Pert 1 pendahuluan

0 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
0
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pert 1 pendahuluan

  1. 1. PERTEMUAN 1 ATURAN-ATURAN• Nama Mata Kuliah : Organisasi Komputer• SKS : 2 SKS (16x pertemuan)• waktu : 08.00 – 10.05 setiap Kamis• toleransi keterlambatan : 15 menit• persentasi : Kehadiran 10 % Quis 20% Tugas 20% UTS 25% UAS 25%
  2. 2. PENDAHULUANKomputer desktop (Personal Computer) ialah salah satutipe dari berbagai banyak tipe komputer yang palingbanyak digunakan dalam suatu instansi perkantoranmaupun pendidikan. Komputer-komputer desktop initerdiri dari berbagai komponen utama yang sangatpenting sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidaknormal pada komponen-komponen tersebut akanmengakibatkan komputer tidak dapat hidup.
  3. 3. Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisikkomputer, dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, danperangkat lunak yang menyediakan instruksi buatperangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya.
  4. 4. Lanjutan……… Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram, firmware adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari programer komputer dan teknik komputer, dan pengguna tidak perlu memperhatikan bagian ini.
  5. 5. BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan. Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas. Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya;
  6. 6. Lanjutan….. Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display. Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner.
  7. 7. Komputer Desktop mempunyai beberapa komponenutama seperti berikut:1. Prosesor/CPU2. Motherboard/Mainboard3. RAM (Main memory)4. Harddisk (hard-drive)5. Optical driver (contoh: CD-ROM, DVD-ROM, dll)6. Power supply dan Casing7. Feriferal-feriferal tambahan lainnya
  8. 8. GAMARAN KOMPONEN UTAMA HARDWARE
  9. 9.  Beberapa jenis penyimpanan komputer:• CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain : – CD-ROM – CD-RW – CD-R• DVD antara lain jenisnya : – DVD-ROM – DVD-RW – DVD-R• Floppy disk
  10. 10. Lanjutan…….. Penyimpanan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.• Hard disk untuk penyimpanan data jangka panjang• Disk array controller• Kartu suara digunakan untuk menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.• Jaringan computer digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet dan atau komputer lainnya. – Modem digunakan untuk koneksi tekan-tombol. – Kartu network digunakan untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
  11. 11. Lanjutan…… • Alat lainnya. Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan. • Input – Keyboard – Alat penunjuk • Mouse • Trackball
  12. 12. PENGGOLONGAN HARDWAREA. Perangkat Proses, yaitu : Processor. Motherboard. Memory Module.B. Perangkat Display, yaitu : Graphics Adapter. Monitor.C. Perangkat Media penyimpanan, yaitu : Hard Disk Drive. Floppy Disk Drive. Optical Drive (CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM, DVD-RW, DVD- combo).D. Perangkat Kendali Antar Muka, yaitu : Keyboard & Mouse.
  13. 13. Hardware yang terbagi dalam beberapa golongantersebut menjadi sebuah Komponen Utama dalammerakit sebuah PC. Komponen lainnya yang sangatpenting adalah Power Supply Unit (PSU) yang akanmemberikan daya listrik terhadap komponen lainnyasehingga dapat bekerja dengan baik.
  14. 14. Lanjutan…. Hardware-hardware yang telah disebutkan tadi,dimasukkan kedalam sebuah kotak yang biasa disebut CASING. Casing ini bentuk dan warnanya beraneka ragam, biasanya bergantung pada model dan trend. Walaupun bentuk dan warnanya beraneka ragam, tetapi posisi dudukan hardware pada Casing ini semuanya sama, hal ini karena sudah merupakan standarisasi yang disepakati oleh produsen-produsen pembuat hardware PC ini.
  15. 15. KOMPONEN TAMBAHANAda lagi beberapa hardware lain yang berfungsi untukkelengkapan tambahan penggunaan sebuah PC,diantaranya adalah : Speaker Active. Printer dan Scanner. WebCam dan JoyStick.Kemudian ada juga perangkat tambahan untukmenambah fungsi PC menjadi lebih optimal sesuaidengan keinginan penggunanya, hardware tersebutdiantaranya : Sound Card. Video-Editing Card. Ethernet-Card atau LAN-card atau NIC (Network Interface Controller).

×