Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Cara kerja monitor

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Cara kerja monitor

  1. 1. CARA KERJA MONITORCRTPrinsip kerja monitor CRT (Cathode Ray Tube) adalah elektron ditembakkan dari belakang tabunggambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memilikikemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuatyang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisanberpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut,terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitascahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.Teorinya, untuk membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri kekanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yangtelah diatur. Proses tersebut terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar, dan ketikatelah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untukmenghasilkan gambar yang berbeda. Makanya kita dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak dilayar televisi atawa monitor.LCDCara Kerjanya adalah sebagai berikkut. Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap pixel terdiri atas tigabuah cell kristal cair. Setiap ketiga cell tersebut memiliki filter merah, hijau, atau biru (Red-Green-Blue/RGB). Sinar yang melewati cell yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang Anda lihatpada LCD. Kadang-kadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu cell atau lebih tidak berjalandengan baik. Kejadian tersebut menimbulkan adanya pixel yang gelap dan “rusak” yang sering disebutsebagai dead pixel.Hampir semua LCD berwarna modern menggunakan sebuah transistor film yang tipis (Thin-FilmTransistor/TFT), yang dikenal sebagai active matrix, untuk menghidupkan setiap cell. LCD TFTmenciptakan citra yang lebih jelas, jernih dan terang. Teknologi LCD terdahulu sangat lambat, kurangefisien, dan kontrasnya sangat rendah. Teknologi matriks terdahulu, passive-matrix, mampumenampilkan teks yang jelas tetapi meninggalkan bayangan jika tampilan berubah dalam waktu cepat,sehingga tidak optimal untuk video.
  2. 2. PLASMATeknologi ini menggunakan gas neon/xenon yang diapit dua lapisan pelat kaca. Kejutan listrikdimasukkan ke lapisan gas, yang langsung memberi reaksi berupa penciptaan elemen gambar (disebutsebagai pixel). Proses penciptaan gambar dilakukan langsung, tanpa diurai memakai proses lain sepertiCRT atau RPTV. Tentu ini membuat kualitas gambar juga jadi lebih bagus.Komponen penghasil gambarnya adalah DLP. DLP inilah yang menangkap sinyal atau input berupagambar/image dasar, berupa warna merah (red), abu-abu (grey) dan hitam (black). Warna RGBkemudian dipisahkan oleh roda warna, dan kemudian dipantulkan oleh gas phospor. Yangmempertemukan tiga warna (RGB) adalah mata kita. Pada plasma televisi, gas phospor akanmengeluarkan sinar ultraviolet bilamana dipanaskan oleh sinyal listrik. Sinar ultraviolet itulah yangkemudian menampilkan gambar di layar.TouchscreenSecara sederhana, cara kerja sebuah layar sentuh adalah menerjemahkan sentuhan yang diterima padapermukaan layar menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tertentu yangsesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Sebenarnya bukan gambar tersebut yang memicueksekusi perintah, tetapi koordinat dari sentuhanlah yang memicu eksekusi perintah. Jadi kira-kiralogikanya seperti ini : "Jika koordinat = (x,y) maka kerjakan perintah X".OLEDLED iti sendiri menggunakan cahaya pancaran diode (Light Emitting Diode) sebagai sumber cahayatelevisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni.Warna hitam akan menajdi benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu, dan warna LED lebih realisticdibandingkan monitor LCD. Monitor LED memiliki kontras rasio 500,000:1, juga refresh rate yang tinggi.

×