Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Cara pengolahan

2,736 views

Published on

  • Be the first to comment

Cara pengolahan

  1. 1. CARA PENGOLAHAN PEMBANGUNAN PERTAMBANGAN
  2. 2. • Sumber daya bumi di bidang pertambangan harus dikembangkan semaksimal mungkin untuk tercapainya pembangunan. Dan untuk ini perlu adanya survey dan evaluasi yang terintegrasi dari para ahli agar menimbulkan keuntungan yang besar dengan sedikit kerugian baik secara ekonomi maupun secara ekologis.
  3. 3. Definisi Tambang• Pertambangan adalah kegiatan untuk mendapatkan logam dan mineral dengan cara hancurkan gunung, hutan, sungai, laut dan penduduk kampung.• Pertambangan adalah kegiatan paling merusak alam dan kehidupan sosial yang dimiliki orang kaya dan hanya menguntungan orang kaya.• Pertambangan adalah lubang besar yang menganga dan digali oleh para pembohong (Mark Twian)• Pertambangan adalah industri yang banyak mitos dan kebohongan
  4. 4. CARA PENGOLAHAN PEMBANGUNAN PERTAMBANGAN• Sumber daya bumi di bidang pertambangan harus dikembangkan semaksimal mungkin untuk tercapainya pembangunan. Dan untuk ini perlu adanya survey dan evaluasi yang terintegrasi dari para ahli agar menimbulkan keuntungan yang besar dengan sedikit kerugian baik secara ekonomi maupun secara ekologis.• Penggunaan ekologis dalam pembangunan pertambangan sangat perlu dalam rangka meningkatkan mutu hasil pertambangan dan untuk memperhitungkan sebelumnya pengaruh aktivitas pembangunan pertambangan pada sumber daya dan proses alam lingkungan yang lebih luas.• Segala pengaruh sekunder pada ekosistem baik local maupun secara lebih luas perlu dipertimbangkan dalam proses perencanaan pembangunan pertambangan, dan sedapatnya evaluasi sehingga segala kerusakan akibat pembangunan pertambangan ini dapat dihindari atau dikurangi, sebab melindungi ekosistem lebih mudah daripada memperbaikinya.• Dalam pemanfaatan sumber daya pertambangan yang dapat diganti perencanaan, pengolahan dan penggunaanya harus hati-hati seefisien mungkin. Harus tetap diingat bahwa generasi mendatang harus tetap dapat menikmati hasil pembangunan pertambangan ini.
  5. 5. KECELAKAAN DI PERTAMBANGAN• Contoh sederhana karena kecelakaan kerja adalah terjadinya lumpur lapindo yang terdapat di Porong, sidoarjo. Tragedi semburan lumpur lapindo yang terjadi beberapa tahun silam, setidaknya menjadi bukti adanya kelalaian pekerja tambang minyak yang lupa menutup bekas lubang untuk mengambil minyak bumi. Semburan di Porong, sidoarjo bukan fenomena baru di kawasan Jawa Timur. Fenomena yang sama terjadi di Mojokerto, Surabaya, Gunung Anyar, Rungkut, Purwodadi, jawa Tengah.• Bila melihat empat lokasi tersebut, Porong ternyata berada pada jalur gunung api purba. Gunung api ini mati jutaan tahun yang lalu dan tertimbun lapisan batuan dengan kedalaman beberapa kilometer dibawah permukaan tanah saat ini. Tinjauan aspek geologi dan penelitian sempel material lumpur di laboratorium yang dilakukan Tim Ahli Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) sejak juni hingga pertengahan juli menunjukkan, material yang dikeluarkan ke permukaan bumi memang berasal dari produk gunung berapi purba.
  6. 6. Program Lingkungan Sehat• Penyediaan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Dasar• Pemeliharaan dan Pengawasan Kualitas Lingkungan• Pengendalian dampak risiko lingkungan• Pengembangan wilayah sehat.
  7. 7. Semua kehidupan di bumi ini menggunakan bahan-bahan yang ada di pertambangan. Contohnya;• Biji besi digunakan sebagai bahan dasar membuat alat- alat rumah tangga,mobil,motor,dll• Alumunium digunakan sebagai bahan dasar membuat pesawat• Emas digunakan untuk membuat kalung,anting,cincin• Tembaga digunakan sebagai bahan dasar membuat kabel• Dan masih banyak lagi seperti perak,baja,nikel,batu bara,timah,pasir , dll.
  8. 8. kerusakan lingkungan di pertambangan adalah;1. Pembukaan lahan secara luasDalam masalah ini biasanya investor membuka lahan besar-besaran,ini menimbulkanpembabatan hutan di area tersebut. Di takutkan apabila area ini terjadi longsor banyakmemakan korban jiwa.2. Menipisnya SDA yang tidak bisa diperbarui.Hasil petambangan merupakan Sumber Daya yang Tidak Dapat diperbarui lagi. Ini menjadikendala untuk masa-masa yang akan datang. Dan bagi penerus atau cicit-cicitnya.3. Masyarakat dipinggir area pertambangan menjadi risih.Biasanya pertambangan membutuhkan alat-alat besar yang dapat memecahkan telinga. Danbiasanya kendaraan berlalu-lalang melewati jalanan warga. Dan terkadang warga menjadikesal.4. Pembuangan limbah pertambangan yang tidak sesuai tempatnya.Dari sepenggetahuan saya bahwa ke banyakan pertambangan banyak membuang limbahnyatidak sesuai tempatnya. Biasanya mereka membuangnya di kali,sungai,ataupun laut. Limbahtersebut tak jarang dari sedikit tempat pertambangan belum di filter. Hal ini mengakibatkanrusaknya di sector perairan.5. Pencemaran udara atau polusi udara.Di saat pertambangan memerlukan api untuk meleburkan bahan mentah,biasanya penambangtidak memperhatikan asap yang di buang ke udara. Hal ini mengakibatkan rusaknya ozon.
  9. 9. • Dalam pemanfaatan sumber daya pertambangan yang dapat diganti perencanaan, pengolahan dan penggunaanya harus hati-hati dan seefisien mungkin. Harus tetap diingat bahwa generasi mendatang harus tetap dapat menikmati hasil pembangunan pertambangan ini.Dan diusahakan dalam pengelolaanya tingkat kecelakaannya harus dihindarkan dan diperhatikan lagi seperti memakai pakaian pelindung saat bekerja dalam pertambangan seperti topi pelindung, but, baju kerja, dan lain – lain.
  10. 10. TERIMA KASIH

×