Fajar scm

202 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
202
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Fajar scm

  1. 1. Data Pribadi Nama Lengkap : fazar nur rizki Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta 18 januari 1993 Alamat : Jl. Albariah condet kramat jati jakarta timur Jenis Kelamin : Laki-laki Status : Belum Menikah Agama : Islam Kewarganegaraan : Indonesia Tinngi / Berat Badan : 169 cm / 79 kg No. Hp : 083875806547 E-mail : fazarnurrizki@gmail.com
  2. 2. Riwayat Pendidikan A. Pendidikan Formal 1. 1998-1999 : TK Al bariah, Jakarta 2. 2000-2006 : SDN 05pg jakarta 3. 2006-2009 : SMP N126 JAKARTA 4. 2009-2012 : SMA N 51 JAKARTA 5. 2012-Sekarang : STMT Trisakti, Jakarta
  3. 3. B. Pendidikan Non Formal 1. 2004 : Belajar membaca alquran di TPA ALHIDAYAH 2. 2011 : pencak silat
  4. 4.  PT. Jasa Angkasa Semesta ( JAS )  Terminal 2 dan 3 Soekarno-Hatta ( Januari – Maret 2014 )
  5. 5. Pengalaman Berorganisasi Ketua osis SMP 126 JAKARTA Ketua osis SMA N 52 Pengurus karang taruna rt 011
  6. 6. Latar belakang ini berisikan tentang tahap-tahap yang perlu diperhatikan dalam penentuan sebuah lokasi pabrik. Untuk menetapkan lokasi suatu industri diperlukan gabungan dari berbagai pengetahuan dan disiplin ilmu. Berbagai kriteria yang ikut dipertimbangkan dalam menentukan lokasi usaha antara lain : ketersediaan lahan, bahan baku, energy, aksesbilitas, transportasi, upah buruh, jaminan keamanan, daya seral pasar lokal, stabilitas politik, dan sarana penunjang lainnya.
  7. 7. Manajemen operasional adalah bentuk pengelolaan secara menyeluruh dan optimal pada masalah tenaga kerja, barang-barang seperti mesin, peralatan, bahan-bahan mentah, atau produk apa saja yang sekiranya bisa dijadikan sebuah produk barang dan jasa yang biasa dijualbelikan. .
  8. 8. 1) Mendukung pencapaian target produksi migas nasional. 2) Menghasilkan penghematan. 3) Meningkatkan pemberdayaan kapasitas nasional. 4) Mengurangi nilai inventory. 5) Melakukan efisiensi tata kelola SCM (debottlenecking proses SCM) dengan tetap mengacu pada koridor peraturan yang berlaku.
  9. 9.  Tanggung Jawab Manajer Operasi Menghasilkan barang dan jasa. Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi. Mengkaji pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi. Fungsi Produksi Dan Operasi Proses produksi dan operasi. Jasa-jasa penunjang pelayanan produksi. Perencanaan. Pengendalian dan pengawasan
  10. 10. Ruang Lingkup Manajemen Operasi 1. Perancangan atau disain sistem produksi dan operasi Seleksi dan perancangan disain produk Seleksi dan perancangan proses dan peralatan Pemilihan lokasi dan site perusahaan dan unit produksi Rancangan tata letak dan arus kerja Rancangan tugas pekerjaan Strategi produksi dan operasi serta pemilihan kapasitas
  11. 11.  Mengurangi inventori barang.Inventori merupakan aset perusahaan yang berkisar antara 30%-40% sedangkanbiaya penyimpanan barang berkisar 20%- 40% dari nilai barang yang disimpan.  Menjamin kelancaran arus barang.Rangkaian perjalanan dari bahan baku sampai menjadi barang jadi dan diterimaoleh pemakai/pelanggan merupakan suatu mata rantai yang panjang (chain) yangperlu dikelola dengan baik.  Menjamin mutu.Jaminan mutu juga merupakan serangkaian mata rantai panjang yang harusdikelola dengan baik karena mutu barang jadi ditentukan tidak hanya oleh prosesproduksi tetapi juga oleh mutu bahan mentahnya dan mutu keamanan dalampengirimannya.
  12. 12. 1. Setelah studi lapangan selesai dan sudah terbayang model usaha yang sesuai, maka rencanakanlah besar investasi yang diperlukan, jangka waktu investasi akan kembali, perkiraan besar keuntungan, biaya operasional, tenaga kerja, hingga model promosi. Semuanya harus dengan perencanaan terlebih dahulu.
  13. 13.  Penerapan Sistem Manajemen Rantai ( Supply Chain Management ) yang didukung oleh teknologi informasi dan internet yang semakin maju akan dapat mengefisiensikan pengeluaran dan menoptimalan pendapatan. Karena disini UKM tak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk mendistribusikan produk ke setiap tempat atau toko yang berbeda. Hal tersebut tidak terlepas dari bantuan internet sebagai media informasi yang efektif dan efisien, produk yang ingin di jual dapat langsung di iklan kan di internet dan dapat di akses oleh siapa pun orang di dunia ini.

×