Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Penyakit Rinitis & Cara Mengatasinya

5,186 views

Published on

Penjelasan singkat mengenai penyakit Rinitis (Radang selaput lendir hidung), jenis-jenis rinitis, penyebab rinitis, diagnosa rinitis, gejala rinitis, serta cara mengobatinya.

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Penyakit Rinitis & Cara Mengatasinya

  1. 1. Panyakit Rinitis adalah suatu kondisi dimana selaput lendir hidung mengalami gangguan atau peradangan. Gejala yang paling umum terjadi yaitu hidung tersumbat, bersin-bersin, dan hidung meler seperti pilek. Penyakit rinitis bisa disebabkan oleh virus, bakteri, alergi dan gangguan tertentu.
  2. 2.  Penyakit Rinitis dibagi kedalam tiga jenis, yaitu:  Rinitis infektif, rinitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri kronis/akut.  Rinitis Alergi, yang disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari, debu, jamur, bulu hewan.  Rinitis Non-Alergi, seperti rinitis vasomotor, rinitis medicamentosa, dll.
  3. 3. Kondisi rinitis infektif biasa terjadi akibat infeksi bakteri secara viral. Termasuk juga pilek/flu yang disebabkan oleh berbagai virus, bisa menyebabkn kondisi rinitis (peradangan selaput lendir).  Rinitis Alergi adalah kondisi rinitis yang disebabkan oleh reaksi alergi, menyebabkan sistem imun memproduksi senyawa histamin yang sering menyebabkan gejala gatal, hidung meler, dan bersin-bersin.
  4. 4.  Salah satu jenis Rinitis Nonalergi yang sering diderita adalah Rinitis Vasomotor. Gejala rinitis vasomotor sering kali dipicu oleh perubahan pada lingkungan seperti perubahan temperatur, kelemababan, tekakanan udara, dan cuaca. Pemicu juga mungkin terjadi karena faktor iritan di udara, faktor hormonal, dan faktor makanan seperti faktor sering makan makanan pedas atau alkohol.
  5. 5. Gejala rinitis vasomotor hampir sama dengan gejala rinitis alergi, namun biasanya waktu terjadinya berbeda. Diantaranya yaitu:  Suka bersin-bersin dan pilek di pagi hari.  Gampang bersin-bersin saat terkena suhu dingin, atau cuaca dingin.  Hidung mampet.  Hidung meler mengeluarkan lendir bening.  Pilek dan bersin-bersin biasanya akan reda setelah siang hari atau saat tubuh mulai hangat.
  6. 6. Jika kondisi rinitis disebabkan bakteri atau virus, misalnya rinitis karena sakit pilek/flu, maka bisa di obati dengan obat-obatan untuk flu. Jika Anda menderita rinitis alergi, maka harus menghindari segala alergen pemicu reaksi alergi. Untuk meringankan gejala rinitis alergi seperti gatal, bersin-bersin dan hidung meler, bisa menggunakan obat-obatan jenis antihistamine.
  7. 7. Untuk mencegah gejala rinitis vasomotor muncul, hindarilah suhu dingin, entah itu udara dingin, AC yang terlalu dingin, cuaca dingin, dll. Untuk meringankan gejala rinitis vasomotor yang muncul, bisa menggunakan obat-obatan antihistamin. Namun biasanya hanya untuk sementara saja, dan ketika konsumsi obat dihentikan biasanya beberapa hari kemudian bisa muncul lagi.
  8. 8. Penyakit Rinitis sebetulnya cukup mudah untuk diatasi secara alami tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia.  Misalnya saja penjelasan yang ada dalam Ebook Mengatasi Bersin. Ebook tersebut menjelaskan cara mengobati gejala penyakit rinitis seperti sering hidung sering pilek/meler dan bersin-bersin terus secara alami, dengan hanya melakukan terapi-terapi sederhana namun sangat ampuh.
  9. 9. Jika Anda ingin tahu caranya, silahkan Anda baca saja Ebook Mengatasi Bersin. Harganya cukup murah namun isinya sangat bermanfaat. Untuk mendapatkannya Anda bisa baca secara detail di websitenya www.MengatasiBersin.com

×