Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
JENIS – JENIS
MATERIAL DAN BAHAN TEKNIK
Ferry P. Razi
090120022
Ilmu Bahan dan Pengerjaan Logam
BAHAN-BAHAN TEKNIK
LOGAMNON -LOGAM
FERRONON-
FERRO
ALAM TIRUAN
BESI
TEMPABAJA ,
PADUAN
BESI
TUANG
KAYU, BATU
KERAMIK, KULI...
 Logam yang sebagian besar terdiri
dari atom besi disebut logam besi
(ferrous metal)
 Logam yang tidak berisi atom besi
...
 BESITUANG
 Besi ini dibuat dengan cara dituang atau dicor setelah melalui proses peleburan.
 Berisi 2% - 4% karbon dis...
 BESITEMPA (wrought iron)
 Besi yang paling sedikit mengandung campuran bahan lain. ((Karbon 0.05 –
0.15%, Silika 0.15 –...
 BAJA
 Paduan antara Besi dan Karbon disebut BAJA, sedangkan Paduan Besi dengan
logam lain disebut BAJA PADUAN (SteelAll...
 Pemakaian Baja dalam DuniaTeknik, Sbb :
 Jenis logam yang secara kimiawi tidak memiliki unsur besi atau Ferro (Fe) .
 Macam – macam logam Non-Ferro adalah :
 L...
 ALAM
 Bahan alam merupakan bahan baku prorduk yang diperoleh
dan digunakan secara langsung dari bahan alam, oleh karena...
 TIRUAN
 Bahan-bahan tiruan (syntetic materials) biasanya diperoleh dari senyawa kimia
dengan komposisi berbagai unsur a...
1. elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/bahan.../bab6_logam.pdf
2. http://www.crayonpedia.org/mw/MENGENAL_MACAM-
MACAM_BAHAN...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Jenis - Jenis Bahan Material

14,325 views

Published on

Published in: Technology

Jenis - Jenis Bahan Material

  1. 1. JENIS – JENIS MATERIAL DAN BAHAN TEKNIK Ferry P. Razi 090120022 Ilmu Bahan dan Pengerjaan Logam
  2. 2. BAHAN-BAHAN TEKNIK LOGAMNON -LOGAM FERRONON- FERRO ALAM TIRUAN BESI TEMPABAJA , PADUAN BESI TUANG KAYU, BATU KERAMIK, KULIT, KARET ALAM, DLL. BAJA CARBON BAJA CARBON TINGGI, BAJA KARBON SEDANG, BAJA KARBON RENDAH ALLOY CAST IRON, HIGH DUTY CAST IRON, MALLEABLE CAST IRON, WHITE CAST IRON, GREY CAST IRON BAJA PADUAN TINGGI, BAJA PADUAN SEDANG, BAJA PADUAN RENDAH LOGAM BERAT, LOGAM RINGAN, LOGAM MULIA THERMOSETTING,THERMOPLASTIC, SYNTETIC RUBBER, NEOPRENE, BUTYL-RUBBERS, PVC, PTFETEPLON, NYLON, BAKELITE, POLYTHENE, DLL
  3. 3.  Logam yang sebagian besar terdiri dari atom besi disebut logam besi (ferrous metal)  Logam yang tidak berisi atom besi disebut logam non besi (non ferrous metal)  Macam – macam logam besi :  Besi Tuang  Besi Tempa  Baja
  4. 4.  BESITUANG  Besi ini dibuat dengan cara dituang atau dicor setelah melalui proses peleburan.  Berisi 2% - 4% karbon disamping unsur lain .(mangan, fosfor, silikon dan belerang.)  Sifat besi Tuang  Keras dan mudah melebur/ mencair  Getas sehingga tidak dapat menahan benturan  Temperatur leleh 1250O  Tidak mudah berkarat ((Tidak dapat diberi muatan magnet)  Dapat dikeraskan dengan cara dipanasi kemudian didinginkan secara mendadak ((Menyusut waktu pendinginan  Kuat dalam menahan gaya tekan, tetapi lemah dalam menahan gaya tarik. Kekuatan tekannya sekitar 6000 kg/cm2, dan kekuatan tariknya hanya 500 kg/cm2. ((Tidak dapat disambung dengan paku keling atau di las, melainkan hanya dapat disambung dengan baut/ sekrup.  Aplikasi Pemakaian Besi Tuang  Pipa yang menahan tekanan yang sangat tinggi  Tutup lubang saluran drainase dan alat saniter yang lain  Bagian struktur rangka (truss) yang menahan gaya tekan  Bagian – bagian tiang lampu, sendi, rol jembatan, dll.
  5. 5.  BESITEMPA (wrought iron)  Besi yang paling sedikit mengandung campuran bahan lain. ((Karbon 0.05 – 0.15%, Silika 0.15 – 0.2%, Fosfor 0.12 – 0.16%, Belerang 0.02 – 0.03%, Mangan -.03-0.1%, dll sekitar 2%)  Sifat besiTempa  Daktail, kuat dan dapat ditempa  Dapat di LAS  Tidak dapat dituang karena sulit cair  Tahan Korosi  Temperatur leleh sekitar 1535 OC  Kuat tarik maksimum sekitar 4000 kg/cm2 dan kuat tekannya sekitar 2000 kg/cm2  Aplikasi Pemakaian BesiTempa  Pemakaiannya telah lama digantikan oleh baja struktur (mild steel). Bila dibutuhkan bahan yang kuat dipergunakan sebagai bahan untuk paku sumbat, pipa air, pipa gas, dan baut sekrup dll.
  6. 6.  BAJA  Paduan antara Besi dan Karbon disebut BAJA, sedangkan Paduan Besi dengan logam lain disebut BAJA PADUAN (SteelAlloy).  Faktor – faktor penentu Sifat Baja  Kandungan Karbon  Kandingan bahan – bahan lain misalnya : (Belerang, Fosfor,Silika dan proses pemanasan).  Macam – macam tingkat mutu baja ditentukan oleh jumlah kandungan karbonnya. Semakin banyak kandungan karbonnya, Baja Semakin Keras dan Kuat tetapi sifat daktilitasnya semakin berkurang.  Macam Baja berdasarkan kandungan Karbonnya :  Kurang dari 0.1% adalah Deed Steel  Antara 0.1 – 0.25% adalah baja lunak  Antara 0.25-0.7% adalah medium karbon steel  Antara 0.7-1.5% adalah high karbon steel
  7. 7.  Pemakaian Baja dalam DuniaTeknik, Sbb :
  8. 8.  Jenis logam yang secara kimiawi tidak memiliki unsur besi atau Ferro (Fe) .  Macam – macam logam Non-Ferro adalah :  LOGAM BERAT adalah logam dengan massa jenis lima atau lebih, dengan nomor atom 22 sampai dengan 92. contoh : Canadium (Cd), dll. Logam berat dianggap berbahaya bagi kesehatan bila terakumulasi secara berlebihan di dalam tubuh. Beberapa di antaranya bersifat membangkitkan kanker (karsinogen).  LOGAM RINGAN adalah logam yang memiliki sifat tahan korosi akan tetapi cukup aman terhadap dampak kepada lingkungan. Contoh : Alumunium (Al)  LOGAM MULIA adalah logam yang tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Contoh : logam mulia adalah emas, perak dan platina. Logam mulia sangat sukar bereaksi dengan asam.
  9. 9.  ALAM  Bahan alam merupakan bahan baku prorduk yang diperoleh dan digunakan secara langsung dari bahan alam, oleh karena itu produk akhir yang menggunakan bahan baku ini akan memiliki sifat yang sama dengan bahan asalnya, yang termasuk dalam kelompok ini antara lain kayu, batu, karet, kulit, keramik, Celulosa dan lain-lain.
  10. 10.  TIRUAN  Bahan-bahan tiruan (syntetic materials) biasanya diperoleh dari senyawa kimia dengan komposisi berbagai unsur akan diperoleh suatu sifat tertentu secara spesifik atau sifat yang menyerupai sifat bahan alam. Bahan ini dikenal sebagai bahan plastic (Plastics Materrials) atau nama patennya Baklite yang mana Molekul itu kita sebut sebagai “Polymer” yang berarti,  Contoh dari bahan jenis ini ialah :  Polythene yakni Polymer yang terdiri atas 1200 atom Carbon pada setiap 2 atom Hydrogen sehingga memiliki tegangan serta keuletan yang tinggi.dan pada beberapa jenis plastic memiliki regangan yang besar yang dakibatkan oleh rantai ikatan yang panjang.  Thermoplastics : Thermoplastics dapat mencair melalui proses pemanasan dan dapat diubah bentuknya melalui pencetakan sebagaimana yang dilakukan pada bahan seperti Polythene, Polystyrene, Poly Vinyl Cloride (PVC), Nylon, Perspex, Propylene dan lain-lain.
  11. 11. 1. elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/bahan.../bab6_logam.pdf 2. http://www.crayonpedia.org/mw/MENGENAL_MACAM- MACAM_BAHAN_TEKNIK_%28ENGINEERING_MATERIAL%29_- _HARDI_SUDJANA

×