freelance web development
focus
we focus on python
portfolio
version control prospective clients ask for git/hg experience
contribute to open source projects
we contribute to
share findings <ul><li>troubleshooting </li></ul><ul><li>code snippet </li></ul><ul><li>tutorial </li></ul><ul><li>anythin...
hot topic = new opportunity
contact us [email_address] currently available projects
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Freelance web development

4,167 views

Published on

Published in: Technology
1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
4,167
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
286
Actions
Shares
0
Downloads
140
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • Saya Ronny, dari pyatta.com, saya ingin berbagi pengalaman kami dalam hal freelance di bidang web development. Kebetulan kami sudah mengerjakan beberapa proyek freelance semacam itu.
  • Kami menemukan bahwa fokus pada suatu tools/platform/framework/bahasa pemrograman tertentu lebih berhasil mendapatkan klien daripada mengerjakan berbagai macam hal yang berbeda-beda.
  • Pyatta fokus di python. Untuk web development menggunakan python, kami menggunakan django. Selain development kami juga pernah mengerjakan unit testing untuk suatu website. Kami memilih python karena source code python enak dibaca dibandingkan dengan (misalnya) PHP, sehingga memudahkan maintenance dan kolaborasi beberapa developer. Selain itu jumlah developernya masih terbilang sedikit, dibandingkan dengan misalnya PHP atau java, sehingga jumlah kompetitor untuk biddingnya pun masih sedikit.
  • Tentunya koleksi portofolio yang menarik sangat membantu untuk mendapatkan klien baru. Pyatta telah memiliki berbagai macam portofolio website, dari situs e-commerce hingga photo management web app.
  • Berdasarkan pengalaman kami, semua calon klien kami menanyakan apakah kami memiliki pengalaman menggunakan distributed version control system, git atau mercurial. Dengan demikian tools tsb adalah tools yang sangat penting untuk dikuasai.
  • Kami menemukan bahwa berkontribusi ke proyek2 open source, baik dalam bentuk men-develop fitur baru, bug report/bug fix, ataupun dokumentasi, akan mempermudah untuk meyakinkan calon klien untuk meng-hire kita, terutama apabila kontribusi tersebut adalah untuk tools open source yang memang digunakan oleh si calon klien.
  • Berikut ini adalah proyek-proyek open source yang dimana kami ikut berkontribusi.
  • Kami juga menemukan bahwa men-sharing info di blog, baik itu snippet source code, tutorial, cara troubleshooting jika mendapati masalah tertentu, ataupun sekedar berbagi sesuatu yang kita anggap menarik, dapat menjadi satu cara untuk mendapatkan klien baru. Pengunjung blog yang memberikan komentar atau pertanyaan dapat kita tawari untuk meng-hire jasa kita.
  • Isu-isu yang baru hangat bisa menjadi peluang baru yang belum tergarap. Saat ini pyatta tengah menjajaki untuk masuk di bidang pemrograman fungsional yang mulai tren. Bahasa pemrograman fungsional yang tengah pyatta pelajari adalah clojure dan erlang.
  • Sekarang ini kami memiliki beberapa proyek yang bisa dikerjakan. Jika tertarik, silakan hubungi kami di panduwana@gmail.com.
  • ×