Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Geladi Telkom University di Telkom Akses Bandung

1,383 views

Published on

Slide ini digunakan untuk memenuhi presentasi akhir pada kegiatan geladi.

Published in: Data & Analytics
  • Be the first to comment

Geladi Telkom University di Telkom Akses Bandung

  1. 1. Geladi Telkom University 2015 PT. Telkom Akses Bandung Gusty Aditya Arrazaq (1101130027) Djatnika Muhammad Hilmy (1101130008)
  2. 2. Latar Belakang Perkembangan teknologi telekomunikasi terjadi sangat pesat di Indonesia. Penemuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi mampu menghasilkan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi searah maupun dua arah. Dimasa depan, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi diramalkan akan menjadi sektor yang paling dominan karena teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang lain. Mahasiswa Universitas Telkom memilih untuk melaksanakan geladi di PT. Telkom Akses karena perusahaan ini berperan dalam mempercepat proses pembangunan jaringan akses broadband, menerapkan lean operation concept sehingga proses bisnis berjalan lebih efektif dan efisien, memiliki tenaga ahli yang terampil dan kompeten di bidang konstruksi dan manage service jaringan akses broadband, memiliki continuity business process yang lebih terjamin, karena dikendalikan langsung oleh perusahaan induk secara efektif, memiliki capital management dan financing yang lebih kuat dan fleksible, karena didukung penuh oleh PT.Telekomunikasi Indonesia, mempunyai lebih dari 61 kantor perwakilan di seluruh Indonesia, dan memiliki kemampuan manage service end to end jaringan akses broadband baik untuk retail maupun corporate customer. Beberapa keunggulan PT. Telkom Akses tersebut yang menjadi alasan mahasiswa untuk melaksanakan geladi dan bekerja bersama dengan karyawan untuk dapat memahami kondisi dunia kerja dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi.
  3. 3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Geladi • 1 – 3 Juni 2015 PT. Telkom Akses Rajawali • 4 Juni 2015 Telkom Akses Centrum, Lembong PT. Telkom Akses Sadang Serang • 5 – 8 Juni 2015 PT. Telkom Akses Turangga • 9 – 10 Juli 2015 PT. Telkom Akses Rajawali
  4. 4. Pengertian FTTH FTTH merupakan suatu format penghantaran isyarat optik dari pusat provider (penyedia) ke kawasan pelanggan dengan menggunakan serat optik sebagai medium penghantaran. Arsitektur jaringan optik mulai dari central office atau yang lebih dikenal dengan STO hingga ke perangkat pelanggan. Gambar 2.1.1 Skema Fiber Optik secara umum
  5. 5. Jaringan FTTH FTTH atau Fiber To The Home merupakan jaringan arsitektur kabel optik, mulai sentral office (STO) hingga ke perangkat pelanggan. Gambar 2.2.1 Jaringan FTTH Keterangan : Segmen A : Segmen Feeder Segmen B : Segmen Distribusi Segmen C : Segmen Drop Segmen D : Segmen IKR ME : Metro Ethernet OLT : Optical Line Terminal ODF : Optical Distribution Frame OTP : Optical Termination Point ONT : Optical Network Termination Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menen tukan modus aplikasi FTTH, yaitu sebagai berikut : • Densitas pelanggan untuk saat ini dan masa mendatang. • Jenis layanan yang diperlukan untuk saat ini dan kemu ngkinan perkembangannya di masa mendatang Pembagian Modus Aplikasi FTTH: 1. Fiber To The Building 2. Fiber To The Home 3. Fiber To The Tower M E OLT ODF ODC ODP OTP ROSET fo fo fo Feeder Distribusi Drop Indoor Pathcord Pathcord A B DC DAF Segmen Segmen Segmen Segmen STB ONT
  6. 6. Konfigurasi FTTH Untuk menghubungkan perangkat ODF yang berada di sisi STO dan ODC digunakan kabel fiber optik yang biasa disebut kabel feeder. Kabel tersebut mempunyai kapasitas minimal 96 core dan baik digunakan untuk system duct. Konfigurasi pada kabel feeder harus memakai system backup, yaitu terminasi dapat di lakukan di ODF dan juga dapat dilakukan di ODC. Konfigurasi kabel feeder pada FTTH : • Konfigurasi Ring Konfigurasi ini digunakan apabila menginginkan sistem yang redundant dan kondisi geografis dilapangan memungkinkan untuk dibuat Jaringan Feeder berbentuk Ring. • Konfigurasi Bus Konfigurasi ini digunakan apabila kondisi lapangan tidak memungkinkan di desain menggunakan Ring. • Konfigurasi Star Konfigurasi ini mengkoneksikan semua kabel dari tiap ODP ke central point sebagai konsentrator yaitu ODC.
  7. 7. • Optical Distribution Point adalah salah satu bagian dari Optical Distribution Network (ODN). • ODN terdiri dari fiber optic dan passive splitters/couplers serta aksesoris lain seperti connector yang menjadikan elemen-elemen ODN terkoneksi.
  8. 8. Berikut adalah beberapa jenis ODP:  ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah.  ODP Wall dipasang pada dinding.  ODP Closure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang.  ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang. Letak ODP dengan rumah pelanggan jaraknya maksimal 150 meter, 50 meternya merupakan toleransi. Jarak drop tidak terlalu jauh untuk menghindari redaman yang teralu tinggi. ODP yang digunakan oleh pelanggan adalah ODP yang terdekat. Apabila tidak ditemukan tiang disekitar rumah pelanggan maka harus dilakukan pemasangan tiang terlebih dahulu. Terdapat beberapa kabel optik yang dihubungkan pada ODP, dapat dibedakan dengan warna-warnya yaitu: Biru, Orange, Hijau, Coklat, Abu, Putih, Merah, Hitam, Kuning, Ungu, Pink, Toska. Warna warna tersebut harus berurutan.
  9. 9. Diwilayah Kota Bandung saat ini pemasangan ODP Pole belum tersebar secara merata, Pada beberapa kasus pelayanan mengakibatkan pelanggan tidak mendapatkan fasilitas jaringan akses melalui optik, pelanggan hanya dapat menggunakan tembaga. Dilapangan yang terjadi adalah pemasangan ODP di Kota Bandung terpusat di beberapa titik seperti perumahan dan daerah sekitar perkantoran contohnya pemasangan ODP Pole di daerah Mega, Gunung Batu dan ODP Closure di daerah Turangga.
  10. 10. Contoh hasil dari pendataan letak Optical Distribution Point secara manual di beberapa wilayah Kota Bandung.
  11. 11. Kesimpulan Pemasangan Optical Distribution Point yang dilakukan PT. Telkom Akses telah sesuai dan didukung dengan beberapa pelatihan khusus bagi karyawan lapangan agar dapat bekerja dengan baik di lapangan kerja sehingga dapat terkoneksi secara lancar hingga kerumah pelanggan. Penggunaan ODP Closure dan ODP Pole adalah penggunan jenis ODP yang paling banyak ditemukan di wilayah Kota Bandung karena lebih sesuai dengan lingkungan yang ada.

×