Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Litosfer
• Fauzan
• Lanang
• Agung
• Rika
• Fiqa
Bismillahirrohmanirrohim
A. Terjadinya Batuan
Litosfer adalah kulit terluar dari planet
berbatu. Litosfer berasal dari kata Yunani,
Lithos yang ber...
B. Batuan Pembentuk Kulit Bumi
Batuan/batu adalah sejenis bahan yang terdiri dari mineral dan di kelaskan menurut
komposis...
(3) Batuan Metamorfosis atau batuan
Metamorf
Batuan metamorphosis atau batuan
metamorf merupakan batuan induk yang
mengala...
C. Tenaga Geologi
Bentuk permukaan bumi merupakan hasil kerja
tenaga geologi yang dibedakan menjadi berikut:
• Tenaga Endo...
2. Manfaat Litosfer dalam Kehidupan
Litosfer merupakan tempat melakukan aktifitas bagi manusia serta makhluk hidup
lainnya...
Syukr
Alhamdulillahirrobilalamin
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Presentasi Litosfer

2,742 views

Published on

It's not for copy, just give inspiration

Published in: Education
  • Be the first to comment

Presentasi Litosfer

  1. 1. Litosfer • Fauzan • Lanang • Agung • Rika • Fiqa Bismillahirrohmanirrohim
  2. 2. A. Terjadinya Batuan Litosfer adalah kulit terluar dari planet berbatu. Litosfer berasal dari kata Yunani, Lithos yang berarti berbatu, dan Spere yang berarti padat. Litosfer berasal dari kata Lithos artinya batuan, dan Spere artinya lapisan. Secara harfiah litosfer adalah “lapisan batu” (the stone sphere). Litosfer merupakan lapisan batuan/ kulit bumi yang bulat dengan ketebalan kurang lebih 1200 km. Terdapat dua tipe litosfer: · Litosfer samudra, yang berhubungan dengan kerak samudra dan berada di dasar samdura. · Litosfer benua, yang berhubungan dengan kerak benua.
  3. 3. B. Batuan Pembentuk Kulit Bumi Batuan/batu adalah sejenis bahan yang terdiri dari mineral dan di kelaskan menurut komposisi mineral. Litosfer merupakan lapisan kerak bumi yang paling atas yang tersusun oleh batuan dan mineral. Induk segala batuan adalah magma. Batuan diefinisikan sebagai semua bahan yang menyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregat (kumpulan) mineral-mineral yang telah menghablur. Kandungan mineral, yaitu jenis-jenis mineral yang terdapat di dalam batuan ini. Tekstur batu, yaitu ukuran dan bentuk hablur-hablur mineral di dalam batu Stuktur batu, yaitu susunan hablur mineral di dalam batu Proses pembentukan
  4. 4. (3) Batuan Metamorfosis atau batuan Metamorf Batuan metamorphosis atau batuan metamorf merupakan batuan induk yang mengalami perubahan tekstur dan komposisi mineral pada fasa padat sebagai akibat perubahan kondisi fisika tekanan, temperature, atau tekanan dan temperature Berdasarkan proses terjadinya, batuan dapat dibagi menjadi tiga bagian : (1) Batuan Beku Ini dikarenakan magma mengalami pendinginan dan zat cair pijar berangsur- angsur menjadi dingin dan beku (2) Batuan Sedimen (Endapan) Berasal dari batuan beku yang telah tersingkap oleh tenaga dari luar akan diangkut ke tempat lain dan di tempat baru itulah lalu diendapkan. Batuan ini merupakan batuan yang terbetuk oleh proses geomorfologi dan dipengaruhi oleh lamanya waktu.
  5. 5. C. Tenaga Geologi Bentuk permukaan bumi merupakan hasil kerja tenaga geologi yang dibedakan menjadi berikut: • Tenaga Endogen Tenaga endogen, yaitu tenaga yang bertugas membentuk bentukan baru pada permukaan bumi menjadi lpatan dan patahan sehingga permukaan bumi tidak rata lagi. a. Tektonisme Tektonisme adalah perubahan letak atau kedudukan lapisan bumi secara horizontal ataupun vertical. • Vulkanisme Tenaga tektonik dapat mengakibatkan gejala vulkanisme. Gejala vulkanisme berhubungan dengan aktifitas keluarnya magma di gunung api. • Tenaga Eksogen Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Berikut ini merupakan contoh tenaga eksogen. a. Erosi Erosi adalah proses pengikisan yang berlangsung sangat lama. Proses erosi ini merupakan contoh tenaga eksogen. b. Pelapukan Pelapukan adalah proses perubahan struktur suatu benda yang tadinya padat dank eras menjadi lunak dan berongga c. Pengangkutan Material yang sudah lapuk akan megalami pengangkutan oleh air mengalir, angin, es yang bergerak, dan gravitasi bumi.
  6. 6. 2. Manfaat Litosfer dalam Kehidupan Litosfer merupakan tempat melakukan aktifitas bagi manusia serta makhluk hidup lainnya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut. a. Untuk kebutuhan industri, seperti industri elektronika, industri peralatan rumah tangga, industri bahan bangunan, maupun industri kendaraan bermotor dapat memanfaatkan unsur besi dan aluminium. b. Dalam lapisan litosfer banyak terkandung berbagai mineral, seperti intan, emas, perak, dan lain-lain. c. Unsur uranium meskipun dalam jumlah yang sedikit dan terbatas dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan pembuatan bahan peledak. d. Dalam kegiatan pertanian juga memanfaatkan unsur pada litosfer seperti pupuk buatan berupa NPK (nitrogen, phosphat, dan kalium).
  7. 7. Syukr Alhamdulillahirrobilalamin

×