Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Rawa, Danau dan Klasifikasinya

2,820 views

Published on

semoga bermanfaat.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Rawa, Danau dan Klasifikasinya

  1. 1.  Ainun Muszaynah  FebrianyWulan  MegaWidiyaningsih  Purwo Rijal  Yudha Aji N Kelompok 2
  2. 2. Air tanah
  3. 3.  Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah.  Merupakan bagian yang penting dalam siklus hidrologi.  Menyediakan kebutuhan air bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan.  Merupakan persediaan air bersih secara alami.  Untuk keperluan hidup manusia.  Untuk keperluan industri.  Untuk irigasi pada sektor pertanian. Pengertian Manfaat
  4. 4.  AirTanah Freatik merupakan air tanah dangkal.  AirTanah Dalam (Artesis) merupakan air tanah dalam.
  5. 5. Danau
  6. 6.  Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. 1.Pengendali banjir 2.Irigasi 3.Perikanan 4.Pembangkit tenaga listrik 5.Rekreasi 6.Sumber air bersih Pengertian Manfaat
  7. 7. Jenis-jenis danau
  8. 8. Danau vulkanik terbentuk akibat aktivitas vulkanik (gunung berapi). Contoh: Danau Kerinci dan Danau Kelimutu. DanauVulkanik
  9. 9. Danau tektonik terbentuk ketika terjadi gerakan/pergeseran lempeng tektonik. Contoh danau yang terbentuk dari proses ini adalah Danau Singkarak dan DanauTowuti.
  10. 10. DanauTektovulkanik. Danau ini terbentuk akibat penggabungan proses tektonik dan vulkanik. Contohnya DanauToba.
  11. 11. Danau glasial (gletser) biasanya terbentuk di daerah pegunungan. Contohnya, Danau Finger di NewYork danThe Great Lakes di Amerika.
  12. 12. Danau Aliran/Ladam. Sungai yang besar biasanya membentuk kelokan aliran sungai di hilir sungai tersebut, yang disebut meander.. Danau Oxbow sering dijumpai di beberapa sungai di Kalimantan.
  13. 13. Danau Karst danau ini terbentuk melalui proses pelarutan zat kapur oleh air. Akibat proses ini terbentuklah suatu dolina, yang jika terisi oleh air akan membentuk danau karst. Contoh: Danau Lais Da Rims.
  14. 14. Danau Laguna danau ini terjadi akibat kombinasi antara angin dan ombak yang membentuk tanggul-tanggul pasir di sepanjang pantai. Contoh: Danau di San Luis Obispo,Amerika.
  15. 15. Danau Buatan (Waduk). Danau ini terbentuk dari usaha pembendungan sungai oleh manusia.Contoh waduk ada banyak, di antaranyaWaduk Jatiluhur, Waduk Saguling, danWaduk Gajah Sungkur.
  16. 16. Rawa
  17. 17.  Rawa adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis.  Rawa yang dikeringkan dapat digunakan sebagai lahan pertanian  Penghasil pohon bakau yang dapat melindungi daratan dari abrasi  Sebagai lokasi permukiman dengan model rumah bertiang  Menghasilkan ikan Pengertian Manfaat
  18. 18. Jenis-Jenis Rawa Rawa Berdasarkan sifat airnya air tawar air payau air asin Berdasarkan keadaan airnya tergenang tidak tergenang Berdasarkan letaknya pantai pinggiran abadi
  19. 19. Berdasarkan sifat airnya
  20. 20. Rawa AirTawar adalah rawa yang airnya tawar karena letaknya dipinggiran sepanjang sungai. Rawa air tawar
  21. 21. Rawa Air Payau adalah rawa yang airnya percampuran antara tawar dan asin, biasanya letaknya di muara sungai menuju laut.
  22. 22. Rawa Air Asin adalah rawa yang airnya asin dan letaknya di daerah pasang surut laut.
  23. 23. Berdasarkan keadaan airnya
  24. 24. Rawa yang airnya tergenang adalah rawa yang selalu tergenang airnya, tidak dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, karena lahannya tertutup tanah gambut yang tebal. Rawa yang airnya tergenang
  25. 25. Rawa yang airnya tidak tergenang adalah rawa yang menampung air tawar dilimpahkan air sungai pada saat air laut pasang dan airnya relatif mengering pada saat air laut surut.
  26. 26. Berdasarkan letaknya
  27. 27. Rawa Pantai adalah rawa yang berada di muara sungai. Rawa Pantai
  28. 28. Rawa Pinggiran adalah rawa sepanjang aliran sungai, terjadi akibat sering meletupnya sungai tersebut.
  29. 29. Rawa Abadi adalah rawa yang airnya terjebak dalam sebuah cekungan dan tidak memiliki pelepasan ke laut.
  30. 30. TERIMAKASIH

×