Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt minyak bumi

828 views

Published on

PPT MINYAK BUMI

Published in: Education
  • Be the first to comment

Ppt minyak bumi

  1. 1. MINYAK BUMI
  2. 2. PROSES PEMBENTUKAN MINYAK BUMI KOMPOSISI MINYAK BUMI PENGOLAHAN MINYAK BUMI HASIL PENGOLAHAN MINYAK BUMI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MINYAK BUMI MANFAAT PENGGUNAAN MINYAK BUM
  3. 3. PROSES PEMBENTUKAN MINYAK BUMI
  4. 4. Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terperangkap di antara lapisan-lapisan kulit bumi. Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Sehingga kita harus melakukan penghematan dan berusaha mencari sumber energi alternatif.
  5. 5. Gambar Proses Pembentukan Minyak Bumi 1 2 3 4
  6. 6. Komposisi Minyak Bumi
  7. 7. Hidrokarbon Jenuh (alkana) - Keberadaan rantai lurus sebagai komponen utama (terbanyak) - Sedangkan rantai bercabang lebih sedikit - Senyawa penyusun diantaranya: Metana , Etana , Propana, Butana , n-heptana Hidrokarbon Tak Jenuh (alkena) - Keberadaannya hanya sedikit - Senyawa penyusunnya: etena, propena butena Jenuh berantai siklik (sikloalkana) Senyawa penyusunnya : Hidrokarbon aromatik -Senyawa penyusunannya:
  8. 8. Skema Penyulingan Minyak bumi (Proses Distilasi)
  9. 9. Proses Distilasi, yaitu proses penyulingan berdasarkan perbedaan titik didih; Proses ini berlangsung di Kolom Distilasi. Atmosferik dan Kolom Destilasi Vakum. 1 • Minyak mentah dipanaskan dengan suhu sekitar 4000C. Komponen yang titik didihnya lebih tinggi akan tetap berupa cairan dan mengalir turun ke bawah, sedangkan yang titik didihnya lebih rendah akan menguap naik ke atas melalui sungkup-sungkup yang disebut sungkup gelembung 2 • Semakin ke atas suhu di dalam menara fraksionasi itu semakin rendah. Dengan demikian, setiap kali komponen dengan titik didih lebih tinggi naik, akan mengembun dan terpisah, sedangkan komponen dengan titik didih lebih rendah akan terus naik ke bagian yang lebih atas lagi. 3 • Begitulah seterusnya, sehingga komponen yang paling atas itu berupa gas yang merupakan komponen pada suhu kamar. Contoh : Gas Petroleum
  10. 10. Proses Konversi Proses Konversi, yaitu proses untuk mengubah ukuran dan struktur senyawa hidrokarbon. Proses Pengolahan (treatment) Proses ini dimaksudkan untuk menyiapkan fraksi-fraksi hidrokarbon untuk diolah lebih lanjut, juga untuk diolah menjadi produk akhir. Formulasi & Pencampuran (blending) Proses pencampuran fraksi-fraksi hidrokarbon dan penambahan bahan aditif untuk mendapatkan produk akhir dengan spesikasi tertentu. Contoh: pencampuran TEL dengan bensin untuk memperoleh kualitas bensin yang baik.
  11. 11. Hasil Pengolahan Minyak Bumi
  12. 12. LPG LPG (Liquified Petroleum Gas) adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana C3H8 dan butana C4H10. Sifat elpiji adalah sebagai berikut: - Cairan dan gasnya sangat mudah terbakar - Cairan dapat menguap jika dilepas dan menyebar dengan cepat. - Gas ini lebih berat dibanding udara sehingga akan banyak menempati daerah yang rendah.
  13. 13. Bilangan oktan = (% isooktana x100) + (%n-heptanax100)
  14. 14. Minyak tanah ( kerosin ) Kerosin adalah cairan hidrokarbon yang tidak berwarna dan mudah terbakar , kerosin memiliki titik didih 1500C sampai 2750C .rantai karbonnya dari C12-C15 . Solar solar adalah fraksi minyak bumi dengan titik didih antara 250-340 derajat celcius .minyak solar digunakan sebagai bahan bakar kendaraan yang menggunakan diesel . Pelumas Pelumas adalah zat kimia yang berupa cairan, yang kemudian diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan.
  15. 15. Lilin Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Bahan bakar yang digunakan adalah paraffin. Minyak bakar Minyak bakar adalah hasil distilasi dari penyulingan minyak tetapi belum membentuk residu akhir dari proses penyulingan itu sendiri. Biasanya warna dari minyak bakar ini adalah hitam chrom. Selain itu minyak bakar lebih pekat dibandingkan dengan minyak diesel. Aspal Aspal ialah bahan hidrokarbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang
  16. 16. Efek rumah kaca (greenhouse effect ) Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.sehingga suhu panas bumi semakin meningkat Diartikan sebagai hujan dengan pH di bawah 5,7. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan permukaan air yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman.
  17. 17. Manfaat sebagai Bahan Baku Industri Petrokimia Petrokimia adalah bahan-bahan atau produk yang dihasilkan dari minyak dan gas bumi. Bahan-bahan petrokimia tersebut dapat digolongkan ke dalam plastik, serat sintetis, karet sintetis, pestisida, detergen, pelarut, pupuk, berbagai jenis obat maupun vitamin. Terdapat tiga bahan dasar yang digunakan dalam industri petrokimia, yaitu olefin, aromatika, dan gas sintetis (syn-gas). Untuk memperoleh produk petrokimia dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: a. Mengubah minyak dan gas bumi menjadi bahan dasar petrokimia. b. Mengubah bahan dasar menjadi produk antara. c. Mengubah produk antara menjadi produk akhir.
  18. 18. Manfaat Sebagai Bahan Bakar Sebagian besar produk minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar, baik bahan bakar di rumah tangga, industri maupun bahan bakar kendaraan. Bahan bakar minyak yang digunakan di rumah tangga adalah minyak tanah dan gas elpiji.
  19. 19. Manfaat dalam hal Estetika
  20. 20. Manfaat dari Segi Perdagangan • Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini. • Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti layaknya bensin, petroleum eter (minyak tanah), gas elpiji, minyak pelumas, lilin, dan juga aspal.

×