Psikologi kader

1,433 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,433
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
50
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Psikologi kader

  1. 1. PSIKOLOGI KADER (memahami kepribadian & karakter kader) Oleh : Halim Basaroh
  2. 2.  Psikologi (Psychology dari bahasa  yunani dari kata “psycho” yang berarti roh, jiwa (daya hidup) dan “logos” berarti ilmu, secara  harfiah psikologi berarti “ilmu jiwa”
  3. 3.  orang yg diharapkan akan memegang peran yg penting dalam Organisasi/lembaga  pe·nga·der·an n proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader
  4. 4.  lorence Littauer, dalam bukunya Personality plus     membagi tipe kepribadian menjadi 4, yakni sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Masing-masing tipe ini memiliki kelebihan yang harus dioptimalkan dan kekurangan yang harus diminamilisir.
  5. 5.  Kepribadian ini ditandai dengan 3 karakter utama, yakni ekstrovert, senang berbicara, dan optimis. Orang sanguinis biasanya identik dengan POPULER dan dilingkupi popularitas.
  6. 6.  Kelebihan Emosi Sanguinis-Populer Mereka merupakan pribadi yang menyenangkan dan menarik, suka berbicara dan bercerita, menghidupkan suasana, humoris, mempunyai ingatan yang kuat akan warna, mampu berbicara dengan memukau, emosional dan demonstratif, antusias dan ekspresif, ceria dan selalu bergembira, Penuh rasa ingin tahu, good performance diatas panggung, berhati tulus, lugu dan polos, periang dan penuh semangat, serta hidup di ‘masa sekarang’.  Kekurangan Emosi Sanguinis-Populer  Mereka pribadi yang suka berbicara, terkadang hal inilah yang menjadi kelebihan dan kekurangan pribadi sanguinis, energi yang tak mau diam, terlalu mementingkan diri sendiri, suka mengeluh, terlalu cerewet, mudah bosan, suara dan tertawa keras, mudah marah, tampak palsu bagi beberapa orang, dikendalikan keadaan, tidak tertib, serta sulit untuk dewasa.
  7. 7.  Kelebihan Kerja Sanguinis-Populer  Mereka pribadi yang mengajukkan diri secara sukarela untuk bekerja, selalu memikirkan hal-hal baru, tampak hebat dipermukaan, kreatif dan penuh warna, punya energi dan semangat, mulai dengan cara yang hebat, mengilhami orang lain untuk gabung serta mempesona orang lain untuk bekerja.  Kekuarangan Kerja Sanguinis-Populer  Mereka pribadi yang suka berbicara, kerap melupakan kewajiban, tidak mengikuti sampai tuntas, keyakinan cepat luntur, tidak disiplin, prioritas kacau, memutuskan dengan perasaan, mudah teralihkan perhatian serta suka membesar-besarkan masalah.
  8. 8.  Kelebihan Pertemanan Sanguinis-Populer  Mereka pribadi yang mudah bergaul, merupakan sosok teman yang baik, gampang jatuh cinta, suka dipuji, menyenangkan, tampak mengembirakan, dicemburui orang lain, tidak pendendam, cepat meminta maaf, menyukai kegiatan spontan dan tidak membosankan.  Kekurangan Pertemanan Sanguinis-Populer  Mereka pribadi yang membenci kesendirian, ingin menjadi pusat perhatian, mencari penghargaan, mendominasi percakapan, menjawab untuk orang lain, tidak tetap, pelupa— terutama terhadap nama, sulit untuk mendengarkan, teman suka berganti-ganti dan gemar membuat dalih.
  9. 9.  Yah, itulah sosok yang sanguinis, ia terlalu gembira, tampil bak bintang, membuat orang senang, namun ia merasa sebagai pribadi yang tidak mungkin salah. Sehingga ia mudah patah oleh kritikan, namun cepat bangkit dan melupakan kritikan itu.
  10. 10.  Koleris adalah pribadi yang kuat, kepribadian ini ditandai 3 ciri utama yaitu: ekstovert, pelaku sebuah pekerjaan, dan selalu optimis. Pribadi ini berbakat menjadi seorang pemimpin.
  11. 11.  Kelebihan Emosi Koleris-Kuat  Mereka pribadi yang berbakat menjadi pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, senantiasa memperbaiki kesalahan, berkemauan kuat dan tegas, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja, dan tidak menyukai air mata dan emosi  Kekurangan Emosi Koleris-Kuat  Mereka pribadi yang suka memerintah, tidak sabar, cepat marah, tidak bisa santai, terlalu bergairah, menyukai kontroversi dan pertengkaran, tidak mau menyerah kalau kalah, kaku, tidak mau memuji, tidak simpatik, ia tidak bisa bersantai-santai dan selalu tegang, ini tentu membuat ia mudah depresi dan berpotensi menimbulkan beberapa jenis penyakit ‘elite’ seperti serangan jantung, stroke, liver, maag typus dan lain-lain.
  12. 12.  kelebihan Kerja Koleris-Kuat  Mereka pribadi yang berorientasi pada tearget, motivator yang hebat, melihat secara detail, ingin segala sesuatu serba teratur (terorganisir), mencari pemecahan secara peraktis, bergerak cepat dalam bertindak, mendelegasikan pekerjaan, wawasan tentang produksi, membuat tujuan, merangsang kegiatan, serta kompetitif.  Kekurangan Kerja Koleris-Kuat  Mereka pribadi yang sedikit toleransi terhadap kesalahan, tidak menganalisa perincian, bosan oleh hal spele, tergesa-gesa membuatt keputusan, terkadang kasar dan tidak taktis, memanipulasi orang lain, menuntut orang lain, tujuan menghalalkan segala cara, kerja bisa menjadi tuhannnya (mengagungkan pekerjaan), ambisius dalam mengejar prestasi serta menuntut loyalitas bawahan selain itu orang koleris hanya mampu bahagia jika berposisi sebagai pemimpin.
  13. 13.  Kelebihan Pertemanan Koleris-Kuat  Mereka pribadi yang tidak membutuhkan teman, mau bekerja untuk kegiatan kelompok, mau memimpin dan mengorganisasi, biasanya ‘merasa’ benar dan unggul dalam keadaan darurat, bisa melakukan segalanya lebih baik.  Kekurangan Pertemanan Koleris-Kuat  Mereka pribadi yang cebderung memperalat orang lain, mendominasi orang lain, ingin menguasai kawan dan pasangan, tidak bisa minta maaf, mungkin benarr tapi tidak popular.
  14. 14.  Koleris selalu sok unggul dan meremehkan orang lain. Namun uniknya, mereka mampu memanipulasi orang sehingga tunduk dibawah kendalinya. Rata-rata mereka menjadi otoriterdan senang dengan kompetisi. Karena jika ia ‘berkompetisi’ dan ia menang, maka itulah kesenangan yang ia dambakan. Sayangnya, ia juga sangat sulit untuk minta maaf. Namanya juga jagooooaann…!!!
  15. 15.  Melankolis adalah pribadi yang sempurna. Ia merupakan pribadi introvert, pemikir dan pesimis. Secara emosi dia adalah orang yang mendalam dan penuh pikiran.
  16. 16.  Kelebihan Emosi Melankolis-Sempurna  Mereka pribadi yang mendalam dan penuh oikiran, analitis, serius dan bertujuan, berbakat dan kreatif, artstik dan musical, berfilsafat dan puitis, menghargai keindahan, sensitif kepada orang lain, mau mengorbankan diri, bijaksana serta idealistis.  Kekurangan Emosi Melankolis-Sempurna  Mereka pribadi yang mengingat yang negatif, murung dan tertekan, menikmati sakit hati, punya kerendahan hati palsu, berada didunia lain, citra diri rendah, mendengarkan secara selektif, mementingkan diri sendiri, terlalu introspektif, merasa bersalah serta menderita kompleks teraniaya.
  17. 17.  Kelebihan Kerja Melankolis-Sempurna  Mereka pribadi yang berorientasi jadwal, perfeksionis, standar tinggi, sadar perincian, tekun dan tuntas, serba tertib dan teratur, serba rapi untuk merencanakan, hemat, melihat masalah, menemukan pemecahan kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulai.  Kekurangan Kerja Melankolis-Sempurna  Mereka pribadi yang tidak berorinetasi manusia, tertekan karena ketidak sempurnaan, memilih pekerjaan sulit, ragu-ragu memulai proyek, melewatkan banyak waktu, memilih analisa diatas kerja, merendahkan diri sendiri, sulit disenangkan, standar sering terlau tinggi, serta sangat memerlukan persetujuan.
  18. 18.  Kelebihan Pertemanan Melankolis-Sempurna Mereka pribadi yang berteman dengan hati-hati, puas ada dibelakang layar, menghindari perhatian, setia dan mengabdi, mau mendengarkan keluhan, bisa memecahkan persoalan orang lain, mudah terharu dan kasihan, mencari teman hidup ideal, serta skeptis terhadap pujian. Kekurangan Pertemanan Melankolis-Sempurna Mereka pribadi yang hidup melalui orang lain, tidak aman secara sosial, menarik diri dan menjauh, suka menkritik orang lain, menahan kasih sayang, tidak menyukai yang menentang, mencurigai orang lain, antagonistis dan pendendam, tidak mudah memafkan, serta penuh kontradiksi.
  19. 19. Damai, itulah kesan terkuat yang didapatdari orang plematis, ia adalah sosok yang introvert, pengamat dan pesimis.
  20. 20.  Kelebihan Emosi Plegmatis-Damai Mereka pribadi yang low profil. mudah bergaul dan santai, tenang dan teguh, sabar, seimbang, hidup konsisten, tidak banyak cakap tetapi bijaksana, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, senang menyesuaikan diri, serta penuh tujuan. Kekurangan Emosi Plematis-Damai  Mereka pribadi yang tidak antusias, takut dan khawatir, tidak pasti, menghindari tanggung jawab, mementingkan diri sendiri, terlalu pemalu dan pendiam, terlalu suka kompromi, merasa benar sendiri
  21. 21.  Kelebihan Kerja Plegmatis-Damai Mereka pribadi yang cakap dan mantap, damai dan menyenangkan, punya kemampuan administrasi, menengahi masalah, menghindari pertikaian, baik dibawah tekanan, serta menemukan cara yang mudah. Kekurangan Kerja Plematis-Damai Mereka pribadi yang tidak berorientasi tujuan, kurang motivasi diri, sulit bergerak, tidak senag didesakdesak, malas dan tidak peduli, membuat orang lain merosot semangatnya, serta lebih suka menonton.
  22. 22.  Kelebihan Pertemanan Plegmatis-Damai  Mereka pribadi yang mudah diajak rukun, menyenangkan, tidak suka menyinggung perasaan, pendengar yang baik, rasa humor yang tajam, suka mengawasi orang lain, punya banyak teman, berbelas kasihan dan peduli.  Kekurangan Pertemanan Plegmatis-Damai  Mereka pribadi yang menghilangkan antusiasme, tidak mau terlibat, tidak menyenangkan, tidak memperdulikan rencana, menilai orang lain, sarkatis dan mengejek, serta menolak perubahan.
  23. 23.  Manusia bukan sekedar seperti buku yang dengan gampang bisa kita buka dan baca begitu kita melihat dia. Manusia tu complex dengan segala keunikannya, manusia A jelas berbeda dengan B, C dan seterusnyaa… Memang dengan ilmu psikologi kita bisa mengkategorikan kepribadian. Tapi kategori itu tidak mutlak, setiap orang punya ciri khas pribadi masingmasing. Saat kita pertama kali melihat seseorang (hallo effect) yang pertama kali mungkin bisa ditebak adalah dari segi penampilannya, cara berbicaranya, atau dari cara dia berperilaku. TAPI TIDAK MUTLAK BENAR.
  24. 24.  Ekstrovert adalah karakter manusia yang terkesan lebih supel  Introvert adalah tipe karakter manusia yang terkesan lebih menutup diri.
  25. 25.  Senyum, ringan tak bersuara, tapi penuh dengan       makna Senyum, begitu murah, tapi tak ternilai dengan rupiah Senyum tak bertenaga, tapi besar motivasinya Senyum, suatu hal yang mudah, tapi selalu nampak indah Senyum, suatu hal yang biasa, tapi memberi dampak yang luar biasa Senyum ibadah termudah, tapi berpahala setara dengan sedekah Tersenyumlah,,,, agas semua terasa indah, meski hidup ini tak begitu mudah
  26. 26. Terima kasih

×