Pengolahan sst satelit modis

676 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
676
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengolahan sst satelit modis

  1. 1. Pengolahan Data Satelit Modis level 3 menjadi Suhu Permukaan Laut Untuk mendapatkan nilai Suhu Permukaan Laut kita dapat menggunakan data satelit MODIS Aqua atau Terra, yang bisa didownload dari (http://oceancolor.gsfc.nasa.gov/ ). Data yang kita gunakan adalah data level 3 dengan resolusi 4 km dengan komposit 8 hari (mingguan). Untuk dapat membaca atau menampilkan data tersebut digunakan software SEADAS yang berbasis Linux. Adapun langkah-langkah pemrosesan data sst menggunakan software seadas adalah sebagai berikut : 1. Buka program Seadas, kemudian untuk memunculkan menu utama pada program ini terlebih dahulu buka terminal yaitu dengan cara klik Application - System Tool – Terminal atau cukup dengan klik kanan Open Terminal. 2. Maka Akan mucul window Localhost, kemudian ketik perintah seadas –em lalu tekan enter, seperti pada gambar berikut 3. Kemudian akan muncul tool bar main menu dari program ini 4. Buka file data yang akan ditampilkan sebagai SST dengan cara klik Display kemudian cari data pada directory penyimpanannya. Sebagai catatan data hasil download sebelum diolah terlebih dulu harus di ekstrak (bukan file zip ataupun rar). 5. Setelah itu akan muncul window Selection For Modis File, pada menu select one or many product klik menu yang ingin ditampilkan, yaitu pada pengolahan kali ini hanya sst (sea surface temperature) saja. Karena file level 3 resolusi 4km adalah data global seluruh dunia maka isikan batas koordinat pada Lat/Lon range, contoh untuk Indonesia Lat range (N/S) adalah 10 untuk N dan -15 untuk S, untuk Lon range (W/E) adalah 90
  2. 2. untuk W dan 141 untuk E. Kemudian klik semua icon SST quality levels dari q0 sampai q4, kemudian klik Load, dan klik display pada menu Band List selection. 6. Kemudian rubahlah tampilan warna dalam sst, klik function kemudian klik color LUT, Load LUT pilih SST. Untuk mendapatkan tampilan yang bagus perlu dilakukan proses rescale nilai suhu yang ditampilkan yaitu dengan klik functions, Rescale kemudian atur nilai yang terndah dan nilai tertinggi yang akan ditampilkan. Karena nilai suhu permukaan laut Indonesia berkisar 15 sampai 35 ° C, maka masukkan nilai 15 pada scale min dan nilai 35 pada kotak max. kemudian klik Redisplay. 7. Untuk mengetahui nilai Suhu Permukaan Laut pada setiap lokasi pixel dapat dilakukan dengan cara klik Function – Cursor Position pada menu display gambar.
  3. 3. Arahkan cursor pada lokasi yang ingin diketahui nilainya, maka akan tertampilkan pada menu cursor position. Lat/Lon adalah posisi lintang dan bujur, Geo. Value adalah nilai Suhu Permukaan Laut dalam derajat Celcius. 8. sebelum dilakukan penyimpanan gambar hasil Suhu Permukaan Laut perlu dilakukan perubahan pada tampilan. Untuk mendapatkan perbedaan warna antara daratan dan awan, lakukan proses Landmasking sehingga daratan akan dirubah warna sesuai dengan keinginan. Pada menu display Klik Setups - Landmask, kemudian pada menu Landmask setup klik Mod, atur warna Red Green dan Blue nya setelah itu klik update pada menu modify color, kemudian klik go pada menu Landmask setup. 9. Kemudian tampilkan Colorbar dengan klik functions – colorbar - on.
  4. 4. Setelah semua proses penampilan dilakukan, simpan hasilnya dalam bentuk png dengan cara, klik functions – output - display, pilih file type PNG 24 Bit truecolor, klik go, data otomatis akan tersimpan pada Place - home folder. Data juga bisa disimpan dalam bentuk ASCII, dengan cara klik Function - Output – Data – ASCII. Ganti nama file pada ASCII Output Filename, kemudian klik Write file.

×