LAPORAN PRAKTIKUM 16 Manajemen Aplikasi ibrahim naki

2,622 views

Published on

Membuat file menggunakan editor vi dengan nama [Nama Anda].txt. Pada file ini tuliskan langkah-langkah membuat file zip dari suatu direktori pada Linux. Kemudian file tersebut buatlah menjadi file tar dan kompresi file tersebut menggunakan gzip.

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,622
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
455
Actions
Shares
0
Downloads
134
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

LAPORAN PRAKTIKUM 16 Manajemen Aplikasi ibrahim naki

  1. 1. OLEH: IBRAHIM NAKI Nim: 131312017 Teknik Informatika Politeknik Gorontalo LAPORAN PRAKTIKUM 16 Manajemen Aplikasi
  2. 2. 1 LAPORANPRAKTIKUM16|131312017 LAPORAN PRAKTIKUM 16 Manajemen Aplikasi 1. Buatlah file menggunakan editor vi dengan nama [Nama Anda].txt. Pada file ini tuliskan langkah-langkah membuat file zip dari suatu direktori pada Linux. Kemudian file tersebut buatlah menjadi file tar dan kompresi file tersebut menggunakan gzip. Jawab: Untuk membuat file Ibrahim_naki.txt ini saya menggunakan perintah nano Ibrahim_naki.txt seperti berikut ini: Sehingga muncul halaman untuk membuat isi file dan pada file Ibrahim_naki.txt ini saya mengisikan data mengenai langkah-langkah membuat file dan direktori zip seperti pada gambar berikut: kemudiaan saya tekan ktl+x untuk keluar yang kemuadian saya pilih yes atau Y untuk menyimpan data yang telah diedit atau dibuat.
  3. 3. 2 LAPORANPRAKTIKUM16|131312017 Langkah selanjutnya adalah membuat file Ibrahim_naki menjadi file tar dan kompresi file tersebut menggunakan gzip dengan langkah-langkah seperti pada gambar berikut ini: Pada perintah diatas saya membuat file Ibrahim_naki.tar pada Desktop yang kemudian saya mencobanya untuk mengextrat file dan ketika di ls sehingga muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Pada bagian ini saya menkomper file Ibrahim_naki.tar dengan perintah seperti yang terlihat pada gambar diatas. KESIMPULAN Setiap system Linux mempunyai manajemen paket software, Misalnya RPM (RedHat Package Management) yang berfungsi mengatur instalasi paket software, maintenance/upgrade dan menghapus paket software dari system, atau lebih dikenal dengan install dan uninstall (install / remove). RPM ini menyimpan informasi tentang paket yang diinstalasi dalam sebuah database. Penghapusan paket berarti juga menghapus semua files dan direktori yang terdaftar pada database tersebut, lengkap dengan nama PATH (lokasi diman afile dan direktori tersebut berada). RPM ini juga memiliki beberapa macam query salah satu diantanya adalah perintah # rpm –q samba.

×