Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Materi Pembinaan Homiletika

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

Materi Pembinaan Homiletika

  1. 1. ------------------------------------------- 27 November 2010 ------ ------------------------------------------------------- Khotbah - Tujuan Pelatihan Khotbah: Mengetahui tehnik-tehnik dasar dalam menemukan pesan Persiapan → Penyampaian dalam teks Alkitab (penafsiran Alkitab)------------------------------------------- - Mengetahui tehnik-tehnik dasar dalam mengaitkan pesan ------ yang ditemukan dalam teks Alkitab dengan pergumulan kehidupan masa kini (aplikasi) - Mampu menyusun naskah khotbah - Mampu menyampaikan khotbah di hadapan jemaat Apa itu Khotbah? Secara sederhana, khotbah / pemberitaan firman dapat diartikan sebagai “berkata-kata tentang apa kata Tuhan” sebagai penyataan kehadiran Tuhan di tengah kehidupan umat. Tujuan Khotbah? Tujuan utama pemberitaan firman / khotbah adalah supaya setiap orang yang mendengar mengalami perjumpaan dengan Tuhan, yang kemudian mengubah kehidupan umat (transformasi diri: bnd. Kisah Para Rasul 14:151). Proses Ber-Khotbah 1. Menemukan (menafsir) pesan yang terkandung dalam teks Alkitab (baca: kehendak Tuhan) 2. Menemukan makna pesan (aplikasi) yang terkandung dalam teks Alkitab (kehendak Tuhan) untuk kehidupan masa kini. 1 --------------------------------------------------------------------------------- Kisah 14:15 “Kami ada di sini untuk memberitakan Injil kepada kamu, supaya kamu meninggalkan perbuatan sia-sia ini dan berbalik kepada Allah yang hidup, Kursus Khotbah, GKPI Jemaat Menteng yang telah menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.”
  2. 2. 3. Merencanakan dan menyusun naskah khotbah (kerangka / umat pilihan Allah struktur khotbah) - Sejarah bangsa-bangsa 4. Menyampaikan khotbah besar di dunia (Israel, Arab, ¤ Mempersiapkan Khotbah ¤ - dll.) Tokoh-tokoh: Abraham, Iskak, Yakub, 12 suku Israel 3. Masa di Mesir dan di - Yusuf mati “Persiapan diri itu sangat penting, bahkan yang Padang Gurun - Israel tertindas di Mesir terpenting! Ketika seorang pengkhotbah - Penyelamatan Allah gagal melalui Musa dalam mempersiapkan diri dengan baik, maka peristiwa Keluaran sesungguhnya dengan baik pula ia - Perjalanan 40 tahun di mempersiapkan untuk gagal dalam padang gurun penyampaian firman” 4. Masa Pendudukan Tanah - Yosua: Penaklukan tanah Kanaan Kanaan – tanah Perjanjian - Perjumpaan dengan suku bangsa asing dengan 1. MENEMUKAN DAN MEMAHAMI PESAN FIRMAN TUHAN DALAM TEKS ALKITAB (PENAFSIRAN ALKITAB) berbagai tradisi, adat dan iman yang lainTantangan: - Mempertahankan tanahFirman Allah memiliki makna dan pesan khusus bagi kehidupan umat Kanaan dari serangan pada waktu itu untuk menunjukkan Jalan, Kebenaran, Keselamatan bangsa lain (kehadiran dan Kehidupan. Hakim-hakim) 5. Masa Raja-raja - Muncul keinginan untukTugas Pengkhotbah: menjadi seperti bangsa Menangkap makna pesan firman Tuhan lain yang mempunyai raja yang ada di dalam teks Alkitab (sistem Kerajaan Israel) - Raja-raja besar Israel: Saul, Daud, Salomo SURVEY PERJANJIAN LAMA - Masa kejayaan Israel Periode Alkitab Latar Belakang Umum 6. Masa Kerajaan Israel - Salomo mati 1. Masa Penciptaan - Allah menciptakan segala terpecah dua: Israel - Israel terpecah menjadi 2 sesuatunya baik adanya Utara & Israel Selatan - Kejatuhan manusia ke 7. Masa Pra-Pembuangan - Kemerosotan moral Israel dalam dosa - Muncul Nabi-nabi: “Tobat 2. Masa Bapa Leluhur Israel - Cikal bakal Israel sebagai atau dihukum”
  3. 3. 8. Masa Pembuangan - Israel di hukum Tuhan - Pengharapan akan dengan peristiwa kedatangan kembali pembuangan Tuhan Yesus. - Muncul Nabi-nabi: “Tobat 2. MENEMUKAN DAN MEMAHAMI MAKNA PESAN maka kita akan dipulihkan” FIRMAN TUHAN BAGI KEHIDUPAN KITA DI MASA KINI9. Masa Pasca- - Israel diizinkan pulang ke (APLIKASI) Pembuangan tanah Perjanjian Tantangan: - Pembangunan kembali Israel (tembok Yerusalem, Tuhan tetap berbicara kepada kita di masa kini melalui firman-Nya Bait Allah) untuk menunjukkan Jalan, Kebenaran, Keselamatan dan Kehidupan. - Pemaknaan kembali akan Tugas Pengkhotbah: Hukum Taurat bagi Menemukan apa yang Tuhan kehendaki kehidupan Israel untuk kita lakukan dalam kehidupan saat ini SURVEY PERJANJIAN BARU 3. MERENCANAKAN STRUKTUR / KERANGKA KHOTBAH & Periode Alkitab Latar Belakang Umum MENYUSUN NASKAH KHOTBAH1. Masa Karya Pelayanan - Injil-injil Yesus - Berhadapan dengan adat • Bagaimana kita mengawali / membuka khotbah? dan tradisi Yahudi dan - Menceritakan sesuatu? (ilustrasi, sejarah, hasil bacaan) penafsiran akan Hukum - Membuka dengan hal yang berhubungan dengan seni? (lagu, Taurat yang membelenggu puisi, dll) kehidupan bangsa Israel - Membuka dengan mengangkat suatu masalah atau - Kabar Baik dari Yesus tanggapan kritis terhadap sesuatu? - Karya Penyelamatan - Membuka khotbah dengan pernyataan yang mengejutkan? Kristus bagi umat manusia2. Masa Karya Pelayanan - Sejarah pembentukan • Bagaimana kita menceritakan kembali inti pesan firman Tuhan Rasul-rasul – jemaat mula-mula dalam teks Alkitab? Pergumulan Jemaat - Pergumulan orang-orang - Tafsirkan apa yang perlu ditafsirkan secara jelas dan menarik Mula-mula Kristen Yahudi dan Kristen (tidak semua hasil penemuan kita dalam persiapan khotbah – Non-Yahudi penafsiran - perlu disampaikan dalam khotbah) - Berhadapan dengan tradisi - Memahami suatu teks dengan ‘cara baru’ dan adat istiadat dan - Penggambaran dan daya imajinasi dalam menafsir suatu teks agama / sistem kepercayaan masyarakat sekitar yang belum percaya.
  4. 4. Bagaimana kita menerapkan pesan firman Tuhan dalam konteks• kita di masa kini? ¤ Menyampaikan Khotbah ¤ - Prinsip “SW” – So What? Apa hubungan firman Tuhan dengan hidup saya, pendengar khotbah “Menurut saya khotbah yang baik itu adalah - Prinsip “YBW” – Yes, But How? Iya, tahu .. harus begitu, tapi khotbah yang bisa menarik minat jemaat tolong bantu saya untuk menerapkan isi firman itu dalam untuk mendengarkan. Dan kalau bisa cerita situasi pergumulan saya. khotbah yang dianggap ‘gak menarik bagi jemaat bisa dibuat lebih menarik. Tidak• Hal apa yang perlu dikaji lebih mendalam? bertele-tele, itu yang penting. Percuma dong - Misal: “Mari kita miliki iman seperti Abraham” khotbahnya panjang-panjang tapi jemaatnya - --- Kaji lebih jauh: Mengapa seseorang ‘kesulitan sampai pada cuma nunggu kata ‘Amin’ ” titik iman seperti Abraham? - --- Kaji lebih jauh: Apa yang bisa kita lakukan agar bisa sampai pada titik iman seperti Abraham? 1. KUASAI NASKAH KHOTBAH YANG AKAN• Ilustrasi atau bahan lain apa yang dapat menguatkan pesan DISAMPAIKAN firman Tuhan ketika berkhotbah? Tujuan: - Prinsip: Ceritakan kembali ilustrasi atau bahan yang kita Supaya kita tidak terpaku pada teks khotbah kita dapat dengan bahasa / gaya kita sendiri Cara:• Bagaimana kita menyimpulkan apa yang menjadi kehendak Tuhan Pelajari naskah khotbah sebaik mungkin, baca berulang-ulang berdasarkan firman-Nya itu? dan berlatih menyampaikan khotbah itu. 2. KUASAI AUDIENCE (JEMAAT SEBAGAI PENDENGAR KHOTBAH) Tujuan: Supaya pesan firman Tuhan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik Cara: Kontak mata dengan jemaat, ekspresi wajah dan gerak-gerik yang mendukung, vokalisasi jelas. Berlatih.
  5. 5. Jangan Mau Jadi Paku, Jadilah Palu, Harvest Private Publishing 3. KUASAI MANAGEMEN WAKTU KETIKA MENYAMPAIKAN KHOTBAH LATIHAN KHOTBAHTujuan: Supaya khotbah tidak menjemukan karena muter-muter Kelompok 1: atau terlalu lama di salah satu bagian tertentu. - Kejadian 21:22-34 (Perjanjian Abraham – Abimelekh)Cara: - Hakim-hakim 11:1—1 (Yefta dan Gilead)Perkirakan waktu yang akan digunakan: 20 menit = 3+7+7+3 ... Amin. - Nehemia 2:11-20 (Tekad untuk membangun kembali Tembok Yerusalem) - Yesaya 43:1-7 (Allah adalah satu-satunya Penebus) Kelompok 2: - Mazmur 1:1-6 (Jalan orang benar dan jalan orang fasik) - Mazmur 63:1-9 (Kerinduan kepada Allah) - Mazmur 126:1-6 (Pengharapan di tengah penderitaan) - Mazmur 128:1-6 (Berkat atas rumah tangga) Kelompok 3: - Matius 18:21-35 (Perumpamaan tentang pengampunan) BEBERAPA REFERENSI BUKU - Lukas 19:1-10 (Zakheus) - Lukas 17:11-19 (Sepuluh orang kusta)Tafsiran: - Yohanes 2:1-11 (Perkawinan di Kana)William Barclay, Pemahaman Alkitab Setiap Hari, BPK Gunung MuliaEnsiklopedi Alkitab Masa Kini, Yayasan Komunikasi Bina KasihF. L. Bakker, Sejarah Kerajaan Allah (PL & PB), BPK Gunung Mulia Kelompok 4Intisari Alkitab (PL & PB), Persekutuan Pembaca Alkitab - Roma 14:13-23 (Jangan memberi batu sandungan) - Efesus 4:17-32 (Manusia baru)Ilustrasi: - II Timotius 3:10-17 ( Iman bertumbuh dalam penganiayaanBrian Cavanough, Rangkaian Kisah Bermakna (6 Jilid), Kanisius dan pembacaan Kitab Suci)1500 Cerita Bermakna - Galatia 6:1-10 (Saling membantulah kamu)R. Kent Hughes, 1001 Kisah Inspirasi dan Kutipan, Interaksa

×