Slimsinserver2go

490 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
490
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
19
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Slimsinserver2go

  1. 1. SLIMS “ Live on CD/DVD “ dengan Server2Go Oleh Ahmad Saefudin S. Dalam upaya mendistribusikan informasi berupa Database Perpustakaan bebasis Senayan “SLIMS “ untuk Koleksi Dijital atau Informasi Bibliografi yang berbasis Aplikasi Web melalui CD atau DVD, banyak sekali pilihan aplikasi webserver portable yang bisa di gunakan, salah satunya yaitu dengan aplikasi Server2Go. Aplikasi ini bersifat gratis dan cukup praktis meski bagi pemula sekalipun. Berjalan pada platform windows (sebaiknya minimal windows xp) untuk versi machintos masih dalam pengembangan dan mudah-mudahan untuk versi linux juga cepat kembangkan(multi platform maunya dan gratis). Berikut langkah-langkah membuat SLIMS Live on CD/DVD : 1.Download Server2Go di http://www.server2go-web.de/ 2.Kemudian ekstrak file zip atau exe dari aplikasi Server2Go pada folder tertentu. 3.Copy folder database SLIMS ke dalam folder htdocs 4.Copy satu folder database SLIMS ke dalam folder dbdir 5.Rubah username dan password serta port untuk mysql pada file sysconfig.inc aplikasi SLIMS menjadi usernamenya 'root' ; untuk passwordnya dikosongkan. Port mysql dirubah menjadi 7188 . 6.Selesai, untuk mencobanya tinggal jalankan file Server2Go.exe , maka browser internet explorer akan muncul, dengan tampilan awal seperti berikut :
  2. 2. Alamat url yang muncul adalah http://127.0.0.1:4001 (port 4001 adalah port aplikasi webserver). Karena folder aplikasi slimsnya (folder perpus) ada dibawah folder htdocs maka untuk mengaksesnya bisa ketikan http://127.0.0.1:4001/perpus , maka akan muncul aplikasi SLIMS Test berhasil. Jika browser ditutup maka aplikasi Server2Go pun akan ikut shutdown secara sendirinya. Mengkustomisasi sebelum di burning kedalam DVD Agar dapat tampil menarik tentunya aplikasi SLIMS kita harus bisa muncul saat brwoser terbuka yangharus dilakukan adalah menghapus semua folder yang ada di bawah folder htdocs kecuali folder aplikasi slims kita tentunya, kemudian copy isi folder aplikasi slims kita ke dalam folder htdocs. Jalan kan kembali aplikasi Server2Go maka pada saat browser muncul, halaman pertama yang akan tampil adalah aplikasi SLIMS.
  3. 3. Kemudian agar tampil lebih menarik lagi kita bisa mengganti icon default aplikasi Server2Go pada folder root dengan icon kita (sesuai tema), kemudian kita pun bisa merubah tampilan splash sesuai tema aplikasi kita denga merubah file gambar splash.png pada folder root aplikasi Server2Go atau kita mengedit konfigurasi aplikasi Server2Go pada file pms_config.ini di bawah folder root aplikasi server2Go. Pada file pms_config.ini kita bisa melakukan beberapa modifikasi untuk penampilan aplikasi Server2Go, bagi pemula cukup pada bagian yang di anggap perlu saja seperti mengganti gambar splash. Tampilan gambar splash yang dimodifikasi saat aplikasi Server2Go dijalankan Burning aplikasi SLIMS dengan Server2Go ke CD/DVD Setelah selesai memodifikasi dan setelah di test semua nya tampil sempurna langkah selanjutnya adalah mem burning aplikasi SLIMS dengan Server2Go ke CD/DVD dengan aplikasi burning yang ada, ada pun yang di burning adalah semua file dan folder dibawah folder root aplikasi Server2Go : Dan jika CD/DVD yang sudah di masukan aplikasi SLIMS dengan Server2Go , jika dijalankan atau dimasukan kedalam CD/DVD drive pada sistem operasi windows xp ke atas maka secara otomatis aplikasi SLIMS akan tampil dengan browser default internet explorer, jika tidak ada maka bisa dibuka dengan browser lainnya dengan menuliskan alamat url aplikasi Server2Go (misalnya http://127.0.0.1:4001/), (catatan browser default bisa diganti lihat petunjuk teknis di website Server2Go). Selesai, selamat mencoba dan semoga membantu.

×