Mengenal komputer dan sejarahnya

1,332 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,332
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
23
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengenal komputer dan sejarahnya

  1. 1. KDIndikatorMateriPenyusunKeluar
  2. 2. KDIndikatorMateriPenyusunKeluarMengenal Komputer Dan Sejarahnya
  3. 3. KDIndikatorMateriPenyusunKeluarMendiskripsikan computer sebagai alat pengolah dataMendiskripsikan Sejarah Perkembangan KomputerMenunjukan Macam Macam Perangkat KerasMendiskripsikan fungsi Perangkat keras Dan LunakMendiskripsikan Operasi Dasar Menghidupkan DanMematikan Komputer
  4. 4. KDIndikatorMateriPenyusunKeluarPENGENALAN KOMPUTERPENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTERPENGENALAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTERMENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTERMENGHENTIKAN NOT RESPONDING PROGRAM
  5. 5. KDIndikatorMateriPenyusunKeluar
  6. 6. PENGENALAN KOMPUTERKomputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dariribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuksebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untukmelaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksiataupun program yang diberikan kepadanya.
  7. 7. 1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuahalat yang dapat membantu manusia dalam melakukanpenghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit.Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini dimusiumkan di Museum of Science London.1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuatdesign komputer digital elektronis pertama. Mereka memberinama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer).Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitungtambah dan pengurangan.
  8. 8. 1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yangbernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yangdibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatankomputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembuskode pertahanan Jerman.1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberinama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digitalpertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untukmenghitung probabilitas.
  9. 9. 1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konseppenyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuatkomputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebutadalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemukomputer digital.
  10. 10. ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistorukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saatpertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphiamendadak mati.ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIACtidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi jugadapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yangbernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan olehMauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemuTransistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputermenjadi semakin kecil.
  11. 11. a. KeyboardKeyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengankomputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagaimedia bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, sepertimenyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketikyang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang iniadalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboardsekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
  12. 12. b. MouseMouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursorsecara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
  13. 13. RAM (Random Access Memory) – MemoryRAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendekyaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsisebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan danmenyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadiinformasi.
  14. 14. Monitormonitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalahberupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambaryang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memilikiberbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitormemiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajamangambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangatberagam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yangtipis dengan layar datar (flat).
  15. 15. 1.Pastikan semua colokan komputer terpasang dengan benar.2.Cek apakah arus listrik ada atau tidak3.Colokkan kabel Listrik dari Stabiliser ke Arus Listrik ( jika ada)4.Colokkan kabel listrik dari monitor dan CPU ke jek (Colok)listrik5.Tekan Tombol Power pada Monitor kemudian pada CPU.6.Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai prosesbooting.7.Komputer siap dijalankan jika sudah keluar tampilan desktop.Untuk menghidupkan komputer langkahnya adalah;
  16. 16. 1.Untuk mematikannya langkahnya adalah;Matikan (close) semua program yang aktif pada komputer, Kliktombol Start2.Klik tombol Turn off computer3.lalu muncul tampilan dan pilih turn off computer ( untukwindows XP )4.dan tunggu hingga komputer sudah non aktif , lalu cabutcolok listriknya.
  17. 17. 1. Klik Start > All Programs > Accessories > WindowsPowershell ISEatau untuk langkah cepatnya langsung ketikkan "windowspoweshell" pada kotak pencarian menu Start lalu pilihWindows Powershell ISE2. Ketikkan perintah stop-process atau agar singkat bisajuga kill kemudian diikuti dengan perintah -processname.Sehingga lengkapnya seperti ini;kill -processname3. Selanjutnya, kita harus mengetahui nama program yangakan kita berhentikan. Jika kita ingin menghentikanWindows Explorer, maka perintah yang kita masukkan;kill -processname explorer lalu tekan Enter, dan programakan berhenti.

×