 ANGGI

ARIEF WIBOWO
 ENNI NADIA
 HAMID ZUKHAIR
 M. YOGA ADITYA
 SUCI YUNITA

1111021011
1111021038
1111021057
111102...


Pembangunan regional adalah usaha
meningkatkan kualitas kehidupan maupun
kualitas lingkungan, sektor dan
jangkauannya s...
Landasan-landasan

geografi yang
perlu diperhatikan sesuai dengan
kondisi regional setempat, yaitu
lokasi, kondisi demogr...
Landasan

kependudukan yang wajib
diperhatikan bagi pembangunan
juga berkenaan dengan kualitas
kehidupannya, tingkat pend...
Wilayah didefinisikan sebagai suatu unit
geografi yang dibatasi oleh krieria
tertentu yang bagian-bagiannya
tergantung sec...
 Jumlah

dan penyebaran penduduk yang
berbeda-beda di tiap region, bukan hanya
menjadi masalah bagi region masing-masing,...
Kebijaksanaan pembangunan regional adalah segala usaha yang
dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan meningkatkan
kuali...
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembangunan regional antara
lain:










1. faktor hidrografi, sebagai penin...
Perencanaan pembangunan yang ideal dilaksanakan
memenuhi beberapa dimensi, yaitu :






a) Dimensi Substansi, artinya ...










Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan beberapa hal
yang dijabarkan sebagai berikut:
Pembangunan ...
THANK YOU

Kebijakan perencanaan pembangunan regional
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kebijakan perencanaan pembangunan regional

551 views

Published on

Published in: Education, Technology, Real Estate
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
551
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kebijakan perencanaan pembangunan regional

  1. 1.  ANGGI ARIEF WIBOWO  ENNI NADIA  HAMID ZUKHAIR  M. YOGA ADITYA  SUCI YUNITA 1111021011 1111021038 1111021057 1111021075 1111021110
  2. 2.  Pembangunan regional adalah usaha meningkatkan kualitas kehidupan maupun kualitas lingkungan, sektor dan jangkauannya sangat luas. Menurut sumber lain, pembangunan regional ialah strategi pemerintah nasional dalam menjalankan campur tangan pemerintah untuk mempengaruhi jalannnya proses pembangunan di daerah-daerah sebagai bagian dari daerah nasional supaya terjadi perkembangan kearah yang dikehendaki.
  3. 3. Landasan-landasan geografi yang perlu diperhatikan sesuai dengan kondisi regional setempat, yaitu lokasi, kondisi demografi, prasarana dan sarana, potensi sumber daya, sosial budaya setempat, kesuburan tanah, hidrologi dan topografi region masing-masing.
  4. 4. Landasan kependudukan yang wajib diperhatikan bagi pembangunan juga berkenaan dengan kualitas kehidupannya, tingkat pendidikan, kombinasi berdasarkan umur, penyebarannya dalam ruang, keadaan sosial budaya, dan lain-lain.
  5. 5. Wilayah didefinisikan sebagai suatu unit geografi yang dibatasi oleh krieria tertentu yang bagian-bagiannya tergantung secara internal. Wilayah dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu:  Wilayah Homogen  Wilayah Nodal  Wilayah Administrasi,  Wilayah Perencanaan,
  6. 6.  Jumlah dan penyebaran penduduk yang berbeda-beda di tiap region, bukan hanya menjadi masalah bagi region masing-masing, juga menjadi masalah bangsa dan Negara Indonesia. Pembangunan kependudukan yang terungkap dalam kebijakan kependudukan, bukan hanya berkenaan dengan keluarga berencana melainkan juga terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan, ketenaga kerjaan, keahlian dan kepemimpinan.( Tap. MPR RI No. II/MPR/1983. Bab IV)
  7. 7. Kebijaksanaan pembangunan regional adalah segala usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan meningkatkan kualitas kehidupan dan kualitas lingkungan dalam region tersebut. Dalam menerapkan kebijakan regional juga harus menerapkan pendekatan yang berbeda sesuai dengan kondisi geografi dan sesuai dengan masalah yang dihadapinya. Ada 3 tahapan dalam pembangunan regional, yaitu pra pembangunan, proses pembangunan, dan pasca pembangunan.    Pra Pembangunan Proses Pembangunan Pasca Pembangunan
  8. 8. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembangunan regional antara lain:      1. faktor hidrografi, sebagai peninjang secara langsung dalam kehidupan, menjamin pertanian, pembangkit tenaga, dan prasarana serta sarana komunikkasi transportasi. 2. faktor topografi, dalam hal ini tinggi rendahnya permukaan bumi setempat yang memberi landasan terhadap pembangunan yang akan dikembangkan di region yang bersangkutan. 3. faktor klimatologi, merupakan factor domiana yang berpengaruh terhadap gerak langkah manusia termasuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan regional dan nasional. 4. faktor flora dan fauna merupakan sumber daya hayati, contonya tumbuh-timbuhan, hutan, hewan di darat maupundi peraiaran yang menunjang pengembangan dan pembangunan region tersebut. 5. faktor kemungkinan pengembangan, merupakan faktor yang wajib diperhitungkan bagi masa depan mengingatpertumbuhan dan perkembangan penduduk dengan segala kebutuhannya yang tidak kunjung akan berhenti. Factor ini menunjang stabilitas kehidupan dengan pengembangan dan pembangunannya pada masa yang akan datang.
  9. 9. Perencanaan pembangunan yang ideal dilaksanakan memenuhi beberapa dimensi, yaitu :    a) Dimensi Substansi, artinya rencana pembangunan yang disusun dari sisi materinya harus sesuai dengan aspirasi dan tuntutan yang berkembang di masyarakat. b) Dimensi Proses, artinya proses penyusunan rencana pembangunan yang dilaksanakan memenuhi kriteria scientific (memenuhi kaidah keilmuan atau rational) dan demokrasi dalam pengambilan keputusan, c) Dimensi Konteks, artinya rencana pembangunan yang telah disusun benar-benar didasari oleh niat untuk mensejahterakan masyarakat dan bukan didasari oleh kepentingan-kepentingan tertentu,
  10. 10.       Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan beberapa hal yang dijabarkan sebagai berikut: Pembangunan regional adalah usaha meningkatkan kualitas kehidupan maupun kualitas lingkungan, sektor dan jangkauannya sangat luas. Konsep wilayah ada 4 yaitu, Wilayah Homogen, Wilayah Nodal,. Wilayah Administrasi, dan Wilayah Perencanaan Dalam pemerataan pembangunan jumlah dan penyebaran penduduk yang berbeda-beda di tiap region, bukan hanya menjadi masalah bagi region masing-masing, juga menjadi masalah bangsa dan Negara Indonesia. Kebijaksanaan pembangunan regional adalah segala usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan meningkatkan kualitas kehidupan dan kualitas lingkungan dalam region tersebut. Pelaksanaan pembangunan di Indonesia seharusnya berwawasan lingkungan. Artinya, pembangunan dalam suatu sektor kehidupan harus memperhatikan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu ada perencanaannya, yang wajib disertai analisis dampak lingkungan (AMDAL) dan analisis manfaat dan resiko terhadap lingkungan (AMRIL).
  11. 11. THANK YOU 

×