Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

perubahan dan perkembangan organisasi

9,536 views

Published on

  • Be the first to comment

perubahan dan perkembangan organisasi

  1. 1. PERUBAHAN DANPERKEMBANGAN ORGANISASI Kelompok :1. Fattia Rakhmalianni2. Nova Zaline3. Zenith Mar’atus Sholehah
  2. 2. Pengangkatan Kasus Persaingan yang dihadapi Hero makin lama makin ketat. Celakanya,persaingan itu tidak berimbang. Kenyataan inilah yang mengharuskan Heromenentukan sikap. Manajemen Hero, yang sebelumnya masih wait and see, kiniibarat petarung yang siap mengerek bendera perang tinggi-tinggi. Tekad untukbertarung sudah dimulai lewat rapat umum pemegang saham. Di situdiputuskan untuk tidak membagikan dividen. Keuntungan yang diperoleh tahunlalu akan dipakai sepenuhnya untuk ekspansi usaha.
  3. 3. Lanjutan … Dalam rangka itu, Hero akan menambah tigasampai lima outlet (gerai) supermarket dan duasampai tiga cabang hipermarket Giant dengan danasekitar Rp 100 miliar. Tampaknya, target utamaHero ialah menjadikan Giant sebagaitumpuan untuk menggenjopendapatan, sekaligus menantangCarrefour.
  4. 4. Pengertian Perubahan Organisasi1. Suatu reorientasi fundamental dan radikal dalam cara organisasi beroperasi.2. Organisasi atau perusahaan yang sedang mengalami transformasi.3. Mengarahkan atau memimpin orang untuk melakukan sesuatu cara yang berbeda dengan apa yang biasa dilakukan selama ini.
  5. 5. PerubahanOrganisasi Terencana • Lippit, Watson, dan Westley (1958) beberapa macam perubahan yaitu: - developmental change (perubahan karena perkembangan), - fortuitous or accidental change (perubahan secara tiba-tiba), - dan planned change (perubahan terencana).
  6. 6. •Margulies dan Raia (1978)Karakteristik perubahan terencana ; mencakup suatu keputusan yang penuh pertimbangan, bertujuan dan jelas. merefleksikan suatu proses perubahan yang dapat diterapkan dalam berbagai macam langganan. pada umumnya selalu melibatkan penggunaan dari para ahli yang berasal dari luar. pada umumnya mencakup suatu strategi kolaborasi dan usaha bersama. selalu berusaha untuk menggunakan pengetahuan dan data yang sehat dalam melakukan usaha perubahan.
  7. 7. FaktorPendorongterjadinyaPerubahan
  8. 8. Penolakan terhadap Perubahan Penolakan yang  Penolakan yang dilakukan oleh individual dilakukan oleh kelompok (Resistensi Individual) atau organisasional  Kebiasaan (Resistensi  Rasa aman Organisasional)  Faktor ekonomi  Inersa struktural  Takut akan sesuatu yang  Fokous perubahan tidak diketahui berdampak luas  Persepsi  Inersa kelompok kerja  Ancaman terhadap keahlian  Ancaman terhadap hubungan kekuasaan yang telah mapan  Ancaman terhadap alokasi sumber daya
  9. 9. Mengatasi Penolakan atasPerubahan
  10. 10. Pendekatan untuk MengelolaPerubahan Umpan balik TindakanTiga langkah evaluasiklasik Lewin; Pengembangan  UNFREEZING the status quo organisasi.  MOVEMENT to the new state  REFREEZING the new change to make it permanentRiset tindakan Diagnosis Analisis
  11. 11. Pengertian PengembanganOrganisasi  Menurut Richard Beckhard, pengembangan organisasi adalah suatuusaha (1) Terencana (2) meliputi organisasi keseluruhan dan (3) diurus dari atas (4) meningkatkan efektifitas dan kesehatan organisasi melalui (5) pendekatan berancana dalam proses organisasi dengan memakai pengetahuan perilaku.
  12. 12. Ciri utama dari pengembangan organisasi a. merupakan bagian integral dari proses manajemen.b. suatu perubahan e. merupakan usaha yang terencana. dilakukan secara terus-c. berorientasi kepada menerus. persoalan dan usaha f. memberi perhatian pemecahannya. utama kepadad. selalu berusaha peningkatan. menggunakan g. berorientasi kepada pendekatan pelaksanaan. kesisteman.
  13. 13. Strategi Pengembangan Organisasi • Pelatihan Kepekaan • Umpan Balik Survei • Konsultasi Proses • Pembinaan tim • Pengembangan Antar kelompok • Penyelidikan Apresiatif
  14. 14. Agen Perubahan (Change Agent)• Agen Perubahan • Agen Perubahan Eksternal Internal – Keuntungan : – Keunggulanya bahwa 1. Orang luar dapat mereka telah memahami memandang permasalahan organisasi secara lebih obyektif dan dapat mendalam dan dapat membawa gagasan baru. mengembangkan 2. Pekerja pada umumnya lebih terbuka terhadap hubungan dan permasalahan-permasalahan kepercayaan yang dan kesulitan yang dihadapi kadang-kadang organisasi, dan mereka lebih diperlukan untuk percaya akan kemampuan keberhasilan perubahan orang luar daripada orang dalam.
  15. 15. PEMBAHASAN Memburuknya nasib Hero Supermarketsebagai akibat ketidaksiagaan Hero dalammerespon perubahan di sekelilingnya.Setelah Matahari tumbang dan berubahmenjadi Hypermart, kini Hero mengalami halyang sama. Hero dan Matahari memilikikesamaan latar belakang, yakni persaingan.Persaingan yang mendesak mereka untuksegera mengambil langkah yang tepatagar mereka tidak termakan olehperubahan.
  16. 16. Lanjutan … Ekspansi usaha yang dimaksudkan adalah melakukankonversi sebagian Hero Supermarket menjadi Giant.Langkah ini diambil karena keberadaan Hero, yangmerupakan supermarket segmen menengah keatas, tidak tepat. Mengubah Hero menjadi Giant Supermarket adalah jawaban yang diambil untuk merespon perubahan. Mengalahkan pesaing terberat Hero yakni Carrefour nampaknya hanya menjadi angan.
  17. 17. Lanjutan lagi… Walau demikian Giantmerupakan hasil inovasidari perubahan terencanayang diharapkan mampumenjadi pasokanpendapatan baru bagiHero. Dan tidaklahmustahil perubahanbranding dan manajemendalam Giant akanmembawa Hero kepadatahap pengembanganorganisasi yang baik, jikaperubahan ini dilakukansecara terus-menerus danterencana.
  18. 18. Kesimpulan ...……Perubahan yang baik adalah perubahan terencana. Karena padahakikatnya sasaran dari perubahan terencana yaitu: (1) Perubahan itu mengupayakan perbaikan kemampuan organisasi menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan (2) Perubahan itu mengupayakan perubahan perilaku karyawan. Jika suatu organisasi ingin tetap hidup, mau tidak mau, siap tidak siap, organisasi harus dapat merespon perubahan dengan meransang motivasi, pemberdayaan karyawan dan memperkenalkan tim kerja sebagai salah satu kegiatan perubahan terencana.Karena sesungguhnya ketika organisasi menjawab perubahan dengan inovasi baru yang terencana, disinilah organisasi tersebut mencapai tahap awal menuju pengembangan organisasi (Organization Development).
  19. 19. Sesi Pertanyaan• Jatu: Apa hanya perubahan terencana yg melibatkan ahli?• Aries: Perubahan yang terjadi apa akan berdampak pada ekonomi dan politik?• Sekar: Apa perubahan tidak terencana itu karena tekanan saja?• Asri: apa metode partisipasi sudah efektif untuk mengatasi masalah?• Lilys: Baik atau tidak menggunakan metode manipulasi?• Indah:• Dinda:• Jasmine: Perubahan dalam organisasi ada dampak positifnya?

×