Dahsyatnya syurga dan neraka

6,209 views

Published on

kedahsyatan siksa syurga dan nikmat syurga

Published in: Spiritual
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,209
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
537
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Dahsyatnya syurga dan neraka

  1. 1. DAHSYATNYA SURGA DAN NERAKA Disampaikan pada mentoring Divisi An-Nisaa KALAM UPI
  2. 2. Mari kita renungkan ayat di bawah ini...“Kehidupan Dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yangmemberdayakan” (QS Ali-Imran : 185)“Tetapi kamu (orang-orang) kafir memilih kehidupan duniawi,sedangkan kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebihkekal.” (QS Al-A’la:16-17)“Apakah kamu puas dengan kehidupan dunia sebagaipengganti kehidupan akhirat? Padahal kenikmatan kehidupandi dunia(dibandingkan dengan kehidupan) di akhirat hanyalahsedikit “ (QS A-Taubah :38)
  3. 3. Pedihnya Siksa NERAKA
  4. 4. Neraka adalah tempat tinggal di akhirat, berupa kobaran api yang panasnya sangat dahsyat yang disediakan bagi orang kafir dan durhaka pada Allah Swt.
  5. 5. Bentuk bentuk siksaan neraka• Makanan ahli neraka  Zaqqum dan Ghislin “Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, Yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (TQS Al-Ghasiyah : 6-7) “Sesungguhnya pohon zaqqum itu, Makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut. Seperti mendidihnya air yang amat panas.” (TQS Al- Dukhan : 43-46)• Minuman penghuni neraka “... dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (TQS Muhammad : 15) “Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, Diminumnnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati, dan dihadapannya masih ada azab yang berat.” (TQS Ibrahim : 16-17)
  6. 6. • Pakaian Ahli Neraka “Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. Pakaian mereka adalah dari cairan timah dan muka mereka ditutup oleh api neraka” (TQS Ibrahim:49-50) “Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.” (TQS Hajj :19)
  7. 7. • Api neraka “Api dinyalakan seribu tahun sehingga menjadi merah, kemudian dinyalakan diatasnya selama seribu tahun sehingga menjadi hitam, maka ia menjadi hitam dan gelap” (HR Tirmidzi) “ Apimu di dunia ini adalah satu bagian dari 70 bagian dari api jahannam. Kalau saja ia tidak dipadamkan dua kali tentulah kalian tidak dapat memanfaatkannnya. Dan ia berdo’a kepada Allah agar tidak mengembalikannya ke dalam neraka” (HR Ibnu Majah)• Cambuk neraka “Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi” (TQS Al-Hajj: 21) “Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, seraya mereka diseret, Ke dalam air yang sangat panas, Kemudian mereka dibakar dalam api,” (TQS Al-Mu’min:71-71)
  8. 8. “...Lalu, aku berdiri di pintu neraka, maka sebagian penghuninya adalah wanita “ (HR.Ahmad) “Wahai kaum wanita, bersedekahlah kalian,perbanyak memohon ampunan, sesungguhnya aku melihat sebagian besar kalian adalah penghuni nereka...” (HR. Muslim)
  9. 9. Mengapa?
  10. 10. Dahsyatnya Kenikmatan SURGA
  11. 11. Apakah Surga itu? Tempat khusus yang dipenuhi banyak pepohonan yang lebat dan indah Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang Suci dan mereka kekal di dalamnya. (TQS Al-Baqarah :25) Tempat atau sesuatu yang tersembunyiTak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.( TQS Al-Sajdah :17)
  12. 12. Surga adalah tempat di akhirat yang penuh dengan kebahagiaan dan berbagai kenikmatan yang belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah didengar oleh telinga dan belum pernah tergores dalam hati yang disediakan oleh Allah SWT untuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya
  13. 13. Beberapa kenikmatan• Kenikmatan berupa pakaian• Kenikmatan berupa makanan-minuman• Kenikmatan Berupa Pasangan hidup• Kenikmatan berupa pelayan• Kenikmatan berupa suhu udara yang sedang• Kenikmatan Terbesar Kita bisa melihat Allah Swt.• dll
  14. 14. Merindukan Surga dan berlomba dalam kebaikan
  15. 15. “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yangluasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”(QS Ali Imran :133) “Dan penghuni neraka menyeru penghuni syurga: " limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang Telah dirizkikan Allah kepadamu". mereka (penghuni surga) menjawab: "Sesungguhnya Allah Telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir,” (QS Al-Araaf:50)
  16. 16. Siapa sajakah penghuni surga itu?• Para Nabi, orang orang jujur , syuhada dan orang-orang shalih
  17. 17. • Orang – orang yang berbuat baik ( AL-Abraar)
  18. 18. • Orang yang terdahulu (masuk Islam) dan didekatkan pada Allah “Dan orang-orang yang beriman paling dahulu, Mereka Itulah yang didekatkan kepada Allah.Berada dalam jannah kenikmatan.” (QS Al-Waqi’ah:10-12)
  19. 19. • Ashabul Yamin (menerima buku catatan amal dari sebelah kanan)
  20. 20. • Al Muhsinun• As-shabirun• Orang yang takut menghadap Tuhannya• Al-Muttaqin• Orang yang beriman dan Beramal Shaleh• At-Thaibun
  21. 21. Berlomba-lomba dalam kebaikan
  22. 22. WALLAHU ‘ALAM BI ASH-SHAWAB

×