02 pengantar hardware

388 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
388
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

02 pengantar hardware

  1. 1. -1- Pengenalan perangkat keras BAB I PENGANTAR PERANGKAT KERAS KOMPUTER Bab ini membahas tentang struktur dasar komputer yang meliputi unit dasar yang membentuk sistem komputer, dan jenis-jenis komputer yang ada. 1.1 STRUKTUR DASAR KOMPUTER Sistem komputer terdiri dari sejumlah sub komponen system yang berbeda, dan bekerja bersama-sama untuk membentuk suatu proses kalkulasi dan pengerjaan suatu tugas tertentu. Contoh aplikasi yang dapat dikerjakan oleh sistem komputer yaitu menjalankan program spesifik seperti program pembayaran gaji karyawan (payrolls), mengontrol mesin dalam mobil, menerbangkan pesawat atau memungkinkan pemakai untuk bermain game dengan komputer, dan lainnya. Sistem Komputer mempunyai banyak variasi dan jenis, meliputi ukuran, biaya dan kekuatan, tergantung pada pekerjaan dan tugas yang harus diselesaikan. Pembahasan materi yang diberikan akan difokuskan pada system komputer pribadi (personal computer systems), yang sesuai untuk penggunaan bisnis skala kecil dan penggunaan PC di rumah. Penjelasan berikut ini m enunjukkan system PC pada umumnya : Gambar 1.1 : Sistem Komputer Dasar ( Monitor, base unit dan keyboard)
  2. 2. -2- Pengenalan perangkat keras • Unit Dasar / Base Unit Unit dasar dari system komputer adalah motherboard, yaitu alokasi penempatan dari penyimpanan memory komputer (dikenal sebagai RAM) dan CPU (Central Processing Unit). RAM menangani program dan data. Semakin besar ukuran RAM, maka semakin kompleks program yang dapat dijalankan, dan lebih banyak data yang bisa diolah. RAM diukur dalam satuan Megabytes (satu MB = 1 juta karakter). floppy drive dan hard drive adalah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen. Floppy drive mendukung removable media disk, dimana user dapat berpindah menggunakannya pada system komputer yang l in. Hard drive tergolong non-removable media disk a karena bersifat permanen (tidak mudah berpindah). Floppy drives mendukung penyimpanan data sampai 1.44MB data, sementara fixed disks (hard drive) dapat mendukung penyimpanan data sampai ukuran GigaByte (GB) dimana 1 GB = 1000 MB = 1 milyar karakter. • CPU adalah peralatan yang digunakan untuk menjalankan semua program dan mengolah data. Seperti halnya mesin motor pada mobil, yang mengerjakan semuanya, dan membuat motor dapat berjalan. • Keyboard Keyboards me mungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer. Contoh gambar sebuah keyboard. • Monitor Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan
  3. 3. -3- Pengenalan perangkat keras lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inch), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). o Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering). • Mouse Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang dimasukkan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor.
  4. 4. -4- Pengenalan perangkat keras • Printer Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. mencetak Juga teknologi yang digunakan untuk informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer. • Modem Modem adalah peralatan yang menghubungkan system komputer dengan system komputer yang lain. Modem menggunakan line telpon untuk melakukan hal itu, kemudian melakukan dial ke komputer lain melalui telpon. Modem mengkonversi sinyal komputer sehingga dapat dilewatkan melalui saluran telpon. Modem ada dua jenis yaitu eksternal (di luar) dan internal (ditempatkan dalam base unit). Model eksternal seperti gambar disamping, dihubungkan ke base unit melalui kabel. Perlengkapan Elektrik yang diperlukan untuk sebuah Sistem Komputer Sistem Komputer Personal (PC) terdiri dari peralatan berikut : • • • • • • keyboard monitor unit dasar (base unit) peralatan pendukung printer mouse
  5. 5. -5- Pengenalan perangkat keras Agar system komputer dapat berfungsi dengan baik, maka semua peralatan harus dihubungkan dengan benar. Koneksi diantara sub komponen selalu dilakukan pada saat power supply dimatikan, untuk mencegah kerusakan terhadap komponen dari system komputer. Koneksi Unit Dasar (Base Unit Connections) Berikut ini adalah koneksi yang dilakukan terhadap Sistem Unit Dasar (base system unit): • Kabel power antara unit dasar dan power supply. • Kabel power antara unit dasar dan monitor (seringkali dipisahkan) • Penghubung keyboard • Penghubung video monitor • Penghubung mouse 1.2. JENIS-JENIS KOMPUTER Kebanyakan dari kita bekerja pada PC atau mikrokomputer. Padahal ada beberapa tipe komputer lain selain PC. Pada bagian ini akan dijelaskan bermacam tipe dari komputer, dan detail cara kerjanya. 1.2.1. Super Computer Super Computer didesain secara khusus, dan merupakan suatu mesin yang sangat mahal. Pertama kali dikembangkan di bidang militer dan pemerintahan. Mesin ini dapat menganalisa dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat. Para peneliti menyebutnya sebagai ‘temuan terbesar pada bidang ilmu pengetahuan’. Pada bidang bisnis, komputer jenis ini dapat membaca dan mengartikan suatu pola dalam sejumlah data yang besar.
  6. 6. -6- Pengenalan perangkat keras 1.2.2. Mainframe Computer Komputer yang pertama kali digunakan dalam suatu perusahaan besar disebut mainframe. Merupakan suatu jenis komputer yang sangat besar dan mahal, dan secara luas digunakan untuk banyak pekerjaan yang ada dalam perusahaan. Gambar 1.2 : Komputer Mainframe 1.2.3. Mini Computer Komputer mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk membuat komputasi lebih tersedia, dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe yang disebut dengan minicomputer, yang dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini digunakan lebih luas daripada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaan.
  7. 7. -7- Pengenalan perangkat keras Gambar 1.3 : Minicomputer Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer. 1.2.4. Personal Computer dan Dumb terminal Pada banyak kasus, komputer-kompuer saling terhubung dalam ratusan hingga ribuan terminal dimana seseorang pada terminal tersebut dapat memasukkan dan menampilkan data. Terminal-terminal ini mempunyai keyboard dan layar monitor seperti halnya PC, tapi tidak memiliki kelengkapan komponen seperti halnya PC. Semua data dikirim ke komputer yang terhubung untuk tujuan pengolahan. Komputer jenis ini dinamakan dengan dumb terminal, karena tidak memiliki fungsi seperti halnya PC jika tidak terhubung ke komputer lain.
  8. 8. -8- Pengenalan perangkat keras Gambar 1.4 : Sebuah Personal Computer Dumb terminal contohnya digunakan pada Airport untuk mengecek jadwal penerbangan dan memesan tiket. 1.2.5. Portable Computer Portable computer adalah ukuran komputer yang lebih kecil sehingga mudah dibawa dengan kemampuan yang sama atau lebih powerful. Yang termasuk dalam jenis portable computer adalah Notebook, Laptop, dan handheld computer. Keuntungan utama penggunaan portable computer adalah tidak harus digunakannya pada tempat yang sama sepanjang waktu, karena komputer jenis ini mudah dibawa kemana saja. Komputer Notebook/Laptop cukup muat untuk dimasukkan dalam tas dan dapat dijalankan dengan battery. Dapat juga dihubungkan dengan modem ke sehingga dapat mengakses LAN atau Internet. Handheld computer didesain untuk dapat diintegrasikan dengan sistem desktop, sehingga peralatan ini dapat dengan mudah mengambil data dan berkomunikasi lewat sambungan telpon. Dikarenakan ukurannya yang kecil maka untuk inputnya digunakan stylus. Stylus dapat digunakan untuk memilih perintah dan mengklik tombol. Dalam beberapa sistem, stylus dapat juga digunakan untuk menulis di layar. Dengan input yang ditulis lewat monitor, tulisan tangan dapat dikenali dan dikonversi ke dalam teks komputer.
  9. 9. -9- Pengenalan perangkat keras 1.2.6. Network Computer Dengan semakin populernya komputasi jaringan, pada saat sekarang nilai biaya dari komputasi dapat direduksi dengan merubah peralatan yang digunakan oleh user. Daripada menggunakan banyak PC yang mahal, lebih baik menggunakan peralatan yang lebih murah yang disusun dalam suatu jaringan komputer. Peralatan jaringan hanya menjalankan program dan mengakses data yang disimpan pada komputer yang terhubung dengannya – yang disebut dengan server. Perbedaan komputer yang terhubung server dengan dumb terminal adalah bahwa komputer jaringan dapat menjalankan program dan memproses data yang disediakan oleh server.

×