Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Fitriana bakar tugas 1 so ii

Tugas 1 SO 2

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Fitriana bakar tugas 1 so ii

  1. 1. ULTIMATE EDITION NAMA : FITRIANA BAKAR NPM : 121055520111044 RUANG : SI 2 TUGAS SO 2
  2. 2. SEJARAH ULTIMATE EDITION Ultimate Edition adalah turunan dan juga merupakan cabang pengembangan (Fork) dari Ubuntu dan Linux Mint. Seperti disebutkan oleh penciptanya, tujuan pengembangan Ultimate Edition adalah untuk menyediakan sebuah sistem operasi yang lengkap terintegrasi dengan rapi, dengan stimulasi visual yang lebih, disamping mudah digunakan. Ultimate Edition untuk pertama kaliya dirilis pada bulan Desember 2006 berupa ‘Ubuntu Christmas Edition’ sebagai hadiah Natal kepada komunitas pengguna Linux dari penciptanya Glen Cady (TheeMahn). Kelebihan Ultimate Edition lainnya termasuk mudah di-upgrade hanya dengan satu tombol, menyediakan tema desktop khusus menampilkan efek 3D, mendukung opsi jaringan yang luas termasuk WiFi dan Bluetooth, disamping mengintegrasikan segudang paket aplikasi extra bersama repositorinya.
  3. 3. Lanjutan..... Pada tanggal 18 Oktober 2007, perusahan Canonical, pemilik merek Ubuntu menyurati pengembangnya agar menghentikan penggunaan logo dan nama Ubuntu pada Distro yang dirilisnya. Sejak saat itu, Distro yang reputasinya sedang menanjak, langsung mengganti namanya menjadi Ultimate Edition. Sejak awal Ultimate Edition telah mengintegrasikan lingkungan GNOME sebagai desktop pilihan utama (default), walaupun pada beberapa rilis tersedia (sebelum login) pilihan untuk mengaktifkan lingkungan desktop lain yang dikemas seperti KDE dan Xfce. Pada rilis 3.5 Ultimate Edition menggunakan KDE sebagai pilihan utama (default). Segudang applikasi tersedia untuk Ultimate Edition, diantaranya adalah: Firefox Web Browser; Frostwire; aMSN Instant Messenger; Firestarter Firewall; Evolution Mail and Calendar; Blender 3D Modelling; GIMP Image Editor; Inkscape Vector Graphics Editor; Amarok; XBMC Media Center; Brasero Disc Burner; DVD Styler; ISO Master; Wine/Play On Linux; dan Ultamatix.
  4. 4. SCREENSHOOT ULTIMATE EDITION Tampilan Awal:
  5. 5. Tampilan Layer
  6. 6. Tampilan Pemilihan Tema
  7. 7. Tampilan Aplikasi
  8. 8. Cara Mendapatkan Software Ultimate Edititon  Buka Mozilla Firefox  Masukan Link Berikut : http://sourceforge.net/projects/ultimateedition/files/
  9. 9. Tutorial Instalasi Ultimate Edition Instalasi Ultimate Edition 3.4 ini bisa dengan cara dual boot melalui Flasdisk, CD maupun DVD. Namun ada juga tahapan instalan menggunakan virtual box. Berikut tahapan instalan dengan dual boot, sbb :  Download terlebih dahulu ISO linuxnya. CD Drive. CD/DVD ROM. Buat sebuah partisi kosong, misalnya 50 Gb. Setelah ISO di download, saatnya memburning Iso Linux tersebut ke sebuah CD.  Setelah Iso Linux di burning, restart Komputer anda. Masuk ke sistem Bios, dan atur First Boot menjadi CD/DVD-Rom. Kemudian masukan CD hasil burning Iso linux tadi.
  10. 10. Lanjutan......  Akan muncul di layar tulisan-tulisan instalasi linux Pilih bahasa dan Accept terms and condition Lalu pilih “Expert Mode” untuk classes of installation. Pilih Instal Memilih/membuat partisi tempat linux akan di instal  Masuk ke gparted cari partisi hardisk yang sudah di buat tadi, saatnya pembuatan partisi : Disana terdapat list disk yang ada (setiap komputer berbeda),disini saya akan gunakan /dev/sda4 yang telah saya buat sebelumnya. Hapus disk yang 20 gb klik kanan > delete > apply, sehingga disk menjadi unallocated.  Lalu buat extended disk, di disk yang 20 gb > klik kanan new > pilih extended partition > add Persiapan untuk membuat partisi selesai, saatnya pindah ke pembuatan partisi : Klik ikon instal ubuntu yang ada di desktop > forward > pilih yang advanced/something else Setelah selesai membuat partisi-partisi yang telah ditentukan, Klik ok.
  11. 11. Lanjutan....  Pilih paket-paket apa saja yang akan di instal,set password root, tambahkan user, set networking, set service, create bootdisk.  Linux akan memberitahu option apa saja yang ingin ditampilkan pada saat boot, terima saja defaultnya.  Lalu linux akan mengeset Windows system.
  12. 12. Selesai Terima Kasih

×