Successfully reported this slideshow.

Meraih beasiswa lpdp: Mengenal, memulai dan memenangkan

0

Share

1 of 23
1 of 23

Meraih beasiswa lpdp: Mengenal, memulai dan memenangkan

0

Share

Download to read offline

Scholarships are gifts, diberikan atas dasar prestasi akademik atau kombinasi dari akademik dan bakat, sifat atau minat khusus. Beberapa beasiswa lain didasarkan pada kebutuhan finansial (Studentaid.gov, 2020).

Scholarships are gifts, diberikan atas dasar prestasi akademik atau kombinasi dari akademik dan bakat, sifat atau minat khusus. Beberapa beasiswa lain didasarkan pada kebutuhan finansial (Studentaid.gov, 2020).

More Related Content

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Meraih beasiswa lpdp: Mengenal, memulai dan memenangkan

  1. 1. Meraih beasiswa lpdp: mengenal, memulai dan memenangkan Disampaikan oleh: Gani Nur Pramudyo Pada Webinar Get a scholarship or build your business, EKM FP Universitas Brawijaya Minggu, 25 Oktober 2020
  2. 2. Bagian I Mengenal
  3. 3. Beasiswa • Beasiswa Penuh & Beasiswa parsial (Harususilo, 2019) • Ditawarkan oleh pemerintah, sekolah/universitas, pekerja, individu, perusahaan swasta, organisasi non profit, komunitas, organisasi profesional dan sosial (Powell dan Kerr, 2020). 3 Scholarships are gifts, diberikan atas dasar prestasi akademik atau kombinasi dari akademik dan bakat, sifat atau minat khusus. Beberapa beasiswa lain didasarkan pada kebutuhan finansial (Studentaid.gov, 2020).
  4. 4. Alasan penting untuk melamar beasiwa 4 Jaringan/ mentoring Menunjukan Ketrampilan Personal branding dan promosi Berlatih untuk menulis (Valdes-Carletti, 2018)
  5. 5. Beasiswa LPDP Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) atau Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui LPDP Kemenkeu RI dalam rangka pembiayaan pendidikan di dalam atau luar negeri. 5 Terdiri dari beberapa jenis: Beasiswa Umum a. Beasiswa Reguler, b. Beasiswa Dokter Spesialis, c. Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia, d. Beasiswa Disertasi, e. Beasiswa Kerja Sama Pendanaan (Co – Funding), Beasiswa Afirmasi a. Beasiswa Daerah Afirmasi, b. Beasiswa Alumni Bidikmisi, c. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi, d. Beasiswa Santri, e. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional, f. Beasiswa Prestasi Seni Internasional, g. Beasiswa Penyandang Disabilitas, h. Beasiswa Indonesia Timur, Beasiswa Targeted Group a. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), b. Beasiswa PNS/TNI/POLRI, c. Beasiswa Olimpiade Internasional (LPDP, 2019c).
  6. 6. Komponen pembiayan beasiswa LPDP 6 Biaya program pengayaan bahasa: khusus penerima beasiswa afirmasi Dana pendidikan: a. Dana Pendaftaran b. Dana SPP, c. Dana Tunjangan Buku, d. Dana Bantuan penelitian Tesis/Disertasi, e. Dana bantuan seminar internasional, f. Dana bantuan publikasi jurnal internasional, g. Dana wisuda yang akan diberikan kepada awardee LPDP Dana pendukung a. Dana Transportasi, b. Dana Aplikasi Visa, c. Dana Asuransi Kesehatan, d. Dana Hidup Bulanan, e. Dana Kedatangan, f. Dana Keadaan Darurat, g. Tunjangan Keluarga h. Insentif Universitas (LPDP, 2020d).
  7. 7. Bagian II Memulai
  8. 8. 1. Mengumpulkan informasi 8 • Situs resmi beasiswa lpdp https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/. • Pendaftaran beasiswa lpdp , https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. • Sistem Informasi : https://www.simonev.lpdp.kemenkeu.go.id/Account/LogOn • Keluhan : https://bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id/ • Call center lpdp 24 jam di 1500652 • Kantor lpdp di Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91, Menteng, Jakarta 10330 • Instagram @lpdp _ri | Twitter @lpdp_RI | Facebook @lpdpKemenkeu | Youtube lpdp RI
  9. 9. 2. Persyaratan 9 Persyaratan umum pendaftaran : a. WNI b. Telah menyelesaikan studi, c. Tidak sedang on going atau telah menempuh studi, d. Surat izin belajar bagi yang sedang bekerja e. Surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba, f. Surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya g. Memilih perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan LPDP, h. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus i. Memenuhi persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada persyaratan khusus j. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler k. Melampirkan rencana studi bagi program magister l. Menulis proposal studi baik pendaftar jenjang pendidikan magister maupun doktoral m. Melampirkan Proposal Penelitian bagi pendaftar program doktoral (LPDP, 2019b). Persyaratan khusus pendaftaran (regular) a. Bersedia menandatangani surat pernyataan b. Batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu: berusia paling tinggi 35 tahun untuk magister dan berusia paling tinggi 40 tahun untuk doktoral. c. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,00 skala 4 untuk magister dan sekurang-kurangnya 3,25 untuk doktoral. d. Memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi yang ada dalam list LPDP khusus untuk pendaftar jenjang Doktoral; e. Memiliki sertifikat resmi kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) atau lembaga bahasa arab (khusus TOAFL) f. Wajib menyelesaikan masa studi paling lama 24 bulan untuk magister dan 48 bulan untuk doktoral. Apabila lebih dari batas waktu yang ditentukan wajib melaporkan kepada LPDP dan menerima keputusan dari LPDP (LPDP, 2019b).
  10. 10. 3. Kriteria 10 • Pengecekan data dan dokumen yang telah diunggah pelamar secara online. • Apabila ada dokumen tidak sesuai dan pemalsuan, maka pelamar tidak bisa megikuti wawancara, tidak dapat mendaftar kembali pada semua program beasiswa LPDP (blacklist) • Tes Potensi Akademik atau Tes Intelijensi Umum; • Soft Competency atau Tes Karakter Kepribadian; dan • On the spot essay writting. • Pengambilan keputusan peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan hasil nilai Tes Potensi Akademik • Pelamar melakukan proses verifikasi dokumen asli pendaftaran, sebelum ke tahap wawancara. • Wawancara untuk menentukan kelayakan (Lulus / tidak). (LPDP, 2019b, 2020a). Seleksi Administrasi Seleksi Berbasis Komputer Seleksi Wawancara/ Subtansi
  11. 11. 11 Berdasarkan pengamatan penulis, pelamar yang dipilih LPDP memiliki kriteria sejalan dengan visi, misi, tujuan, fokus dan program LPDP. • Visi : Menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. • Misi a. Mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan. b. Mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah melalui pendanaan riset. c. Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal. d. Sebagai last resort, mendukung rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam melalui pengelolaan dana cadangan pendidikan.
  12. 12. 4. Tenggat waktu 12 Bergantung pada penyedia beasiswa. Apabila telah melewatkan batas pendaftaran, jangan putus asa dan cari informasi beasiswa lainya yang masih dapat dilamar (Studentaid.gov, 2020) KEGIATAN JADWAL PELAKSANAAN 2017 2018 2019 2020 Pembukaan - - 7 Mei 2 Juli 10 Mei 1 Juli 6 Oktober Penutupan 3 April 14 Juli 8 Juni 21 September 31 Mei 10 September 20 Oktober Tabel 1. Jadwal pelaksanaan pendaftaran beasiswa LPDP dari tahun ke tahun Sumber: hasil olahan penulis, 2020
  13. 13. Bagian III Memenangkan
  14. 14. Tips memenangkan beasiswa 1. Jujur. Lamar beasiswa yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi 2. Peduli. Memberikan informasi yang Interviewer minta, dan berbagi 3. Bersikap proaktif. Mulailah lebih awal dan periksa sebelum mendaftar atau diterima di universitas untuk beasiswa yang ingin dilamar 4. Memenuhi tenggat waktu. Buat spreadsheet atau daftar beasiswa yang dilamar dengan tenggat waktu. 5. Persiapan untuk wawancara. Pelamar dapat mempersiapkan dengan mempraktikkan pertanyaan wawancara umum sendiri, dengan teman atau anggota keluarga (Uopeople.edu, 2019) 14
  15. 15. Kesalahan-kesalahan dalam melamar beasiswa 1. Gagal menjawab pertanyaan seputar esai yang ditulis 2. Melewatkan batas waktu pendaftaran beasiswa 3. Kesalahan kata dan kalimat dalam lamaran/esai/surat pernyataan 4. Gagal menarik perhatian interviewer 5. Melamar beasiswa yang tidak memenuhi syarat untuk pelamar 6. Tidak mendaftar sama sekali! (Bridgestock, 2015) 15
  16. 16. Lampiran
  17. 17. 17 Dokumen Online Form Unggahan Dokumen Biodata Diri V Kartu Tanda Penduduk (KTP) V Ijazah S1/S2 (Asli atau Legalisir) atau SKL (Surat Keterangan Lulus) V Transkrip Nilai S1/S2 (Asli atau Legalisir) V Sertifikat Bahasa Asing yang dipersyaratkan dan Masih Berlaku (Asli) V Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan Perguruan Tinggi serta Program studi yang dipilih V Surat Pernyataan sesuai format LPDP (bermaterai) V Surat Rekomendasi dari Akademisi 1 V Surat Rekomendasi Akademisi 2 (bagi yang belum bekerja) atau Atasan/Pimpinan Lembaga/Perusahaan (bagi yang sudah bekerja) V Surat izin mengikuti seleksi dari unit yang membidangi sumber daya manusia bagi yang sedang bekerja V Personal Statement V Rencana Studi (khusus magister) V Proposal Penelitian (khusus Doktor) V Komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi V Lampiran 1. Daftar dokumen yang dibutuhkan saat mendaftar Beasiswa LPDP: jalur BEASISWA PERGURUAN TINGGI UTAMA DUNIA (2020)
  18. 18. 18 Gambar 1. Penulis bersama rekan peserta seleksi subtansi (Leaderless grup discussion) Sumber: Dokumentasi pribadi (2018)
  19. 19. 19 Gambar 2. Penulis bersama rekan PB UNS dan pengajar Sumber: Dokumentasi pribadi (2019)
  20. 20. 20 Gambar 3. Persiapan Keberangkatan LPDP Angkatan 137 (Puspa Wikasita) Sumber: Dokumentasi pribadi (2019)
  21. 21. 21 Gambar 4. Pengumuman Simak UI Sumber: Dokumentasi pribadi (2019)
  22. 22. ?Hubungi penulis:  gani_nurp@yahoo.com  www.ganipramudyo.web.id
  23. 23. Credit • Template PPT: Slidego • Icon : Freepix

×