Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
.
Ciri-ciri Induk Lele Dumbo
Jantan Betina
 kepala lebih kecil
 warna kulit dada tua (gelap)
 urogenital agak
menonjol, m...
Teknik Pemijahan Pada Lele
Dumbo
Seleksi induk
Seleksi induk bertujuan untuk meningkatkan
mutu agar menghasilkan benih ya...
Streeping dan pembuahan
Sebelum melakukan streeping pada induk betina,
terlebih dahulu menyiapkan sperma jantan.
Pengambi...
Langkah-langkah Pembuahan
telur di tampung dalam baskom plastik,
kemudian masukan larutan sperma sedikit
demi sedikit sam...
Penetasan telur
telur yang dikeluarkan pasangan induk
ini biasanya melekat pada ijuk dan
sebagian besar berserakkan di sa...
Perawatan Larva
Setelah telur menetas semua waktu 2-3
hari selanjutnya mengangkat kakaban di
dalam hapa satu persatu peng...
UMUR MAKANAN YANG
DIBERIKAN
KETERANGAN
0-3 hari Belum di beri
makanan karena
masih ada kuning
telur
4-6 hari Kuning telur ...
Pemanenan larva
Sebelum dilakukan pemanenan larva
ikan, terlebih dahulu siapkan alat-alat yang akan
digunakan seperti emb...
Fekunditas
Fekunditas adalah jumlah telur yang
dihasilkan oleh induk betina per ekor.
Hatching Rate (HR)
Hatching rate (H...
Pemijahan Lele secara buatan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

1

Share

Download to read offline

Pemijahan Lele secara buatan

Download to read offline

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Pemijahan Lele secara buatan

  1. 1. .
  2. 2. Ciri-ciri Induk Lele Dumbo Jantan Betina  kepala lebih kecil  warna kulit dada tua (gelap)  urogenital agak menonjol, memanjang kearah belakang dan bewarna kemerahan  perut labih langsing dan kenyal  gerakannya lincah (agresif)  jika di striping mengeluarkan cairan putih (sperma)  kepala lebih besar  warna kulit dada agak kurang  urogenital berbentuk oval dan berwana kemerahan  perut lebih gemuk dan lunak  gerakan lambat jika di striping mengeluarkan cairan kekuning-kunigan (telur)
  3. 3. Teknik Pemijahan Pada Lele Dumbo Seleksi induk Seleksi induk bertujuan untuk meningkatkan mutu agar menghasilkan benih yang berkualitas. Penyuntikan Hormon yang digunakan untuk merangsang lele dumbo agar memijah adalah hormon alamiah (dari kelenjar hipofisa) dan hormon buatan. Hormon yang di ambil dari kelenjar hipofisa yang teletak di bagian bawah otak kecil ikan. Kelenjar hipofisa ini hanya sebesar butir kacang hijau bahkan lebih kecil
  4. 4. Streeping dan pembuahan Sebelum melakukan streeping pada induk betina, terlebih dahulu menyiapkan sperma jantan. Pengambilan sperma jantan dengan cara membedah perut induk jantan dan mengambil kantong sperma dengan cara mengunting. Selanjutnya sperma di tampung di gelas yang sudah diisi dengan NaCl aduk hingga merata. Setelah sperma jantan di siapkan, kemudian dilakukan pengurutan induk betina.
  5. 5. Langkah-langkah Pembuahan telur di tampung dalam baskom plastik, kemudian masukan larutan sperma sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata, telur yang sudah terbuahi dibilas dengan untuk mencuci telur yang kotor.
  6. 6. Penetasan telur telur yang dikeluarkan pasangan induk ini biasanya melekat pada ijuk dan sebagian besar berserakkan di sarang dasar. Diameter telur berkisar antara 1.3-1.6 mm dan akan menetas selama 1-2 hari selama 2- 3 hari telur biasanya akan menetas seluruhnya. Begitu proses pemijahan selesai antara jam 05.00-06.00 pagi kakaban harus segera di angkat dan di pindahkan ke dalam kolam penetasan.
  7. 7. Perawatan Larva Setelah telur menetas semua waktu 2-3 hari selanjutnya mengangkat kakaban di dalam hapa satu persatu pengangkatan harus hati-hati agar kualitas air tetap terjaga. Larva yang baru menetas belum perlu di beri makanan
  8. 8. UMUR MAKANAN YANG DIBERIKAN KETERANGAN 0-3 hari Belum di beri makanan karena masih ada kuning telur 4-6 hari Kuning telur di rebus Dilarutkan 7-14 hari Rotifera, kutu air (disaring) Tahapan Pemberian Pakan Pada Larva
  9. 9. Pemanenan larva Sebelum dilakukan pemanenan larva ikan, terlebih dahulu siapkan alat-alat yang akan digunakan seperti ember, Sesser, jarring halus atau happa sebagai penyimpan benih sementara, saringan yang digunakan untuk mengeluarkan air dari- bak agar benih tidak terbawa arus. Panen larva di mulai pada pagi hari, yaitu antara jam 05.00-06.00 pagi dan sebaiknya berakhir tidak boleh lewat dari jam 09.00 pagi.
  10. 10. Fekunditas Fekunditas adalah jumlah telur yang dihasilkan oleh induk betina per ekor. Hatching Rate (HR) Hatching rate (HR) adalah daya tetas telur atau jumlah telur yang menetas. Untuk mendapatkan HR sebelumnya dilakukan sampling larva untuk mendapatkn jumlah larva
  • ImamHanapi3

    Oct. 16, 2018

Views

Total views

10,838

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

2

Actions

Downloads

176

Shares

0

Comments

0

Likes

1

×