Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas difusi inovasi

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Tugas difusi inovasi

  1. 1. Oleh : Fuad HasanGalan hendar K
  2. 2. APA Nama Inovasinya? Alat Permainan Edukatif (APE) Kartu PintarMerupakat seperangkat alat permainan yang dibuat untuk memperkaya dan mengingat kata-kata dalam bahasa inggris (Vocabulary)
  3. 3. Bagaimana Wujudnya? APE Kartu Pintar berbentuk seperangkat alat permainan yang terdiri dari kartu sebagai perangkat utamanya, buku panduan, dan list skooring sebagai pelengkap. Kartu tersebut berjumlah 78 kartu yang terbagi menjadi 3 jenis dan warna, Jenis kartunya mewakili kata kerja (verb), kata benda (Noun), dan kata sifat (adjective) dengan warna yang berbeda masing-masing warna terdiri dari 25 kartu dengan huruf abjad a-z dan 3 kartu emas pada masing-masing jenisnya.
  4. 4. Kegunaanya ? Secara umum APE ini dibuat untuk membantu mengembangkan Kecerdasan bahasa (Linguistik) , mengingat “kata” merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Secara khusus APE ini dibuat untuk membantu pengguna dalam belajar bahasa inggris yang dikhususkan pada memperkaya kata-kata (vocab) melalui bermaian (pada tingkat basic), dan juga speeling and pronounciation pada tingkat (intermediate)
  5. 5. Bagaimana inovasi itu berfungsi? Pada saat kartu itu dimainkan maka pemain akan mendapat sebuah kartu dengan jenis dan huruf dan harus mengucapkan kata dalam bahasa inggris sesuai dengan kartu yang didapatkan. Ex: pemaian mendapat kartu dengan huruf A dan jenis Noun (kata benda) maka pemain akan mengucapkan aple (buah apel) Sehingga saat pemaian mendapatkan sebuah kartu maka rekaman yang diperoleh oleh mata dilanjutkan keotak dan otak akan bekerja untuk menggali kembali kata-kata yang sudah diterimanya yang mana jika kata itu sudah ditemukan otak akan memerintahkan mulut untuk mengucapkannya.
  6. 6. Cara menggunakan inovasi? Pilih seorang wasit. Wasit ini fungsinya untuk mengatur jalannya permainan. Termasuk memberikan skor dan menghitung akumulasi skor untuk menentukan pemenang. Wasit membagikan kartu pada para pemain. Agar lebih efektif pemaian sebaiknya berjumlah 3 orang. Sehingga pembagian kartu juga lebih merata. Kartu yang dibagikan hanya berlaku satu kali pembagian dan tidak bisa digunakan sebelum permainan berakhir. Pemaian menyebutkan kata dalam bahasa inggris sesuai dengan huruf dan jenis kata yang terdapat pada kartu yang diperoleh Pemaian yang menyebutkan dengan benar mendapat 1 poin
  7. 7. Lanjutan Pemaian yang tidak bisa menyebutkan mendapt 0 poin dan wasit berhak memberikan hukuman Hukuman yang diberikan adalah mencotek kata sesuai dengan kartu yang diperoleh di daftar kata dan menyebutkannya. Pemain yang mendapatkan kartu emas berhak memilih huruf sesuai dengan yang diinginkan dan menyebutkan kata sesuai dengan huruf yang dipiih dan jenis kata yang terdapat pada kartu emas tersebut. Pemenang ditentukan setelah kartu habis dibagikan dengan menghitung akumulasi dari nilai yang didapat pada tiap-tiap ronde

×