Presentasi Larutan Bufer

446 views

Published on

presentasi

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Presentasi Larutan Bufer

  1. 1. KELOMPOK 3 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. I Made Kiska Apryanto Hari Irawan Hapsah Fitri Oktaviani Fifit Cahyani Indra Hermawan Hary Ridho Harnilawati
  2. 2. Larutan Bufer Larutan bufer merupakan larutan yang dapat mempertahankan Ph larutan, meskipun larutan tersebut telah ditambahkan asam , basa, ataupun pengenceran .
  3. 3. Mengapa Larutan Bufer Dapat Mempertahankan PH ???? Karena pada larutan bufer terkandung asam dan basa konjugasinya atau basa dan asam konjugasinya. Sehingga misalkan penambahan sedikit asam maka basa akan bereaksi dengan nya, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, larutan bufer yg ada pada darah manusia sangat bermanfaat, karena dpt mempertahankan nilai pH. Sebab, perubahan pH dpt menyebabkan gangguan sistem.
  4. 4. Cairan di dalam tubuh merupakan larutan buffer sebagai pengatur PH tubuh. Cairan yang ada di dalam sel terdiri atas : 1. Dihidrogen fosfat ( ) 2. Monohidrogen fosfat ( )
  5. 5. Sedangkan cairan diluar sel terdiri atas : 1. Asam Karbonat ( 2. Bikarbonat ( ) )
  6. 6. Adanya larutan bufer dalam tubuh menyebabkan PH di dalam nya konstan. Besar PH cairan diluar tubuh ( darah ) sekitar 7,4 Organ tubuh dapat rusak jika PH di dalam tubuh turun sampai di bawah 7 dan naik sampai diatas 7,8. penurunan PH tubuh terjadi biasanya jika menderita penyakit tertentu , misalnya jantung, penyakit ginjal, kencing anis dll, adapun kenaikan PH dapat terjadi karena cemas, histeris dll.
  7. 7. Larutan bufer memiliki fungsi yang sangat besar bagi tubuh dimana larutan bufer ini dapat mempertahankan PH tubuh agar tetap stabil, dimana jika terjadi masalah terhadap PH tubuh maka akan mengakibatkan gangguan.
  8. 8. Terima Kasih Atas Perhatian Nya

×