Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ms. word

1,493 views

Published on

  • Be the first to comment

Ms. word

  1. 1. • PERKEMBANGAN MICROSOFT OFFICE WORD 1. Microsoft Office 3.0 Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1. 2. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2 Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Word 6.0 sebagian sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh). 3. Microsoft Office 95 Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CDROM, juga termasuk Bookshelf. 4. Microsoft Office 97 Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
  2. 2. 5. Microsoft Office 2000 Pada versi ini banyak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. 6. Microsoft Office XP (2002) Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag kustom cerdas. Dalam Office XP, tag kustom pintar bias bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi luas.
  3. 3. 6. Microsoft Office 2003 S Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009. 7. Microsoft Office 2007 Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.
  4. 4. 8. Microsoft Office 2010 Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi. 9. Microsoft Office 13 Office 2013 lebih berbasis cloud dari versi sebelumnya. Hal ini terkenal sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive . Microsoft Office 2013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2 yang Office 2013 dapat membaca dan menulis. Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web
  5. 5. Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
  6. 6. Fungsi Fungsi Umum : untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah.
  7. 7. Fungsi Fasilitas Ms. Word • • • Jenis huruf Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home + Font) Pembuatan Numbering Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen. Pembuatan Outline Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  8. 8. • Pemakaian Break Section Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page). • Penomoran Halaman Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki (Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page) • Pembuatan Daftar Tabel Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka (pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada (tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  9. 9. • Pembuatan Daftar Isi Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel) • Editing dengan Document Map Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
  10. 10. Bagian Ms. Word New digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru Open digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan Save perintah untuk menyimpan file dokumen aktif Save As digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu Print digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif Prepare digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif Send digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile Publish perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll Close digunakan untuk menutup file dokumen aktif
  11. 11. • 1.Group Clipboard Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu: • Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut. • Cut : untuk memotong teks/objek terpilih. • Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih. • Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya. • * Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
  12. 12. • 2.Group Font • Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari : • • • • • • • • • • • • • • Font : untuk memilih jenis huruf Font Size : untuk mengatur ukuran huruf Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih Bold : untuk menebalkan teks terpilih Italic : untuk memiringkan Teks terpilih Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih • Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
  13. 13. 3.Group Paragraph • Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu: • Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih • Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih • Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri • Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan • Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin) • Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab) • Sort : untuk menyortir data • Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph • Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri • Center : untuk mengatur teks rata tengah • Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan • Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri • Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks • Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih • Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
  14. 14. • 4.Group Styles • Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu: • Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih • Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf • 5.Group Editing • Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah: • Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file • Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk di Microsoft Word 2007
  15. 15. Dan ini adalah shortcut yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan – rekan.. • • • • • • • • • • • • • • • • Ctrl + q –> Membersihkan format paragraf Ctrl + r –> Right Ctrl + s –> Save Ctrl + t –> Mengatur hanging indent kiri Ctrl + u –> Underline Ctrl + v –> Paste Ctrl + w –> Close window Ctrl + x –> Cut Ctrl + y –> Redo Ctrl + z –> Undo Ctrl + ] –> Perbesar font size Ctrl + [ –> Perkecil font size Ctrl + = –> Subscript Ctrl + Shift + = –> Superscript Ctrl + scroll ke atas –> Zoom In Ctrl + scroll ke bawah –> Zoom Out • • • • • • • • • • • • • • • • Ctrl + a –> Select all Ctrl + b –> Bold Ctrl + c –> Copy Ctrl + d –> Edit font Ctrl + e –> Rata tengah Ctrl + f –> Find Ctrl + g –> Go to Ctrl + h –> Replace Ctrl + i –> Italic Ctrl + j –> Rata kiri kanan Ctrl + k –> Insert hyperlink Ctrl + l –> Rata kiri Ctrl + m –> Mengatur indent kiri Ctrl + n –> Membuat dokumen baru Ctrl + o –> Membuka dokumen yang telah ada Ctrl + p –> Print
  16. 16. • Membuka Microsoft Word Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah : 1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar. 2. Pilih menu Program 3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
  17. 17. • Membuat dokumen baru. – Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General. – Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru. – Jendela siap untuk digunakan pengetikan. • Atau bisa juga menggunakan alternatif lain : 1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu. 2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
  18. 18. • Membuka file yang sudah tesimpan – Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open. – Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. – Klik pada nama file yang akan dibuka. – Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word. • Menyimpan Dokumen 1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen. 2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombol Save. 3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.
  19. 19. • Menutup File Dokumen – Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif. – Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu. • Menutup Jendela Microsoft Word – Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup. – Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar. – Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
  20. 20. • Mengetik Dokumen Sederhana Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru. • Men-Delete / Menghapus Teks. Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini. 1. Pilih teks yang akan anda hapus. 2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
  21. 21. • Mengedit Teks 1. Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini : 2. Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip. 3. Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip. 4. Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y). 5. Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard. 6. Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter. • Meng-Copy / Menyalin Teks Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini : – – – – Pilih teks yang akan Anda salin. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C). Tempatkan titik sisip di lokasi baru. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
  22. 22. • Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks. – – – – Pilih teks yang akan Anda pindahkan Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X). Tempatkan titik sisip pada lokasi baru. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V). • Format Teks 1. Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan. 2. Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan. 3. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen. • Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font) 1. Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya. 2. Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+F.
  23. 23. • Mengubah Ukuran Huruf (Font Size) • Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya. • Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P. • Mengatur Format Paragraph • Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda. • Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf ataumformatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini, semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
  24. 24. • Mencetak Dokumen – Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan. – Pada tombol daftar pilihan Name, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan. – Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range. • Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen. • Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih. – Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan. – Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen. – Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print. • All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap. • Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja. • Even pages, – Klik OK.
  25. 25. • Mengakhiri Microsoft Word 1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit . 2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word. 3. Atau Tekan Alt +F4

×