Ivlp2011presentation

1,602 views

Published on

Program International Visitor Leadership Program (IVLP) telah dimulai sejak tahun 1940 dan dikembangkan sebagai wahana diplomasi melalui kegiatan pertukaran dan dialog. Melalui program ini pemerintah Amerika berupaya untuk membangun pemahaman bersama sekaligus memperkenalkan budaya Amerika kepada masyarakat global.

Khusus untuk program IVLP 2011*, pemerintah Amerika secara khusus mengembangkan tema “Social change trough the arts” dan mengundang sekitar 21 peserta dari 19 negara. Para peserta yang diundang adalah seniman, musisi, penulis, manajer dan para aktivis budaya yang mengembangkan kegiatan seni dan budaya untuk mendorong proses perubahan di negara masing-masing.

*Program IVLP 2011 diselenggarakan pada 19 Agustus s/d 12 September 2011.
Info: http://exchanges.state.gov/ivlp/ivlp.html

Published in: Education, Business, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,602
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
939
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ivlp2011presentation

  1. 1. International Visitor Leadership Program 2011: Art and Social ChangeOleh Gustaff H. Iskandar
  2. 2. Program International Visitor Leadership Program (IVLP) telah dimulaisejak tahun 1940 dan dikembangkan sebagai wahana diplomasimelalui kegiatan pertukaran dan dialog. Melalui program ini pemerintahAmerika berupaya untuk membangun pemahaman bersama sekaligusmemperkenalkan budaya Amerika kepada masyarakat global.Khusus untuk program IVLP 2011*, pemerintah Amerika secara khususmengembangkan tema “Social change trough the arts” danmengundang sekitar 21 peserta dari 19 negara. Para peserta yangdiundang adalah seniman, musisi, penulis, manajer dan para aktivisbudaya yang mengembangkan kegiatan seni dan budaya untukmendorong proses perubahan di negara masing-masing.*Program IVLP 2011 diselenggarakan pada 19 Agustus s/d 12 September 2011.Info: http://exchanges.state.gov/ivlp/ivlp.html
  3. 3. Minggu I: Washington DC
  4. 4. “Para seniman dan budayawan memiliki peran penting untuk mendorong terjadinya proses perubahan sosial, karena melalui karya mereka narasi serta semangat tentang perubahan itu dapat direkam dan diproyeksikan secara kongkrit.” - E. Ethelbert Miller (penulis dan aktivis literasi)(Info: http://www.eethelbertmiller.com/)
  5. 5. Pemerintah Amerika tidak memiliki kementerian khusus yang menangani program seni danbudaya. Di tingkat nasional mereka mengembangkan lembaga National Endowment for the Arts(NEA) yang memberi dukungan bagi organisasi/ asosiasi seni dan budaya. Setiap negara bagiandi Amerika biasanya memiliki kebijakan yang saling berbeda untuk mengembangkan programseni dan budaya. Selain itu, sektor privat juga didorong untuk secara aktif mendukung kegiatanseni dan budaya dengan imbalan insentif pajak dari pemerintah. (Info: http://www.nea.gov/)
  6. 6. National Gallery of Art adalah salah satucontoh museum yang dikelola olehpemerintah serta mendapatkan dukungan darimasyarakat dan sektor privat di Amerika.Museum ini dibuka untuk publik secara gratisselama 363 hari setiap tahun. Sebagian besarkoleksi museum disumbangkan olehmasyarakat dan perusahaan swasta.(Info: http://www.nga.gov/)
  7. 7. Bushboys and Poets adalah sebuah cafe, restoran, toko buku dan ruang pertunjukan teater/ puisi yangdidirikan oleh Anas "Andy" Shallal, penulis dan aktivis HAM yang merupakan seorang imigran dari Irak.Tempat ini merupakan ajang bertemunya para pelajar, mahasiswa/i, seniman, musisi, penulis, serta aktivis seni dan budaya yang mempromosikan HAM, perdamaian dan kebebasan sipil. (Info: http://www.busboysandpoets.com/)
  8. 8. Minggu II: New York
  9. 9. “Karya seni dan ekspresi budaya adalah sebuah meta-narasi yang mencerminkan kondisi dan situasi masyarakat kontemporer.” - Anne Pasternak (President and Artistic Director, CREATIVETIME NYC)(Info: http://www.creativetime.org/)
  10. 10. Di Kota New York, dunia seni dan budaya memiliki banyak lapisan dan dimensi.Selain merefleksikan kondisi dan situasi terkini dari perkembangan masyarakat kontemporer, seni dan budaya merupakan wahana yang mengekspresikan semangat kebebasan individu di Amerika. Selain itu, dunia seni dan budaya juga merupakan sebuah industri yang menggerakan roda ekonomi.
  11. 11. Diskusi bersama The Possibility Project, sebuah organisasi non-profit yang memanfaatkanpertunjukan teater sebagai wahana perubahan dan pembelajaran. Organisasi ini melibatkanpara pelajar muda untuk terlibat dalam pertunjukan teater yang merefleksikan berbagaipersoalan dan kondisi yang berasal dari kehidupan sehari-hari di kota New York. Beberapadiantara pelajar yang terlibat adalah mereka yang memiliki persoalan kekerasan domestik danberasal dari keluarga terlantar. (Info: http://the-possibility-project.org/)
  12. 12. Eyebeam Center NYC adalah sebuah contoh pusat kegiatan seni dan teknologi yang secaralangsung dikelola oleh lembaga seni dan budaya yang mendapat dukungan dari sektor privat.Sejak didirikan pada tahun 1997, Eyebeam Center banyak mengembangkan program pameran,workshop, penelitian, residensi dan pengembangan kegiatan yang berbasis pada proseseksperimentasi yang mempertemukan wilayah irisan antara seni dan teknologi.(Info: http://www.eyebeam.org/)
  13. 13. Minggu III: Austin, Texas
  14. 14. Ketika berkunjung ke Austin, kota ini tengah mengalami musim kering dengan suhu terpanasselama 80 tahun terakhir. Pemerintah setempat menetapkan kebijakan penghematan air untukmengatasi kekeringan di sana. Di beberapa wilayah kita dapat melihat banyak bangunan yangsecara khusus dididirikan untuk menampung air.
  15. 15. Kota Austin dikenal sebagai salah satu kota yang menjadi pusat perkembangan industri musikdi Amerika. Di kota ini pemerintah setempat memberi dukungan khusus pada organisasi/asosiasi seni dan budaya yang mengembangkan berbagai aktifitas seni untuk memperbaikikualitas hidup masyarakat setempat. Selain itu, kegiatan seni dan budaya juga dimanfaatkanuntuk merespon berbagai issue dan persoalan yang berkembang di masyarakat. Beberapadiantaranya adalah untuk mengentaskan masalah rasisme dan bullying di kalangan pelajarmuda. (Info: http://www.theatreactionproject.org/)
  16. 16. One World Theater adalah sebuah rumah tinggal pribadi yang dirombak menjadi gedungpertunjukan. Gedung ini dibangun dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dandikelola oleh pasangan suami istri Hartt dan Nada Stearns. Di tempat ini One World Theaterkerap menyuguhkan pertunjukan teater, konser musik, pameran seni, pemutaran film,workshop, diskusi, selain melayani penyelenggaraan acara perkawinan dan kegiatan keluarga.Selain itu mereka juga kerap menyelenggarakan kegiatan seni dan budaya yang berbasiskomunitas, anak dan remaja. (Info: http://www.oneworldtheatre.org/home.html)
  17. 17. Selain melalui dukungan pemerintah setempat, kegiatan seni dan budaya di kota Austin sertawilayah Texas secara keseluruhan ditopang oleh komunitas warga dan sektor privat. Seni danbudaya merupakan wahana yang merefleksikan keanekaragaman asal-usul, kompleksitassejarah, serta persoalan masyarakat yang tinggal di sana. Dukungan yang berasal daripemerintah dirancang dan disalurkan melalui lembaga Texas Comission on the Arts, organisasiyang dikelola oleh para profesional di bidang seni dan budaya yang memiliki latar belakangyang beragam. (Info: http://www.arts.state.tx.us/)
  18. 18. Minggu IV: Honolulu
  19. 19. Kegiatan seni dan budaya di Honolulu memiliki fungsi dan posisi yang bermacam-macam.Selain sebagai wahana preservasi dan pengembangan identitas masyarakat lokal, kegiatanseni dan budaya juga dikembangkan untuk kegiatan ritual keagamaan, industri pariwisata,preservasi lingkungan hidup, kampanye sosial, dsb. Selain dukungan pemerintah, kegiatan senidan budaya di Honolulu serta kepulauan Hawaii secara keseluruhan juga banyak yangdikembangkan oleh komunitas masyarakat dan sektor privat.
  20. 20. T-Shirt Theater adalah sebuah kelompok teater yang menjadi wadah pengembangan potensikreativitas bagi anak muda di kota Honolulu. Kelompok ini secara khusus merespon berbagaikondisi dan persoalan sosial yang secara langsung dialami oleh masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja. Sebagian besar naskah teater yang mereka tulis dan tampilkan berasal dariberbagai persoalan dan situasi yang secara langsung dialami dalam kehidupan sehari-hari.(Info: http://www.rehearseforlife.com/TST_home.htm)
  21. 21. Kegiatan seni dan budaya yang berorientasi pada proses edukasi dan pengembangan ekspresiartistik yang memberi inspirasi bagi proses perubahan sosial dapat menjadi sarana untukmerayakan kekayaan budaya. Keberagaman wilayah geografis, kelompok etnis, dan agamayang berbeda-beda di Amerika Serikat menjadi komponen yang membuat ranah seni danbudaya semakin kaya dan efektif untuk mempromosikan sikap perdamaian, toleransi serta nilai-nilai kemanusiaan lengkap dengan segala persoalan dan kompleksitasnya.
  22. 22. Mahalo!Mulai dari sisi kiri baris teratas:Ms. Margot Fox, Ms. Alma R. Candelaria, Ms. Usha Balakrishnan, Ms. Trinh Nguyen, Shaibu Husseini (Nigeria),Jeffrey Tan (Singapore), Guy Gutman (Israel), Paul Ndunguru (Tanzania), Abdelmoneim RMDAN (Sudan),Muhammad Sulaiman (Nigeria), Timor Shah Hakimyar (Afghanistan), Sanjay Kumar (India), Enaam Ahmed Al Lawati(Oman), Mariana Munguia Matute (Mexico), Gustaff H. Iskandar (Indonesia), Ivan Diaz Rrobledo (Mexico), GeorgeOnyango Orido (Kenya), Nguyen Lan Phuong (Vietnam), Abdullah Bin Mohammed (Saudi Arabia), Ala MohammadIkhmaes (Jordan), Samson Subhash Madella (India), Niamh Ni Chonchubhair (Ireland), Billy Eliazar Ochoa Sanchez(Guatemala), Laslo Blaskovic (Serbia) & Ashit Kumar Mitra (Bangladesh).

×