Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Media komunikasi massa dan karakteristiknya

18,460 views

Published on

Media konvensional dan New Media.

Dalam Bahasa Indonesia.

Published in: Education
  • Assalamualaikum....
    mintak izin untuk ambil maklumat dan menggunakannya dalam tugasan saya...t.kasih
    semoga dimudahkan segala urusan anda... :)
    JazakAllahu Khairan
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Media komunikasi massa dan karakteristiknya

  1. 1. MEDIA KOMUNIKASI MASSA DAN KARAKTERISTIKNYAOleh:Hana Eka Kurniasari01101125102013
  2. 2. Komunikasi massa adalah proses komunikasi yang dilakukan melaluimedia massa dengan berbagai tujuan komunikasi dan untukmenyampaikan informasi kepada khalayak luas. Yang termasuk mediamassa terutama adalah suratkabar, majalah, radio, televisi dan film sebagaiThe Big Five Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet(cybermedia, media online).Sedangkan ciri-ciri komunikasi massa, menurut Elizabeth NoelleNeumann (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) adalah sebagai berikut:1. Bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis;2. Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi antara peserta-pesertakomunikasi;3. Bersifat terbuka, artinya ditujukan pada publik yang tidak terbatas dananonim;4. Mempunyai publik yang secara tersebar.Seiring dengan perkembangan teknologi dan sosial budaya, telahberkembang media-media lain yang kemudian dikelompokkan ke dalammedia massa seperti internet dan telepon selular. Media massa yang lebihmodern ini memiliki ciri-ciri seperti:1. Sumber dapat mentransmisikan pesannya kepada banyak penerima(melalui SMS atau internet misalnya)2. Isi pesan tidak hanya disediakan oleh lembaga atau organisasi namunjuga oleh individual.3. Tidak ada perantara, interaksi terjadi pada individu.4. Komunikasi mengalir (berlangsung) ke dalam.5. Penerima yang menentukan waktu interaksiA. Media Massa KonvensionalTerdapat karakteristik majalah yang memiliki ciri dan keunggulankhusus. Karakteristik majalah dibandingkan dengan media lain adalahsebagai berikut:1. Penyajian lebih dalam2. Nilai aktualitas lebih lama3. Gambar/foto lebih banyak4. Cover (sampul) sebagai daya tarik
  3. 3. Ciri-ciri surat kabar atau Koran, berbeda dengan alat media massayang lain. Dalam buku Ilmu,”Teori dan Filsafat Komunikasi karya“ OnongUchjana Effendy menyebutkan empat ciri-ciri surat kabar, yaitu:1. Publisitas (Menyebar kepada publik)2. Periodisitas (Terjadwal)3. Universalitas (Bersifat umum)4. Aktualitas (Kecepatan laporan)Radio siaran memiliki karakteristik unik dan khas, tentunyamempunyai keunggulan dan kelemahan. Radio memiliki cara tersendiriyang disebut dengan gaya radio meliputi kosakata lisan, musik/lagu dansound effect, yang menjadi kunci utama untuk memikatpendengarnya.Menurut Triartanto (2010:32) Sifat radio siaran secarakarakteristiknya mencakup:1. Imajinatif2. Auditori3. Akrab4. Gaya percakapanFilm adalah gambar-hidup, juga sering disebut movie (semulapelesetan untuk gambar bergerak). Film, secara kolektif, sering disebutsinema. Gambar-hidup adalah bentuk seni, bentuk populer dari hiburan,dan juga bisnis. Film dihasilkan dengan rekaman dari orang dan benda(termasuk fantasi dan figur palsu) dengan kamera, dan/atau oleh animasi.Sedangkan karakteristik televisi antara lain, yaitu:1. Bersifat tidak langsung2. Bersifat satu arah3. Bersifat terbuka4. Publik Tersebar5. Bersifat selintasB. New MediaBeberapa Pengertian Media Online, yaitu:1. Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secaraonline di situs web (website) internet.2. Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak
  4. 4. (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik(electronic media) –radio, televisi, dan film/video.3. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online–disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan faktaatau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet”(wikipedia).4. Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasistelekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasukkategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog),radio online, TV online, dan email.5. Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual(Video).Penjabaran Karakteristik Media Online, yaitu:1. Kapasitas luas (halaman web bisa menampung naskah sangat panjang)2. Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.3. Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.4. Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.5. Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.6. Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.7. Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.8. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolomkomentar, chat room, polling, dsb.9. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapatditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).10.Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan denganinformasi tersaji.
  5. 5. C. Perbedaaan Media konvensional dengan New media.Internet pada dasarnya adalah sistem jaringan antar komputer.Konsepnya adalah menjadikan personal komputer (PC) yang terdapat diseluruh dunia baik di rumah-rumah maupun di kantor sebagi terminalkomunikasi serba guna yang dapat digunakan untuk menerima ataupunmengirim sinyal seperti suara, gambar, dan data (Ishadi, 1999).Pebedaan yang signifikan antara media yang terbit di internet danmedia cetak atau elektronik menurut Jhon Vivian (2008:270), yaituterdapat pada feed back (umpan balik). Media internet dapat menerimaumpan balik secepat mungkin atau setelah komunikan menerima pesantersebut. Berbeda dengan media cetak atau internet yang harus tertundabeberapa saat.Syarifudin Yunus (2010:27) mengutarakan perbedaan mediatersebut secara subtansial dapat dilihat berdasarkan pencarian,pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran berita yang dilakukan.Perbedaan tersebut diantaranya dalam filosofi penyajian berita, positioningmasing-masing jenis media, teknis pengelolaan, dan target audiens(komunikan, pembaca, pendengar, pemirsa, user).Kemudian perbedaan karakteristik internet dengan media klasikdalam sistem dan operasional sebagai alat maupun medium komunikasiyaitu:1. Perbedaan utama dan makro tersebut yaitu; internet adalah mediaberbasis komputer yang semula berawal dari media “tools” untukmenyimpan serta mengolah informasi data.2. Internet sebagai media komunikasi memiliki penawaran interaktif yangdinamis terhadap penggunanya/user, jauh melebihi penawaran interaktifpada media televisi dan radio (yang terbatas pada satu program dan isimateri acara). Bahkan internet memberikan penawaran pencarianinformasi yang diinginkan melalui fasilitas query dan boelan denganmenggunakan kata kunci (keywords). Lebih jauh lagi media internetmampu mengurangi pola komunikasi yang berwujud kontak langsungseperti surat menyurat ataupun wicara interpersonal dengan fasilitaselectronic mail (e-mail) dan Internet Relay Chat (IRC).
  6. 6. 3. Media internet mampu menjadi pusat informasi dan sumber informasiyang tidak terbatas dan pada suatu institusi tetapi juga memberikankesempatan pada setiap user/individu untuk menjadisumber/komunikator.4. Luas jangkauan dari media internet tentu saja melintas antarbenua,antarnegara, serta antarbudaya. Sehingga dengan demikianbatasan-batasan dalam fisik dalam melakukan komunikasi semakindinisbikan melalui internet, implikasi ini juga memperjelas bahwaterdapat interaksi abstrak secara struktural.5. Fungsi internet sebagai media, selain sama dengan fungsi media lain,media internet memiliki penawaran untuk pengembangan bidang jasamaupun bisnis sebagai bagian gaya hidup.6. Perbedaan yang terakhir dari lateral sebagai media lebih menonjolkansuperior media internet sebagai media yang “beraneka rupa” (mulfaceted )yang berisi banyak perbedaan konfigurasi proses komunikasi padafasilitas-fasilitas yang dimiliki.

×