Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Mengobati Rinitis Alergi

1,802 views

Published on

Penjelasan mengenai cara mengobati Rhinitis Alergi, obat untuk rinitis alergi, obat tradisional untuk rinitis alergi, serta obat herbal alami untuk rinitis alergi.

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Mengobati Rinitis Alergi

  1. 1. Mengobati Rinitis Alergi
  2. 2. Apa itu Rinitis Alergi ?  Rinitis alergi adalah suatu reaksi alergi yang terjadi ketika sistem imun seseorang bereaksi berlebihan terhadap suatu zat/ atau alergen tertentu yang mungkin terhirup oleh hidung. Reaksi alergi tersebut kemudian menyebabkan radang selaput lendir hidung.  Pemicu yang paling umum dari rinitis alergi yaitu karena alergi terhadap serbuk sari bunga/tanaman, spora jamur, debu, bulu hewan, yang mungkin terhirup oleh hidung tanpa sengaja.
  3. 3. Rhinitis Alergi  Rinitis alergi terdiri dari dua jenis, yaitu rinitis alergi musiman dan rinitis alergi menahun.  Rinitis alergi musiman biasanya disebabkan oleh outdoor allergen seperti serbuk sari dari tanaman/rerumputan.  Sedangkan rhinitis alergi menahun biasanya disebabkan oleh indoor alergen, seperti debu, bulu hewan peliharaan, jamur.
  4. 4. Gejala Rinitis Alergi  Gejala rinitis alergi hampir mirip seperti gejala sakit pilek/flu. Namun Rinitis alergi ini tidak disebabkan oleh virus sebagaimana pada flu.  Ketika penderita menghirup zat alergen tanpa sengaja, kemudian sistem imun-nya akan beraksi melepaskan substansi yang disebut IgE didalam saluran hidung, bersamaan dengan zat kimia yang disebut histamin.
  5. 5. Gejala Rhinitis Alergi  Rinitis alergi bisa menyebabkan banyak gejala, diantaranya yaitu:  Hidung meler mengeluarkan lendir/ingus bening.  Hidungmampet  Bersin-bersin terus  Mata merah dan berair  Letih  Post Nasal-Drip  Hidung, mulut, rongga sinus, tenggorokan, telinga, dan mata mungkin akan terasa gatal saat terjadinya gejala rhinitis alergi.
  6. 6. Gejala Rinitis Alergi  Rinitis alergi bisa menyebabkan banyak gejala, diantaranya yaitu:  Hidung meler mengeluarkan lendir/ingus bening.  Hidungmampet  Bersin-bersin terus  Mata merah dan berair  Letih  Post Nasal-Drip  Hidung, mulut, rongga sinus, tenggorokan, telinga, dan mata mungkin akan terasa gatal saat terjadinya gejala rhinitis alergi.
  7. 7. Faktor Resiko  Faktor turunan dari orang tua atau keluarga yang memiliki riwayat alergi.  Memiliki alergi lain pada suatu bahan/zat tertentu selain dari alergen pemicu rinitis alergi, misalnya memiliki alergi pada makanan tertentu.  Perokok atau sering terekspos asap rokok.  Pria. Rinitis alergi lebih sering diderita oleh laki-laki
  8. 8. Pencegahan Rinitis Alergi  Cara terbaik untuk mengontrol gejala rinitis alergi adalah dengan cara menghindari alergen-alergen pemicunya.  Jika Anda keluar rumah, pastikan Anda terjauh dari serbuk sari, debu, yang mungkin bisa terhirup oleh hidung.  Bersihkan ruangan Anda.  Bersihkan pakaian Anda dan simpan ditempat yang steril.  Ganti dan bersihkan tempat tidur, sprey, bantal secara berkala.  Gunakan air conditionair dan pembersih udara jika perlu.
  9. 9. Pengobatan Rinitis Alergi  Pengobatan yang sering disarankan para Dokter THT yaitu menggunakan obat-obatan antihistamin, decongestant, dan obat semprot hidung corticosteroid. Obat-obatan jenis tersebut bisa membantu mengontrol dan meredakan gejala rinitis alergi.  Para Dokter juga mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan immunotheraphy atau allrgy shot, yaitu terapi dengan cara menginjeksi alergen pada tubuh penderita secara berkala dengan dosis yang terus meningkat. Tujuannya yaitu agar penderita jadi kebal terhdapa alergi yang dideritanya.
  10. 10. Mengobati Rinitis  Selain Rinitis Alergi, ada juga yang disebut dengan rinitis non-alergi. Rinitis non-alergi adalah jenis rinitis yang tidak disebabkan oleh reaksi alergi, namun disebabkan oleh faktor lain.  Selain dengan obat-obatan, Rhinitis juga bisa di obati secara alami dengan melakukan terapi-terapi sederhana dan mengkonsumsi bahan-bahan alami tertentu. Jika Anda ingin mengetahuinya secara lebih detail, saya sarankan Anda membaca eBook Mengatasi Bersin yang ada di www.MengatasiBersin.com (Panduan mengobati Gejala Rinitis secara alami)

×