Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengantar Nirmana DKV Ilmu Komunikasi Universitas Semarang

1,711 views

Published on

Mata kuliah pengantar nirmana

Published in: Design

Pengantar Nirmana DKV Ilmu Komunikasi Universitas Semarang

  1. 1. NIRMANAOleh: Firdaus Azwar Ersyad, S.Sn., M.Sn. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
  2. 2. Nirmana Dibentuk dari dua kata yaitu nir berarti tidak, mana berarti makna, jika digabungkan berarti tidak bermakna atau tidak mempunyai makna. Jika di artikan lebih dalam nirmana berarti lambang-lambang bentuk tidak bermakna, dilihat sebagai kesatuan pola, warna, komposisi, irama, nada dalam desain.
  3. 3. Bentuk yang dipelajari biasanya diawali dari bentuk dasar seperti kotak, segitiga, bulat, yang sebelumnya tidak bermakna diracik sedemikian rupa menjadi mempunyai makna tertentu
  4. 4. DEFINISI NIRMANA adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen- elemen visual seperti titik, garis, warna, bidang ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.
  5. 5. Meski nirmana dipahami sebagai sebuah bentuk yang TIDAK BERBENTUK. Dalam konteks desain komunikasi visual, nirmana memegang PERANAN PENTING PERIHAL BAGAIMANA MENATA DAN MENYUSUN ELEMEN DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL . Peranan penting lainnya, di dalam nirmana mensyaratkan TATA SUSUN dan tatakelola unsur desain komunikasi visual dalam sebuah perencanaan komposisi yang SERASI DAN SEIMBANG di dalam setiap bagiannya
  6. 6. RUANG MAYA Ruang maya adalah ruang semu dimana kita bisa berkhayal tentang sesuatu yang mebingungkan kita sendiri, dalam artian hayalan tentang sebuah kegilaan bentuk yang sulit kita torehkan dalam media 2 dimensi ( sering disebut dengan nirmana ruang datar /nirmana dwimatra) atau 3 dimensi (sering disebut dengan nirmana ruang/nirmana trimatra).
  7. 7. DWIMATRA • TITIK
  8. 8. DWIMATRA GARIS
  9. 9. DWIMATRA BIDANG
  10. 10. TRIMATRA TRIMATRA SEDOTAN TRIMATRA STIK
  11. 11. TRIMATRA TRIMATRA KERTAS TRIMATRA KOREK API
  12. 12. PENGAPLIKASIAN Pengaplikasian NIRMANA mutlak dilakukan dalam semua bidang seni rupa dan desain. Contohnya : FOTOGRAFI
  13. 13. POSTER
  14. 14. POSTER
  15. 15. LOGO DESIGN
  16. 16. LOGO DESIGN
  17. 17. Hal ini dapat kita terima karena kita memandang dari nalar bentuk. Disinilah seni dan desain dapat dinilai atas dasar kualitas artistiknya, yaitu menilai segala sesuatunya dari sisi bentuk,
  18. 18. ELEMEN – ELEMEN SENI RUPA Elemen – elemen seni rupa dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan bentuknya. – Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah GAMBAR 1.1 (TITIK)
  19. 19. GARIS – Garis, garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna. GAMBAR 1.2 (GARIS)
  20. 20. bidang – Bidang, bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas; mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. GAMBAR 1.3 (BIDANG)
  21. 21. GEMPAL – Gempal, gempal adalah bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman GAMBAR 1.4 (GEMPAL)
  22. 22. PRINSIP DESAIN GRAFIS Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa prinsip utama komunikasi visual dari sebuah karya desain.
  23. 23. Ruang Kosong • (WHITE SPACE)RUANG KOSONG dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan. Ruang kosong penting dalam desain karena sering digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk kejelasan pembacaan dan sekaligus memberikan kesan, seperti kesan profesional dan sederhana. GAMBAR 1.5 (RUANG KOSONG)
  24. 24. kejelasan • Kejelasan (Clarity) Kejelasan atau clarity mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda. GAMBAR 1.6 (KEJELASAN)
  25. 25. Desain yang baik adalah jujur
  26. 26. kesederhanaan • Kesederhanaan (Simplicity)Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan sering juga diartikan tepat dan tidak berlebihan. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh. GAMBAR 1.7 (KESEDERHANAAN)
  27. 27. emphasis • Emphasis (Point of Interest)Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic GAMBAR 1.8 (EMPHASIS)
  28. 28. Kesatuan (Unity)
  29. 29.  BUATLAH OBJEK NIRMANA TRIMATRA DALAM DIMENSI 30 CM X 30 CM  ALAS OBJEK NIRMANA MENGGUNAKAN BAHAN KERTAS KARTON SOLID  PILIH SALAH SATU BAHAN TRIMATRA (KERTAS, KOREK API, SEDOTAN, STIK ATAU BAHAN-BAHAN YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT TRIMATRA  DIKERJAKAN DALAM WAKTU 2 MINGGU

×