Sistem informasi

336 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
336
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
50
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sistem informasi

  1. 1. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERKonsep Dasar Sistem Sistem didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiridari dua atau lebih komponen atau subsistem yangberinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yangtertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen(components), batas sistem (boundary), lingkungan luar sistem(environments), penghubung (interface), masukan(input), keluaran (output), pengolah (process) dan sasaran(objectives) atau tujuan (goal).
  2. 2. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERKlasifikasi SistemSistem dapat dilkarifikasikan dari beberapa sudutpandang yaitu sbb :1. Sistem abstrak dan sistem fisikSistem abstrak berupa pemikiran ide atau konsep yangtidak tampak secara fisik contohnya sistem teologi(ketuhanan). Sedangkan sistem fisik merupakan sistemyang ada secara fisik, contohnya sistem komputer.
  3. 3. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER2. Sistem alamiah dan sistem buatan manusiaSistem alamiah adalah sistem yang terjadi karenaproses alam tanpa ada campur tanganmanusia, Sedangkan sistem buatan manusia adalahsistem yang dirancang atau dibuat oleh manusia
  4. 4. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER3. Sistem tertentu dan sistem tidak tentuSistem deterministic beroperasi dalam cara yangdapat diramalkan atau diprediksi. Sistemprobabilistic adalah sistem yang memiliki perilakuyang mungkin, sehingga sulit untuk diprediksikan.
  5. 5. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER4. Sistem tertutup dan sistem terbukaSistem tertutup adalah sistem yang tidak dapatberhubungan dengan lingkungan luarnya.Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yangberhubungan dan terpengaruh dengan lingkunganluarnya.
  6. 6. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER
  7. 7. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERSistem Berbasis Komputer Sistem berbasis komputer adalah sistem yangkomponen atau subsistemnya terdiri daria) Orangb) Perangkat keras (hardware) komputerc) Perangkat lunak (software) komputerd) Basis datae) Prosedurf) Dokumentasi
  8. 8. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERSistem Informasia. Siklus Informasi Data merupakan bentuk yang masih mentah, sehingga perludiolah lebih lanjut. Data diolah melelui suatu model untukmenghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbolsemacam huruf-huruf atau, angka-angka,suara, sinyal, gambar dan sebagainya. Data yang diolah melalui suatu model menjadiinformasi, penerima kemudian menerima informasitersebut, membuat suatu keputusan dan melakukantindakan, yang berani menghasilkan suatu tindakan yang lainyang akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebutakan ditangkap sebagai input, diproses kembali lewat suatumodel dan seterusnya membentuk suatu siklus. Siklus ini olehJohn Burch disebut dengan siklus informasi (information cycle)atau ada yang menyebutnya dengan istilah siklus pengolahandata (data processing cycles).
  9. 9. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER
  10. 10. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERb. Kualitas InformasiKualitas dari suatu informasi tergantung dari tiga hal, yaituinformasi harus akurat, tepat pada waktunya dan relevan.1. Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.2. Tepat pada Waktunya, berarti informasi yang datang padapenerima tidak boleh terlambat3. . Relevan , berarti informasi tersebut mempunyai manfaatuntuk pemakainya
  11. 11. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERSumber Daya Sistem Informasia. Sumber Daya Manusia1) End User Computing (EUC)EUC adalah user yang dapat mengembangkan aplikasikomputer yang digunakan.EUC berkembang karena empat pengaruh yaitu : Meningkatnya pengetahuan tentang komputerBerbagai tingkatan manajemen Antrian jasa Informasi Perangkat keras yang murah Perangkat lunak jadi
  12. 12. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER2. Spesialis InformasiSpesialis Informasi bertanggung jawabmengembangkan dan memelihara sistem berbasiskomputer.Ada 5 golongan utama Spesialis Informasi, yaitu :
  13. 13. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERa. Analis Sistem (system analyst) Analis sistem bekerjasama dengan usermengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistemyang sekarang ada. Analis sistem adalah pakar dalammendefinisikan masalah dan menyiapkandokumentasi tertulis mengenai cara komputermembantu pemecahan masalah.
  14. 14. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERFungsi Analis Sistem: Mengidentifikasikan kebutuhan pengguna Contohnya suatu perusahaan menginginkan pemakaiankomputer dalam pengolahan data, semua masalah yang adapada proses yang sudah berjalan diidentifikasikan dandianalisis, keudian berbagai formulir yang ada di perusahaantersebut dipelajari dengan tepat. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untukmemenuhi kebutuhan pengguna. Memilih alternative metode pemecahan masalah yang palingtepat. Merencanakan dan menerapkan rancangan sistem
  15. 15. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERTugas yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem yaitu : Mengumpulkan dan menganalisis dokumen-dokumen, file-file danformulir yang berkaitan dengan sistem untuk merancang sistemyang baru Menyusun dan memberikan rekomendasi berdasarkan data-datayang sudah terkumpul Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikanaplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer Menganalisis dan menyusun biaya-biaya dan keuntungan darisistem yang baru Mengawasi kegiatan dari penerapan sistem yang baru
  16. 16. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERTugas Teknik Analis Sistem : Menyiapkan gambaran beban kerja yang dikerjakan olehsuatu tim dalam menerapkan sistem yang baru Menyusun prosedur-prosedur untuk pengawasan sistembaru Menyusun data flow diagram (aliran data) untuk aliraninformasi, hal ini diperlukan untuk merancang sistemyang baru secara detil
  17. 17. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER
  18. 18. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERb. Database Administraror(Pengelola Database) Pengelola database bekerjasama dengan user dananalis sistem menciptakan database yang berisi datayang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagiuser. Database adalah suatu kumpulan data komputer yangterintegrasi, diatur dan disimpan menurut suatu carayang memudahkan pengambilan kembali. Setelahdatabase diciptakan, pengelola database mengelolasumber daya yang penting.
  19. 19. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERc. Spesialis Jaringan (Network Specialis)Spesialis jaringan bekerjasama dengan analis sistem danpemakai membentuk jaringan komunikasi data yangmenyatukan berbagai sumber daya komputer yangtersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlianbidang komputer dan telekomunikasi.d. ProgrammerProgrammer menggunakan dokumentasi yang disiapkanoleh analis sisem untuk membuat kode instruksi-instruksiyang menyebabkan komputer mengubah data menjadiinformasi yang diperlukan user.
  20. 20. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERTugas Programmer adalah : Tanggung jawab yang terbatas pada pembuatanprogram komputer (coding) Pengetahuan yang cukup terbatas pada teknologikomputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan. Pekerjaan programmer sifatnya teknis dan harustepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program Pekerjaan tidk menyangkut hubungan denganbanyak orang, terbatas pada sesame pemrogramdan analis sistem yang mempersiapkan rancangbangun (spesifikasi) program.
  21. 21. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERe. OperatorOperator mengoperasikan peralatn komputer berskalabesar seperti mainframe. Operator memantaumonitor, mengelola disk storage, dan lain-lain.
  22. 22. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERb. Sumber Daya Hardware Sistem Komputer Periperalc. Sumber Daya Software Software Sistem Softrware Aplikasi Prosedurd. Sumber daya Data Data base Basis pengetahuane. Sumber daya network Media Komunikasi Network Support
  23. 23. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERModel Sistem Informasi berbasis Komputer
  24. 24. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERa. Sistem Informasi Akuntansi yaitu memelihararincian catatan keuangan dari operasi perusahaan danmenghasilkan informasi yang menjelaskan operasi.SIA berkontribusi pada pemecahan masalah denganmenghasilkan laporan-laporan standar yangmengikhtisarkan kondisi financial perusahaan danmenyediakan database yang digunakan oleh subsistemSistem Informasi Berbasis Komputer yang lain.
  25. 25. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERb. Sistem Informasi Manajemen (Management InformationSystem, MIS) yaitu sistem yang menyediakan informasi untukkebutuhan manajemen. Sistem tersebut melibatkansoftware, hardware dan brainware. SIM bertugasmengumpulkan, menyimpan dan mengolah data untuk akhirnyamenyajikan informasi kepada semua tingkatan manajemen yangberkaitan dengan fungsi manajemen dalam pengelolaan sumberdaya.c. Sistem Pendukung Keputusan (Decision SupportSystem, DSS) yaitu digunakan untuk membantu pengambilankeputusan atau mengidentifikasi atau memilih antara pilihandan keputusan. Tujuan DSS sebagai bahan pertimbanganseorang manajer sebelum memutuskan kebijakan tertentu.
  26. 26. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERd. Sistem Pakar (Expert System) yaitu meng-capturedan menghasilkan kembali pengetahuan pemecahanmasalah ahli atau pengambilan keputusan kemudianmensimulasikan “pemikiran” ahli tersebut.e. Sistem Otomatisasi kantor (OfficeAutomation, AO) yaitu membantu karyawan untukmembuat dan berbagi dokumen yang mendukungaktivitas kantor sehari-hari.
  27. 27. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTEREnd User Computing sebagai masalah strategis1. Pemakai akhir tingkat menu (menu level end-users)2. Pemakai akhir tingkat perintah (command level end-users)3. Programmer pemakai akhir (end-user programmers)4. Personil pendukung fungsional (functional supportpersonnel)
  28. 28. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERResiko End User Computinga. Sistem yang buruk sasarannya Pemakai akhir mungkin menerapkan komputer untukpenerapan yang seharusnya dilaksanakan dengan cara lain,misalnya secara manual.b. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya Pemakai akhir, walau pun memiliki pengetahuan yangtinggi tentang komputer, tidak dapat menandingiprofesionalsme spesialis informasi dalam merancangsistem.
  29. 29. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERc. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien Saat tidak ada pengendalian terpusat atas perolehanhardware dan software, perusahaan akhirnya dapatmemiliki hardware yang tidak kompatibel dansoftware yang berlebihan.Misalnya berbagai merek komputer pribadi yangdibeli tidak dapat dihubungkan untuk membentukjaringan dan beberapa copy software dibeli padahalsatu copy dapat digunakan bersama.
  30. 30. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERd. Hilangnya integrasi data Pemakai akhirnya mungkin kurang berhati-hati dalammemasukkan data ke dalam database perusahaan.Pemakai lain mungkin mengunakan data yangsalah, namun mengira bahwa data tersebut tepat.Hasilnya adalah output yang tercemar yang dapatmenyebabkan manajer membuat keputusan yangkeliru.
  31. 31. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERe. Hilangnya keamananDengan cara yang serupa, pemakai akhir mungkintidak melindungi data dan software-nya. Disketdibiarkan tergeletak di meja, hasil cetakan dibuangdikeranjang sampah, pintu ke ruang komputerdibiarkan tidak terkunci dan seterusnya. Kriminalkomputer dapat mengakses sistem danmembahayakan perusahaan dengan berbagai cara.

×