Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
 Gejala sering bersin-bersin di malam hari atau pada 
saat tengah malam terutama ketika tubuh terpapar 
oleh udara yang c...
 Vasomotor rhinitis adalah rhinitis tipe non-alergi (non-allergic 
rhinitis) yang artinya tidak disebabkan oleh alergi. 
...
 Rhinitis Vasomotor tidak disebabkan oleh alergi 
seperti halnya pada penyakit rhinitis alergi. Gejala 
rhinitis vasomoto...
 Gejala dari penyakit rhinitis vasomotor dan 
gejala rhinitis alergi memang hampir serupa 
sehingga cukup banyak orang ya...
 Pada umumnya pemicu rhinitis alergi yaitu alergen-alergen 
pemicu gejala alergi seperti debu rumah, 
tungau, serbuk sari...
 Pengobatan bersin-bersin akibat rhinitis yang paling umum 
adalah dengan menghindari penyebab terjadinya bersin-bersin, ...
 Jika Anda sering sekali mengalami bersin-bersin terus, entah itu di 
malam hari atau di pagi hari, Anda bisa mencoba men...
Bersin Bersin di Malam Hari atau Tengah Malam
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Bersin Bersin di Malam Hari atau Tengah Malam

2,941 views

Published on

Penjelasan mengenai gejala bersin-bersin di malam hari, bersin-bersin tengah malam, bersin-bersin di pagi hari, hubungannya dengan penyakit rinitis vasomotor, penyebab bersin-bersin di malam hari, serta cara mengobati bersin-bersin di malam hari.

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Bersin Bersin di Malam Hari atau Tengah Malam

  1. 1.  Gejala sering bersin-bersin di malam hari atau pada saat tengah malam terutama ketika tubuh terpapar oleh udara yang cukup dingin bisa jadi merupakan gejala dari penyakit Rinitis Vasomotor.  Rhinitis vasomotor adalah penyakit peradangan pada selaput lendir hidung yang sering kali disebabkan oleh suhu dingin atau perubahan suhu lingkungan terhadap suhu tubuh. Hal ini sering terjadi pada orang-orang tertentu yang mengalami gangguan pada sistem saraf vasomotornya, sehingga sangat sensitif untuk bersin-bersin.
  2. 2.  Vasomotor rhinitis adalah rhinitis tipe non-alergi (non-allergic rhinitis) yang artinya tidak disebabkan oleh alergi. Melainkan disebabkan karena pembuluh darah dalam hidung meluas/mengembang/melebar akibat faktor-faktor gangguan yang ada dilingkungan sekitar, misalnya karena suhu udara dingin di malam hari dan memicu bersin-bersin.  Terjadinya pelebaran pembuluh darah pada hidung tersebut bisa memicu atau mengganggu kelenjar lendir sehingga mengkibatkan hidung tersumbat atau hidung mengeluarkan cairan/ingus dan gampang bersin-bersin.
  3. 3.  Rhinitis Vasomotor tidak disebabkan oleh alergi seperti halnya pada penyakit rhinitis alergi. Gejala rhinitis vasomotor sering kali terjadi pada orang-orang tertentu yang memang tidak punya riwayat penyakit alergi pada keluarganya.  Pada banyak kasus, gejala rhinitis vasomotor lainnya yaitu sering bersin-bersin terus menerus saat baru bangun tidur dipagi hari yang mana udaranya cukup dingin.
  4. 4.  Gejala dari penyakit rhinitis vasomotor dan gejala rhinitis alergi memang hampir serupa sehingga cukup banyak orang yang tidak bisa mebedakannya, bahkan dokter pun sering kali salah mendiagnosa. Kesamaan gejalanya yaitu sering bersin-bersin terus menerus secara berulang-ulang, dan perbedaanya hanya dari segi pemicunya saja.
  5. 5.  Pada umumnya pemicu rhinitis alergi yaitu alergen-alergen pemicu gejala alergi seperti debu rumah, tungau, serbuk sari, spora jamur, dan bulu atau air liur binatang peliharaan.  Sedangkan pada rhinitis vasomotor, pemicu umumnya tidak spesifik dan tidak menimbulkan pembentukan antibodi akibat reaksi alergi seperti halnya pada rhinitis alergi. Pemicunya antara lain suhu dingin dan kering, misalnya karena udara dingin di pagi hari atau karena Air Conditioner (AC).
  6. 6.  Pengobatan bersin-bersin akibat rhinitis yang paling umum adalah dengan menghindari penyebab terjadinya bersin-bersin, dalam kasus ini berarti Anda harus menghindari udara dingin di malam hari dan segala pemicu lainnya.  Lalu untuk obat, biasanya Dokter akan memberikan obat-obatan antihistamin yang mana bisa mengurangi gejala bersin-bersin dan hidung meler. Pengobatan lainnya yang mungkin disarankan oleh Dokter yaitu menggunakan obat semprot hidung khusus (nasal spray) untuk penderita rhinitis agar tidak mudah bersin-bersin.  Namun perlu diingat, obat-obatan tersebut bukan untuk mengobati secara permanen, tapi hanya untuk mengurangi gejala bersin-bersin saja.
  7. 7.  Jika Anda sering sekali mengalami bersin-bersin terus, entah itu di malam hari atau di pagi hari, Anda bisa mencoba mengatasinya secara alami seperti yang dijelaskan dalam ebook mengatasi bersin. Keuntungan dari mengobati bersin-bersin secara alami yaitu Anda bisa terhindar dari efek samping obat-obatan kimia.  Ebook panduan mengatasi bersin tersebut bisa Anda peroleh dengan mudah di website www.mengatasibersin.com.  Jika Anda adalah orang yang sering bersin-bersin terus menerus dan tidak sembuh-sembuh, sangat saya menyarankan Anda untuk segera membacanya. Jangan tunggu higga penyakit Anda semakin parah, karena bisa jadi semakin sulit untuk disembuhkan.

×