Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
SEKOLAH : SMP / MTS
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : VIII/1
MATERI POKOK : STRUKTUR JARINGAN BATANG
ALOKASI /WAKTU : ...
D. Materi Pembelajaran
Struktur jaringan yang menyusun batang dari luar ke dalam:
a. epidermis
b. kortek
c. dan silinder p...
d. LKS pengamatan umbi-umbian “ayo kita lakukan”
hal 81.
G. Kegiatan Pembelajran (3JP).
Kegiatan
Langkah-langkah
Discovery...
Mengkomunikasikan
kesimpulan
Guru membimbing/menilai kemampuan
siswa
-Mempresentasikan hasil kerja kelompok
percobaan stru...
Lembar Observasi :
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …...
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No Nama Peserta Didik...
Penilaian Diri:
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : ………………….
T...
DAFTAR CEK PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
Nama penilai : Tidak diisi
Nama peserta didik yang dinilai : ...............
Kela...
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator: 1. Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang.
2. Mejelaskan hubung...
Tes Uraian :
Berdasarkan hasil pengamatan pada saat mengamati struktur anatomi batang pada
kacang tanah dan jagung jawabla...
Kunci jawaban :
Pilgan :
1. A
2. B
3. C
4. B
5. D
Uraian
1. Batang dikotil ( Kacang ) morfologinya berkayu, dan bercabang,...
2. Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator: Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur
jaringan tumbuhan b...
No Indikator Rubrik
ada.
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan
menggunakan prosedur yang ada.
5. Mempresentasikan hasil
...
Rancangan bangunan yang diciptakan berdasarkan struktur
jaringan tumbuhan
LEMBAR KERJA SISWA
(a)
Pengamatan Struktur Morfo...
1. Mikroskop
2. Silet
3. Nampan
4. Kecambah kacang tanah
5. Kecambah jagung
6. Pewarna biru
7. Kaca benda
8. Kaca penutup
...
Pertanyaan Diskusi :
1. Jaringan apa sajakah yang menyusun batang?
2. Sebutkan Perbedaan morfologi batang pada tumbuhan ka...
2. Jaringan apa yang berperan pada peristiwa tersebut?
3. Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi ?
Kesimpulan :
Setelah ...
Carilah berbagai informasi dari buku, internet, Koran,majalah melengkapi data
mengenai batang tumbuhan yang telah termodif...
rpp, lks, penilaian struktur jaringan batang
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

rpp, lks, penilaian struktur jaringan batang

5,883 views

Published on

  • Be the first to comment

rpp, lks, penilaian struktur jaringan batang

  1. 1. SEKOLAH : SMP / MTS MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : VIII/1 MATERI POKOK : STRUKTUR JARINGAN BATANG ALOKASI /WAKTU : 3 JP A. Kompetensi Inti. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata B. Kompetensi Dasar dan Indikator. 3.2. Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut. Indikator : 3.2.2. Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang. 3.2.3. Menjelaskan hubungan anatara struktur dan fungsi jaringan di batang 4.2.Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan) Indikator : 4.2.1. Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan (batang) dan membuat laporannya. C Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ada Bab III, peserta didik diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut: 1. Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang. 2. Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan batang 3. Mengumpulkan data hasil percobaan dan melaporkannya. 4. Membentuk sikap hati-hati, teliti dan cermat 5. Memiliki sikap selalu bersyukur kepada Tuhan atas ciptaannya
  2. 2. D. Materi Pembelajaran Struktur jaringan yang menyusun batang dari luar ke dalam: a. epidermis b. kortek c. dan silinder pusat Jika jaringan epidermis rusak maka akan digantikan oleh jaringan felogen, Di bawah jaringan epidermis terdapat jaringan kortek yang fungsinya hampir sama dengan kortek pada akar. Jaringan di bawah kortek adalah jaringan pengangkutan yaitu floem (pembuluh tapis) yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesa dan xylem (pembuluh kayu) berfungsi mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun, sekaligus sebagai jaringan penguat. Pada tumbuhan dikotil anatara floem dan xylem di batasi adanya cambium, yang memiliki sifat selalu membelah sehingga batang bertambah membesar. Batang berfungsi untuk menopang tegaknya tubuh tumbuhan dan berfungsi untuk transportasi air dan hara. E. Pendekatan/Metode /model Pembelajaran: 1. Pendekatan : Saintifik 2. Metode : Diskusi dan Eksperimen 3. Model : Discovery Learning F. Media, Alat, Bahan dan sumber Pembelajaran. 1. Media : Charta, computer, LCD 2. Alat dan Bahan : a. Mikroskop b. Silet c. Batang tanaman kacang d. Batang tanaman jagung e. Metilin blue f. Kaca benda/kaca penutup g. Air h. Kertas tisu i. Pewarna makanan merah j. Botl gelas minuman k. Tanaman pacar air 3. Sumber Pembelajaran. a. Buku IPA SMP Kelas VIII b. LKS Pengamatan struktur jaringan daun “ayo Kita Coba” hal 79 c. LKS penyelidikan transportasi pada tumbuhan “ Ayo Kita coba” Hal 80.
  3. 3. d. LKS pengamatan umbi-umbian “ayo kita lakukan” hal 81. G. Kegiatan Pembelajran (3JP). Kegiatan Langkah-langkah Discovery learning Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu Pendahuluan Menciptakan Stimulasi (Motivasi) Mengucapkan salam Mengajak berdoa Menyiapkan peserta didik untuk belajar Melakukan pemusatan perhatian - Menampilkan gb tumbuhan secara utuh - memperlihatkan gambar penampang Batang - Memancing pertanyaan dari siswa Menjelaskan tentang batang tumbuhan Menyampaikan tujuan pembelajran 15 menit Kegiatan inti Pembahasan Tugas dan identifikasi masalah Mengamati Menanya Mencoba Mengasosiasi Menyampaikan informasi tentang tugas yang akan dikerjakan yaitu eksperimen dan pengamatan. Membagi kelompok Mengkaji LKS yang akan dikerjakan dalam percobaan Melakukan pengamatan dan mencatat data hasil percobaan tentang struktur jaringan batang tanaman kacang dan jagung Siswa melakukan proses menanya setelah mengamati struktur jaringan batang Melakukan percobaan pengamatan batang kacang dan jagung serta pengangkutan air oleh tanaman. Mengolah data hasil pengamatan dalam percobaan dan menjawab pertanyaan LKS Siswa menggali informasi, melakukan analisis untuk menjelaskan dan menarik 80 menit
  4. 4. Mengkomunikasikan kesimpulan Guru membimbing/menilai kemampuan siswa -Mempresentasikan hasil kerja kelompok percobaan struktur batang jagung dan kacang -Membuat kesimpulan tentang struktur jaringan batang kacang dan jagung Penutup Mereview hasil kegiatan pembelajaran struktur jaringan batang tanaman jagung dan kacang Memberikan penghargaan kepada kelompok yang bekerja dengan baik Melakukan quis tentang struktur jaringan batang Pemberian tugas mempelajari materi struktur daun Penutup 25 menit H. Penilaian 1. INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP Indikator: 1. Siswa mampu melakukan percobaaan dengan teliti dan jujur. 2. Siswa mampu menggunakan alat dengan hati-hati. 3. Siswa mampu bekerja dengan cermat dalam kelompok 4. Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok. 5. Siswa mampu berdiskusi dengan teman .
  5. 5. Lembar Observasi : Pedoman Observasi Sikap Spiritual Nama Peserta Didik : …………………. Kelas : …………………. Tanggal Pengamatan : ………………….. Materi Pokok : ………………….. No Aspek Pengamatan Skor 1 2 3 4 1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2 Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan 3 Memberi salam sebelum dan sesudah menyampai kan pendapat/presentasi 4 Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan 5 Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan Jumlah Skor Petunjuk Penskoran : 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
  6. 6. Lembar Pengamatan Sikap Kelas : ………………………. Hari, tanggal : ………………………. Materi Pokok/Tema : ………………………. No Nama Peserta Didik Sikap Keterangan Teliti Hati-hati Kerjasama Cermat Jujur 1 Keterangan Penskoran : 4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap 3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap 2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap 1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
  7. 7. Penilaian Diri: LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP JUJUR Nama Peserta Didik : …………………. Kelas : …………………. Materi Pokok : …………………. Tanggal : …………………. PETUNJUK 1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti 2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari No Pernyataan TP KD SR SL 1 Saya menyontek pada saat mengerjakan Ulangan 2 Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas 3 Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang 4 Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan 5 Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain Keterangan : • TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan = Nilai 1 • KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan = Nilai 2 • SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang- kadang tidak melakukan = Nilai 3 • SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan = Nilai 4 Petunjuk Penskoran : Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
  8. 8. DAFTAR CEK PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK Nama penilai : Tidak diisi Nama peserta didik yang dinilai : ............... Kelas : ............... Mata pelajaran : ............... Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan No Aspek Pengamatan Skor 4 3 2 1 1 Tidak nyontek dalam mengerjakan percobaan 2 Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas 3 Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya 4 Melaporkan data atau informasi apa adanya JUMLAH Petunjuk penskoran : Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi sikap disiplin Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
  9. 9. Instrumen Penilaian Pengetahuan Indikator: 1. Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun batang. 2. Mejelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan batang Tes Tertulis : 1. Wortel, lobak, dan bit gula merupakan modifikasi dari akar .... a. tunggang b. serabut c. tunjang d. lateral 2. Mana di antara bagian tumbuhan berikut yang merupakan modifikasi dari batang? a. Umbi singkong b. Umbi kentang c. Umbi wortel d. Umbi lobak 3. Umbi lapis pada bawang merupakan modifikasi dari .... a. akar b. batang c. daun d. bunga 4. Keluar masuknya udara pernafasan tumbuhan berlangsung melalui .... a. stomata dan epidermis b. stomata dan lentisel c. lentisel dan korteks d. korteks dan epidermis 5. Perhatikan gambar potongan melintang batang di bawah ini ! Bagian yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral ditunjukkan oleh nomor ....... a. 2 c. 4 b. 3 d. 5
  10. 10. Tes Uraian : Berdasarkan hasil pengamatan pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung jawablah pertanyaan berikut ini: a. Jelaskan perbedaan jaringan kedua batang tersebu!(50) b. Berdasarkan ciri-ciri tersebut tanaman kacang dan jagung termasuk kelompok tumbuhan apa?(50)
  11. 11. Kunci jawaban : Pilgan : 1. A 2. B 3. C 4. B 5. D Uraian 1. Batang dikotil ( Kacang ) morfologinya berkayu, dan bercabang, berkambium, jaringan xilem dan floem tersusun teratur. Batang jagung : mmorfologinya tidak berkayu, tidak bercabang, tidak berkambium, xilem dan floem tidak teratur. 2. Kacang termasuk tumbuhan dikotil dan jagung termasuk monokotil. NORMA PENILAIAN : Pilgan: 100x SoalJumlah Betul Nilai = Uraian : Score maksimal 100
  12. 12. 2. Instrumen Penilaian Keterampilan Indikator: Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan batang dan membuat laporan InstrumenTes Praktik : No. Indikator Hasil Penilaian 3 (baik) 2 (cukup) 1 (kurang) 1 Menyiapkan alat dan bahan 2 Deskripsi pengamatan 3 Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi 4 Melakukan praktik 5 Mempresentasikan hasil praktik Jumlah Skor yang Diperoleh Rubrik Penilaian. No Indikator Rubrik 1 Menyiapkan alat dan bahan 3. Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan. 2. Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan. 1. Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan. 2. Deskripsi pengamatan 3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 3. Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi 3. Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif. 2. Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif. 1. Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif. 4. Melakukan praktik 3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada. 2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang
  13. 13. No Indikator Rubrik ada. 1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada. 5. Mempresentasikan hasil praktik 3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri. 2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri. 1. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri. Kriteria Penilaian: Nilai = Jumlah Skor yang Diperoleh X 100 Skor Maksimum Instrumen Tugas Projek : N o Tahapan Skor 1 – 3 1 Persiapan Mengidentifikasi apa yang diketetahui a. bahwa tumbuhan memiliki struktur batang yang berbeda b. setiap struktur mendukung fungsi dari setiap organ tumbuhan Menentukan masalah Menciptakan ide teknologi yang mungkin dikembangkan dalam rancang desain bangunan yang meniru struktur tumbuhan 2 Pelaksanaan Bagaimana strateginya? Pesdik berdiskusi menganalisis bangunan yang meniru struktur jaringan tumbuhan untuk menemukan ide-ide baru Peserta didik diminta mempresentasikan ide-ide yang muncul pada saat diskusi. Bagaimana penerapannya? Merancang bangunan dengan meniru struktur batang 3 Hasil Hasil
  14. 14. Rancangan bangunan yang diciptakan berdasarkan struktur jaringan tumbuhan LEMBAR KERJA SISWA (a) Pengamatan Struktur Morfologi dan Anatomi Batang Tumbuhan Judul Kegiatan : Pengamatan Struktur Jaringan pada Tumbuhan. Alat dan Bahan :
  15. 15. 1. Mikroskop 2. Silet 3. Nampan 4. Kecambah kacang tanah 5. Kecambah jagung 6. Pewarna biru 7. Kaca benda 8. Kaca penutup 9. Pipet tetes 10. Air 11. Kertas tisu Langkah kerja : 1. Amati bentuk batang pada kacang dan jagung 2. Identifikasi batang yang diamati, apakah berkayu ? 3. Buatlah sayatan melintang pada batang dan tumbuhan kacang dan jagung dengan silet. Usahakan irisan setipis mungkin dan berhati-hati ketika menggunakan silet 4. Letakan sayatan batang kacang dan jagung pada kaca benda yang telah ditetesi air 5. Tutuplah dengan kaca penutup 6. Teteskan zat warna di salah satu sisi kaca penutup dan letakan kertas isap atau tisu disisi yang berlawanan untuk menyedot air. 7. Amati kedua preparat dengan mikroskop perbesaran kecil dulu. 8. Gambarkan bagian-bagian yang teramati dan berilah keterangan. 9. Catatlah data hasil pengamatanmu. Data Hasil Pengamatan : Organ tumbuhan yang diamati Jenis batang (berkayu/tidak) Gambar Batang kacang tanah Batang jagung
  16. 16. Pertanyaan Diskusi : 1. Jaringan apa sajakah yang menyusun batang? 2. Sebutkan Perbedaan morfologi batang pada tumbuhan kacang tanah dan kacang? 3. Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun batng pada tumbuhan kacang tanah dan jagung ? Kesimpulan : Buatlah kesimpulan dari hasil analisis data percobaan . LEMBAR KERJA SISWA (b) Penyelidikan Tranportasi pada Tumbuhan Judul Kegiatan : Pengamatan transportasi pada tumbuhan. Alat dan Bahan : 1. Pewarna makanan merah 2. Air 3. 3 Stoples bekas 4. 3 batang tanaman pacar air. Langkah Kerja : 1. Tuangkan air ke dalam 3 stoples masing-masing ½ botol kemudian campur dengan pewarna makanan pada botol 1 dan 2, botol ketiga biarkan jangan di beri pewarna sebagai control. 2. Potong batang tanaman pacar air, pemotongan di lakukan di dalam air di ember tekan bagian yang dipotong dengan ujung jarimu agar tidak kemasukan udara pada xilemnya 3. Masukan tanaman yang sudah dipotong tersebut ke dalam masing-masing botol. 4. Biarkan selama 2 jam. Pertanyaan Diskusi : 1. Apakah yang terjadi pada tumbuhan pacar air ?
  17. 17. 2. Jaringan apa yang berperan pada peristiwa tersebut? 3. Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi ? Kesimpulan : Setelah menganalisis data buatlah kesimpulan dan laporkan hasil diskusimu. LEMBAR KERJA SISWA (c) Tugas Proyek : Lakukan observasi di lingkungan sekitarmu, carilah batang-batang yang memiliki fungsi tambahan
  18. 18. Carilah berbagai informasi dari buku, internet, Koran,majalah melengkapi data mengenai batang tumbuhan yang telah termodifikasi Data Hasil Pengamatan : No Tumbuhan Fungsi Tambahan Umbi Akar Umbi Batang Informasi yang diperoleh dari 1 2 3 4 5 6

×