KERJA INTERNET  Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringanjaringan komputer di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia di seluruh dunia.
  2. 2.  Jika dilihat secara mikroskopis, pada dasarnya jaringan internet dibangun dari sekelompok komputerkomputer yang membentuk jaringan komputer kecil, yang biasa disebut dengan Local Area Network (LAN) seperti yang terdapat pada jaringan komputer pada universitas atau kantor. LAN ini jika digabung dengan LAN – LAN lainnya, akan membentuk Metropolitan Area Network (MAN). Kumpulan dari MAN akan membentuk Wide Area Network (WAN), dan kumpulan dari WAN ini akan membentuk rangkaian-rangkaian komputer di seluruh dunia yang disebut Interconnected Network atau internet.
  3. 3. Cara kerja Internet diatur dalam serangkaian peraturan dan standar yang disebut dengan protokol.  Protokol yang digunakan pada Internet disebut dengan TCP/IP. TCP/IP inilah yang mengendalikan, mengatur, atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer (node).  TCP/IP memiliki lapisan-lapisan (layer) yang tiap lapisannya memiliki peran masing-masing dalam mengatur lalu lintas paket-paket data agar dapat ditransmisikan dengan baik tanpa rusak atau hilang
  4. 4. Berikut ini sedikit ulasan mengenai lapisan-lapisan pada TCP/IP:  1. Aplication Layer  Aplication Layer (Lapisan aplikasi) bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan sistem, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan Internet tanpa direpotkan detail sistem pengelolaan dan transmisi data yang rumit. Lapisan ini memiliki aplikasi khusus protokol seperti hypertext transfer protocol (HTTP), email, chatting, atau file transfer protocol (FTP), dll, yang berkomunikasi dengan lapisan dibawah berikutnya.  2. Transmission Control Protocol (TCP) Layer  Lapisan ini berada antara lapisan aplikasi dan lapisan protokol Internet (IP).Lapisan ini berfungsi untuk menerima dan mengarahkan data ke aplikasi tertentu menggunakan nomor port.
  5. 5.  3. Internet Protocol (IP) Layer  Tugas utama dari lapisan ini adalah memberikan identifikasi mesin pada jaringan. Identifikasi diperlukan layaknyasebuah alamat tiap rumah yang bersifat unik/berbeda karena setiap rumah tersebut berada pada tempat yang berbeda, tentu untuk mengirimkan paket agar sampai ketujuan diperlukan alamat yang tepat. Internet protokol berfungsi untuk memberikan alamat yang berbeda pada tiap perangkat jaringan.  4. Hardware Layer  Hardware Layer (lapisan perangkat keras) sesuai denga namanya berfungsi secara fisik menghubungkan komputer ke media transmisi data. Media transmisi tersebut dapat berupa saluran telepon, jaringan selular atau koneksi satelit. Lapisan ini termasuk modem, kartu ethernet dan perangkat keras yang langsung terhubung dengan proses transmisi data. Lapisan ini juga yang berperan dalam menerjemahkan sinyal digital berupa bilangan biner yang dapat dimengerti oleh komputer menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan lewat saluran telepon dan sebaliknya apabila diperlukan.
  6. 6.  .Seperti yang dijelaskan di muka, pada protokol TCP/IP lapisan Internet Protokol (IP) adalah lapisan yang bertugas untuk memberikan IP Adress kepada tiap komputer/mesin jaringan. IP Adress adalah deretan angka biner (angka biner adalah angka yang hanya terdiri dari bilangan 0 dan 1) antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai untuk mengidentifikasi tiap komputer host dalam jaringan Internet. Sistem pengalamatan IP tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu IPv4 dan IPv6. Contoh dari IP Adress adalah 121.243.222.123 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140:83 (Ipv6).
  7. 7. Gambar 1: Bagan Cara Kerja Internet Pada Saat Transmisi Data Antara Dua Buah Node
  8. 8. BERIKUT GAMBAR CARA KERJA INTERNET Internet WWW servers (WWW) pemakai (clients) melakukan browsing  Web site Pembuat web site menulis HTML berupa file HTML
  9. 9.  BERIKUT BEBERAPA GAMBAR YANG MENGGUNAKAN SKEMA TELEPON DAN SATELIT
  10. 10. Skema Peralatan (Satelit)
  11. 11. Skema Peralatan(Telepon)

×