Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Manfaat dan Dampak Unsur 
Periode keempat Unsur Transisi 
KELOMPOK 9: 
AMALIA MEIZANI (02) 
DEWI GHINA NISRINA (06) 
FRISK...
Manfaat Scandium 
 Bahan kimia langka, yang digunakan pada berbagai 
perkakas seperti televisi warna, lampu neon, lampu 
...
Dampak Skandium 
Skandium tidak memiliki peran biologis, amat sedikit 
skandium yang mencapai rantai makanan sehingga 
asu...
Manfaat Titanium 
1. Bahan konstruksi 
2. Badan pesawat terbang 
3. Bahan katalis dalam industri polimer dan polietilen 
4...
Dampak Titanium 
 Tidak beracun dan bisa ditolerir tubuh dalam 
jumlah moderat. 
 Namun paparan berlebihan di manusia da...
Manfaat Vnadium 
 Peralatan yang membutuhkan kekuatan dan 
kelenturan yang tinggi seperti per mobil dan alat 
mesin berke...
Dampak Vanadium 
 Senyawa umumnya tidak berbahaya namun pekerja 
yang terpapar debu vanadium peroksida berpotensi 
mengal...
Manfaat Kromium 
 Logam kromium dicampur dengan besi kasar 
membentuk baja yang sifatnya keras dan 
permukaannya tetap me...
Dampak 
 Tingkat kromiujm di udara dan air umumnya 
rendah, tapi air tanah mungkin terkontaminasi 
hingga beracun. 
 Men...
Manfaat Mangan 
 Produksi baja 
 Dekolorisasi kaca 
 Desinfektan 
 Pupuk dan keramik
Dampak Mangan 
 Efek kelebihan mangan terjadi terutama di saluran 
pernapasan dan otak. Gejala keracunan mangan 
meliputi...
Manfaat Besi 
 Besi merupakan unsur pembuat baja yang utama.
Dampak Besi 
 Besi dapat menyebabkan konjungtivitis, chloroditis, 
dan retinitis melalui kontak atau berada dalam 
konsen...
Manfaat Kobalt 
 Sebagai kertas untuk sistem peramalan cuaca 
 Sebagai aloi yaitu alnico 
 Sebagai tinta rahasia yang t...
Dampak Kobalt 
 Konsentrasi tinggi kobalt yang terhirup melalui 
udara bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti 
asma da...
Manfaat Nikel 
 Pembuatan aloi, baterai elektrode dan keramik 
 Zat tambahan pada besi tuang dan baja, agar mudah 
ditem...
Dampak Nikel 
 Perokok akan mengasup nikel lebih tinggi melalui 
paru paru . Nikel juga ditemukan dalam deterjen. 
 Papa...
Manfaat Tembaga 
 Banyak ditemukan dalam kehidupan sehari hari 
seperti kabel listrik, bahan uang logam, bahan mesin 
pem...
Dampak Tembaga 
 Asupan ekstra tinggi akan menyebabkan kerusakan 
hati, ginjal dan bahkan kematian. 
 Eksposur tembaga j...
Manfaat Zink 
 Sebagai logam pelapis besi, untuk mencegah besi 
berkarat 
 ZnS digunakan sebagai bahan cat putih, pelapi...
Dampak Zink 
 Kekurangan seng dapat menyebabkan janin cacat 
lahir. 
 Tingkat seng yang tinggi dapat merusak pankreas 
d...
Unsur unsur periode_empat
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Unsur unsur periode_empat

479 views

Published on

kimia unsur ke empat

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Unsur unsur periode_empat

  1. 1. Manfaat dan Dampak Unsur Periode keempat Unsur Transisi KELOMPOK 9: AMALIA MEIZANI (02) DEWI GHINA NISRINA (06) FRISKA RAHAYU ( 13) MUTHIA MAHARANI (25 )
  2. 2. Manfaat Scandium  Bahan kimia langka, yang digunakan pada berbagai perkakas seperti televisi warna, lampu neon, lampu hemat energi dan kaca mata.  Catalyser untuk memoles kaca  Paduan alumunium-skandium untuk industri kedirgantaraan dan peralatan olahraga.
  3. 3. Dampak Skandium Skandium tidak memiliki peran biologis, amat sedikit skandium yang mencapai rantai makanan sehingga asupan harian rata rata per oorang kurang dari 0,1 mikrogram. Skandium tidak beracun namun masih diduga bahwa beberapa senyawanya mungkin karsinogenik.
  4. 4. Manfaat Titanium 1. Bahan konstruksi 2. Badan pesawat terbang 3. Bahan katalis dalam industri polimer dan polietilen 4. Pigmen putih, bahan pemutih kertas, kaca, keramik dan kosmetik 5. Membuat jam tangan tahan karat dan bingkai kacamata 6. Pengganti dan penyambung tulang yang patah
  5. 5. Dampak Titanium  Tidak beracun dan bisa ditolerir tubuh dalam jumlah moderat.  Namun paparan berlebihan di manusia dapat menyebabkan perubahan di paru-paru sehingga menyebabkan gangguan seperti sesak, nyeri dada, batuk, dll.
  6. 6. Manfaat Vnadium  Peralatan yang membutuhkan kekuatan dan kelenturan yang tinggi seperti per mobil dan alat mesin berkecepatan tinggi  Logam campuran  Katalis pada pembuatan asam sulfat
  7. 7. Dampak Vanadium  Senyawa umumnya tidak berbahaya namun pekerja yang terpapar debu vanadium peroksida berpotensi mengalami iritasi mata, hidung dan tenggorokan parah.  Efek akut vanadium diantaranya memicu iritasi paru paru, tenggorokan, mata dan rongga hidung  Vanadium menyebabkan penghambatan ensim tertentu pada hewan sehingga berdampak neurologis.
  8. 8. Manfaat Kromium  Logam kromium dicampur dengan besi kasar membentuk baja yang sifatnya keras dan permukaannya tetap mengilap  Ferrokorom dicampur dengan besi kasar membentuk baja yang sifatnya tahan karat  Kromium (III) oksida dalam asam sulfat kuat untuk mencuci alat-alat laboratorium  Na2Cr2O7.2H2O penyamakan kulit
  9. 9. Dampak  Tingkat kromiujm di udara dan air umumnya rendah, tapi air tanah mungkin terkontaminasi hingga beracun.  Menyebabkan masalah kesehatan seperti ruam kulit, perut mual dan bisul, masalah pernapasan, kerusakan ginjal dan hati.
  10. 10. Manfaat Mangan  Produksi baja  Dekolorisasi kaca  Desinfektan  Pupuk dan keramik
  11. 11. Dampak Mangan  Efek kelebihan mangan terjadi terutama di saluran pernapasan dan otak. Gejala keracunan mangan meliputi halusinasi, mudah lupa dan kerusakan saraf.
  12. 12. Manfaat Besi  Besi merupakan unsur pembuat baja yang utama.
  13. 13. Dampak Besi  Besi dapat menyebabkan konjungtivitis, chloroditis, dan retinitis melalui kontak atau berada dalam konsentrasi tinggi dalam jaringan tubuh.  Terlalu banyak menghirup asap atau debu oksida besi dapat mengakibatkan timbulnya pneumoconiosis jinak yang disebut siderosis.  Kekurangan juga menyebabkan anemia.
  14. 14. Manfaat Kobalt  Sebagai kertas untuk sistem peramalan cuaca  Sebagai aloi yaitu alnico  Sebagai tinta rahasia yang tulisannya akan kelihatan biru bila dipanaskan
  15. 15. Dampak Kobalt  Konsentrasi tinggi kobalt yang terhirup melalui udara bisa menimbulkan berbagai keluhan seperti asma dan pneumonia.  Tanah dekat fasilitas pertambangan dan peleburan miungkin memiliki kandungan tinggi kobalt sehingga saat diasup melalui air atau tanaman yang terkontaminasi akan mengakibatkan efek kesehatan.  Isotop radioaktifnya tidak hadir dalam lingkungan secara alami, dilepaskan melalui reaksi nuklir.
  16. 16. Manfaat Nikel  Pembuatan aloi, baterai elektrode dan keramik  Zat tambahan pada besi tuang dan baja, agar mudah ditempa dan tahan karat  Pelapis besi (pernekel)  Sebagai katalis
  17. 17. Dampak Nikel  Perokok akan mengasup nikel lebih tinggi melalui paru paru . Nikel juga ditemukan dalam deterjen.  Paparan nikel dalam jumlah besar menyebabkan kanker laring dan prostat, emboli paru paru, janin lahir cacat.
  18. 18. Manfaat Tembaga  Banyak ditemukan dalam kehidupan sehari hari seperti kabel listrik, bahan uang logam, bahan mesin pembangkit tenaga uap dan untuk aloi
  19. 19. Dampak Tembaga  Asupan ekstra tinggi akan menyebabkan kerusakan hati, ginjal dan bahkan kematian.  Eksposur tembaga jangka panjang dapat menyebabkan sakit kepala, sakit perut, pusing, muntah dan diare.  Paparan asap dan debu tembaga bisa menyebabkan demam asap logam yang diiringi perubahan atropi pada membran mukosa.
  20. 20. Manfaat Zink  Sebagai logam pelapis besi, untuk mencegah besi berkarat  ZnS digunakan sebagai bahan cat putih, pelapis lampu TL, layar TV, dan monitor komputer.
  21. 21. Dampak Zink  Kekurangan seng dapat menyebabkan janin cacat lahir.  Tingkat seng yang tinggi dapat merusak pankreas dan mengganggu mekanisme protein sehingga menyebabkan atheriosclerosis.  Tanah yang tercemar seng akan tercemar dan tanaman akan sulit tumbuh.

×